All New Pajero Sport, Desain Tangguh dibalut kemewahan kelas atas

Advertisement
Jika kita melihat pasar high SUV, pasti ada dua nama yang mendominasi. Yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero sport. Dua nama itu sudah melalang buana di Indonesia sejak lama. Kita sudah bahas all about Fortuner. Kali ini giliran Rivalnya. Apa saja fitur serta spesifikasi yang tersemat dari pabrikan jepang ini ? simak review dibawah

1. Sekilas Tentang Pajero Sport


Setelah disambut positif oleh konsumen tanah air, PT. Kramayudha Tiga Berlian (KTB) selaku ATPM Mitsubishi di Indonesia, meluncurkan generasi terbaru all new pajero sport pada awal bulan Agustus 2016. Tentu dengan desain terbaru yang lebih terkesan sporty dan mewah. Peluncuran generasi terbaru ini pun seolah menjadi jawaban atas peluncuran rival mereka All new Toyota Fortuner pada awal tahun 2016.

Baik eksterior maupun interior, mobil ini mengalami perubahan yang cukup signifikan. Kesan sporty sangat kental tanpa meninggalkan kemewahan sebagai high class SUV. Mitsubishi pajero sport  tersedia dalam lima varian tipe. Yaitu tipe Dakar, Exceed, GLS, GLX dan V6 Petrol. Sama seperti dulu, pajero menyasar pada konsumen kalangan atas yang menyukai mobil-mobil besar yang mampu melibas segala medan. Lantas apa saja fitur-fiturnya mampukah Mitsubisti pajero sport bersaing dengan all new fortuner yang meluncur lebih dulu ?

2. Tampilan Eksterior

Dari luar, aroma ketangguhan begitu kental. Berkat re-desain bumper fascia dan headlighnya serta lekukan body yang menyiratkan aroma stylish.


Dynamic Shield Front Face
Dengan tema dynamic shield face, all new pajero terlihat 180 derajat berbeda dengan versi lawasnya, desain bumper yang dibuat menyatu dengan headlight menyiratkan kesan dinamis. Penambahan aksen line chromed pada atas fascia juga menambah kesan kemewahan pada mobil ini.

Projector Headlamp with LED DRL
Seperti mobil mewah pada umumnya, all new pajero sport juga memanfaatkan lampu proyektor yang dilengkapi LED Daytime Running Light sebagai sistem penerangannya. LED merupakan lampu yang mengkonsumsi daya lebih hemat namun memiliki intensitas cahaya yang baik. Sehingga banyak produsen mobil menggunakannya sebagai lampu siang hari atau DRL.

Unique LED stop lamp
Satu lagi hal yang unik pada all new pajero sport yaitu desain lampu belakang atau stop lamp yang berbentuk memanjang ke bawah.Desain unik ini  tak seperti mobil lain yang biasanya memiliki desain stoplamp menyamping atau horizontal. Menurut group head marketing division KTB Imam choeru, desain ini menandakan ciri khas pajero sport. “coba lihat ketika berkendara malam hari, orang akan tau itu pajero sport”. Tuturnya,]

Kesan tangguh juga tersirat di samping body pajero sport. Berkat desain lekukan yang sangat maskulin ini, banyak yang menilai all new pajero sport bernuansa triton. Memang keduanya memiliki platform yang sama. Kesan sporty juga tak ketinggalan berkat adanya velg 18 inchi dual tone. Namun velg ini hanya tersedia untuk versi dakar saja. Sedangkan versi lain masih menggunakan velg 16 inci. Secara keseluruhan, perubahan eksterior ini sangat membawa nuansa sporty, tangguh dan mewah.

3. Tampilan Interior


Sama seperti tampilan eksterior all new pajero sport yang 180 derajat mengalami perubahan. Sisi interior nampaknya juga tak ketinggalan mendapatkan sentuhan re-design. Kelegaan kabin menjadi hal pertama yang bakan anda rasakan saat mesuk kedalam kabin all new pajero sport. Mobil ini mendapatkan panjang tambahan 90 mm. Sehingga panjang total mobil ini mencapai 4.785 mm. Desan baru dasboard yang memiliki berbagai fitur serta tombol yang di rancang user friendly juga menjadi perubahan yang tersemat pada interior all new pajero sport.

Audio and cruise control steering
Seperti layaknya mobi-mobil modern sekarang, fitur cruise control pada roda kemudi tak ketinggalan. Dengan fitur ini anda dapat mengatur audio control, menerima panggilan, hingga sistem navigasi melalui tombol dari roda kemudi.

Elecrtic park button
Fitur lain yangh akan memanjakan anda adalah fitur elektrik parking brake. Fitur ini memungkinkan anda untuk mengaktifkan rem parkir hanya melalui satu sentuhan. Fitur ini juga tidak perlu repot tuntuk melakukan penyetelan ketinggian rem parkir. Karena fitur ini dapat menyesuaikan secara otomatis.

Panoramic roof
Fitur lain yang akan memanjakan anda adalah adanya fitur panoramic roof atau atap panorama. Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk menikmati panorama alam sekitar melalui atap yang didesain transparan. Anda juga dapat menutup panoramic roof karena disediakan penutup yang digerakan motor elektronik.

Beberapa fitur serta kelengkapan pada all new pajero sport antara lain ;
  • 7.0” 2DIN touch Audio-WVGA (Dakar)
  • 6.5” 2DIN touch Audio-WVGA (Exceed, GLX)
  • Leather seat ( Dakar)
  • Hi-quality water repellant Fabric seat (Exceed dan GLX)
  • Electric seat power adjuster (Dakar)
  • Wood ornament console
  • One start stop engine button

Faktor lain yang yang menunjang kenyamanan adalah adanya ventilasi AC sampai tiga baris. Walaupun tiga baris, control AC hanya ada pada driver di dasboard. Sehingga dengan kabin yang luas, distribusi udara segar juga dapat maksimal.

4. Sistem suspensi

Untuk SUV kelas atas, sistem suspensi juga harus diperhatikan. Karena mobil ini akan menerjang medan-medan yang terjal. Sehingga ketangguhan suspensi akan diuji untuk menghasilkan kenyamanan pada pengguna. All new pajero sport, menggunakan dua buah sistem suspensi kelas atas,

Double wishbone with coil spring FF Suspension
Untuk suspensi depan, all new pajero sport menggunakan tipe double wishbone dengan pegas coil. Tipe ini merupakan tipe terbaik dari semua tipe suspensi. Dengan tipe duoble wishbone, FWA atau Front whel alignment tidak akan terganggu saat sistem suspensi bekerja, sehingga menimbulkan rasa nyaman walaupun digunakan pada medan terjal.

3-link rigid axle with coil spring RR suspension
Sedangkan untuk suspensi  belakang, all new pajero sport menggunakan tipe 3-Link dengan coil spring. Tipe ini dapat meredam getaran roda belakang yang juga dijadikan roda penggerak aktif.walaupun masih mengususng rigid axle, penggunaan beberapa link ini akan menjaga posisi roda agar tetap stabil walaupun suspensi bekerja cukup ekstrim.

5. Sistem keamanan

Sementara untuk sistem keamanan, all new pajero sport juga tidak mau kalah dengan para kompetitornya. Sebut saja RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) yang dapat memberi keamanan saat terjadi tumbukan pada body samping all new pajero sport. Kemudian masih banyak fitur-fitur keselamatan lain yaitu]
  • Dual SRS Air bag
  • Safety Release brake Pedal
  • Collapsible Steering Wheel & One Way Capsule
  • ABS + EBD + BA
  • Brake Override system
  • Car Immobilizer
  • Keyless Entry
  • Reverse Sensor

6. Power dan Performa

Setelah mengupas semua fitur yang dimiliki all new pajero sport, kini saatnya membedah spesifikasi dapur pacunya. Di Indonesia all new pajero sport hadir dalam dua varian mesin dan dua varian transmisi. Kedua mesin ini hadir untuk melengkapi keseimbangan minat konsumen Indonesia yang beragam. Apa saja spesifikasi kedua mesin tersebut ?


4N15 2.4L MIVEC Turbointercooler
Pertama adalah mesin yang digunakan untuk varian all new Mitsubishi pajero sport Dakar. Mesin dengan kapasitas 2.400 cc berbahan bakar solar ini, sudah mengusung teknologi commonrail direct Inection dan dilengkapi teknologi MIVEC (Mitsubihi Innovative Valve Timing Electronic control System). Teknologi ini mirip seperti VVTi pada Fortuner yang akan menyesuaikan pembukaan katup. Mesin ini dapat mengeluarkan daya maksimal 181 PS pada putaran mesin 3.500 RPM. Sedangkan untuk torsi mencapai 430 Nm pada putaran 2.500 RPM.

4D56 2.5L commonrail TurboIntercooler
Untuk varian kedua merupakan mesin yang digunakan pada tipe Exceed dan GLX. Mesin ini sama-sama berbahan bakar diesel, namun berbeda dalam kubikasi dan teknologi yang diterapkan. Mesin berkapasitas 2.500 cc ini, dilengkapi teknologi commonrail direct inhection namun belum mengususng MIVEC. Hasilnya, mesin ini dapat menghasilkan power maksimal sebesar 136 PS pada 4000 RPM dan torsi maksimal hinga 324 Nm pada 2000 RPM.

Walaupun lebih kecil, teknologi MIVEC dapat mendongkrak power dan torsi. Sehingga mesin ini lebih efektif karena memiliki penggunaan bahan bakar yang lebih efisien serta power yang lebih besar. Kedua mesin ini, sudah dinyatakan lulus dalam uji emisi Euro II. Sehingga gas buang bisa dikatakan ramah lingkungan.

7. Budget Yang perlu disiapkan

Setelah mengupas tunta desain, fitur hingga spesifikasi mesin all new pajero sport, saatnya kita membicarakan budget yang diperlukan untuk membawa pulang satu unit all new pajero sport dari dealer, dilansir website resmi KTB, all new pajero sport dibanderol mulai Rp 436.000.000,- untuk tipe terendah hingga Rp 623.000.000,- untuk tipe Dakar 4x4 AT yang merupakan tipe tertinggi,


  • Harga OTR DKI bulan Desember 2016.
  • Harga di tiap dealer berbeda.
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.