Lampu Indikator Mesin Vixion Menyala/Berkedip, Apa Penyebabnya ?

Advertisement
Bagi pemilik Vixion kedipan lampu indikator menjadi sesuatu yang bikin jantung berdebar kencang.

Betapa tidak, lampu indikator ini menyiratkan bahwa ada kerusakan pada sistem injeksi motor. Sementara itu, kita tahu bengkel di pinggir jalan saja suka nyerah kalau berhubungan dengan masalah injeksi.

Ini karena kerusakan pada sektor injeksi mesin, hanya bisa dideteksi oleh alat scan yang hanya dimiliki oleh Yamaha.

Lantas, apa yang harus dilakukan kalau lampu indkator ini berkedip atau bahkan nyala terus ?


Bagi mekanik, lampu indikator berwarna kuning ini disebut dengan MIL (malfunction indicator light) atau beberapa menyebutnya lampu check engine.

Lampu indikator ini berfungsi layaknya notifikator yang akan memberitahukan bahwa ada fault atau ada yang tidak beres pada kelistrikan mesin.

Dalam kondisi normal, lampu ini akan hidup beberapa detik saat kunci kontak ON lalu akan mati dan tidak hidup lagi. Namun, kalau lampu tidak mau mati atau bahkan kedap-kedip, maka terdeteksi adanya eror pada kelistrikan mesin.

1. Penyebab Lampu MIL berkedip

Apabila lampu MIL ini berkedip dengan interval waktu tertentu, maka itu mengindikasikan ada kerusakan pada sensor mesin.

Biasanya, lama lampu MIL menyala tiap intervalnya memiliki waktu yang berbeda tergantung kode kerusakannya. Misal nyala lampu MIL memiliki interval 1 2 (1 kali berkedip selama 1 detik, 2 kali berkedip 0.5 detik).

Itu artinya ada kerusakan pada sensor CKP. Selain interval ini, masih banyak kode kedipan lampu MIL vixion, anda bisa melihatnya pada tabel dibawah.


Lantas, apa yang perlu dilakukan kalau kode kerusakan sudah diketahui ?

Perlu anda ketahui, kedipan diatas tidak tentu menunjukan kerusakan sensor. Karena lampu MIL akan tetap berkedip apabila salah satu kabel sensor putus.

Artinya, kedipan ini bisa menunjukan kabel sensor putus, atau terkelupas, atau ada korsleting pada sensor, atau karena senskr itu rusak.

Cara terbaik adalah dengan mendatangi bengkel resmi Yamaha untuk mengetahui apa kerusakan persisnya.

2. Lampu MIL berkedip dengan interval cepat

Ada sumber yang menyatakan bahwa tegangan aki yang rendah akan membuat lampu indikator injeksi berkedip.

Dalam kondisi normal, tegangan aki motor ada di angka 12 volt. Namun, saag tegangan aki turun ke nilai 10 volt, maka anda akan menemui lampu MIL yang sering kedap-kedip.

Masalah ini, juga diikuti dengan beberapa gejala lain seperti mesin yang perlu start panjang untuk dapat hidup serta kalau tegangannya sampai 6 Volt mesin tidak bisa lagi dihidupkan alias mogok.

Solusinya mudah, anda hanya perlu mengecek tegangan aki motor menggunakan Volt meter. Apabila kurang, maka segera charge aki atau ganti air aki kalau menggunakan aki basah.

3. Lampu indilator menyala terus


Terkadang ada kondisi dimana lampu indikator injeksi selalu menyala tanpa berkedip.

Kondisi ini bisa menunjukan masalah pada ECU selaku kontroler mesin. Apabila dalam kondisi ini mesin masih sanggup hidup bisa saja itu karena ada korsleting pada terminal ECU.

Namun, kalau kondisi ini disertai mesin brebet atau bahkan mesin mati sama sekali maka bisa saja itu karena ECU benar-benar rusak.

Biasanya kerusakan ECU terjadi karena faktor luar, seperti karena terendam atau benturan. Jadi, apabila Vixion anda memiliki riwayat terendam atau benturan bisa saja ECU motor bermasalah.

Untuk urusan ini, bengkel resmi Yamaha masih menjadi pilihan terbaik. Dengan alat yang mumpuni, maka kerusakan pada Vixion kesayangan anda akan ditemukan jalan keluarnya.

Demikian artikel lengkap mengenai penyebab Lampu indikator vixion menyala. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.