All New Toyota Fortuner Fitur dan spesifikasi lengkap

Advertisement
Inilah penguasa segmen big SUV di Indonesia, siapa lagi kalau bukan Toyota Fortuner. SUV andalan toyota ini, mampu mengambil hati para pecinta otomotof di tanah air. Lantas apa sih yang menyebabkan mobil ini begitu spesial sampai bisa memiliki penjualan yang sangat laris ? Simak ulasan berikut.

1. Overview tentang Toyota Fortuner




Jika kita melihat segmen high SUV di Indonesia, pasti anda akan langsung menebak siapa yang paling mendominasi. Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan fortuner di tahun 2005 untuk mengisi segmen high SUV yang kala itu masih di kuasai Land cruiser, Nissan Patrol, Blazer dan Juga Pajero dengan harga selangit. Fortuner hadir dengan harga lebih terjangkau sehingga hal itu sangat disambut positif bagi pecinta otomotif di tanah air. Dan memang fortuner tidak memerlukan waktu lama untuk mengambil hati para konsumen Indonesia yang menyukai crossover penerjang segala medan.

Pada bulan Januari 2016, TAM resmi memperkenalkan generasi ketiga dari SUV berpenumpang tujuh orang ini. Perubahan sangat terasa disetiap sisi baik eksterior, interior maupun dapur pacu juga mengalami perubahan yang signifikan. Nampaknya fortuner ingin menjawab semua keinginan konsumen Indonesia dengan peluncuran versi terbaru ini.


Dilansir dari toyotanasmoco.net Toyota All New Fortuner dalam pengembangannya selalu melibatkan customer setia, Selera masyarakat terhadap mobil SUV bukan lagi pada karakter tough. Dahulu SUV dengan karakter Tough diminati masyarakat dengan prosentase mencapai 70%, seiring perkembangan kini banyak customer yang menginginkan SUV memiliki karakter stylish, fun to drive dan comfort dengan presentasi 50 persen. Artinya kendaraan SUV bukan lagi di dominasi oleh laki-laki namun juga oleh kaum perempuan.


Animo pecinta otomotif tanah air juga tak bisa dibendung atas peluncuran all new fortuner. Menurut toyotanasmoco.net dalam waktu satu minggu sejak peluncuran perdana, All new fortuner sudah dipesan (SPK) sebanyak lebih dari 1.700 unit di seluruh Indonesia. Apa yang menyebabkan mobil ini begitu menyita perhatian ? Kita bahas fitur serta spesifikasinya dibawah


2. New Tough and bold exterior design




Dari luar tetlihat bahwa fortuner mengalami perombakan yang signifikan dari ujung bumper depan sampai belakang mendapatkan sentuhan baru. Apabila generasi sebelumnya terlihat simple dan kalem, untuk generasi terbaru ini sungguh terlihat sporty dan stylish tanpa meninggalkan kesan mewah.


Bi-beam hi-tech projector headlight with LED DRL

Dari desain lampu dibuat lebih slim dengan penambahan high performance LED sebagai lampu siang hari atau DRL yang membuat tampilan Fortuner futiristik. Lampu proyektor yang disertai auto-leveling dapat mencegah pengendara lain merasa silau. Namun fitur ini hanya ada pada fortuner tipe VRZ dan SRZ saja. Selain itu, Fortuner juga terlihat semakin garang berkat desain trapezoidal front grille yang dibuat runcing dan mencolok. Dipadukan pula dengan fog lamp berdimensi besar menambah kesan agresif.

Stylish side line

Beralih ke samping body Fortuner. Terlihat desain yang stylish dan modern berkat garis kaca yang dibuat menyempit ke belakang. Lekukan body all new fortuner juga terkesan sangat mewah seperti halnya alphard.

Light string LED stop lamp

Sementara di sisi belakang, terdapat perubahan yang signifikan pula. All new Fortuner menggunakan LED light string sebagai stop lamp untuk semua tipe. Desain stop lamp yang menyatu dengan list garnish chromed, membuat tampilan All new fortuner terkesan modern.

3. Fitur-fitur Interior All new fortuner




Tak mau kalah dengan eksterior yang begitu baru, interior all new fortuner juga mengalami redesign yang cukup signifikan. Dari mulai dasboard sampai tata ulang letak tombol juga membuatnya makin user friendly.


Desain baru ini sangat kental dengan nuansa elegan dengan latar dark coloring. Fitur premium illumination lamp juga makin menambah kesan mewah pada all new fortuner. Selain itu terdapat pula power back door. Yang akan terbuka melalui satu sentuhan tombol di dasboard.


Beberapa fitur unggulan serta tambahan lain yang ada pada all new fortuner adalah

  • Re-designed dasboard and IP cluster
  • 8" head unit touch with BT, Aux-in, mirror links, HDMA, wifi, DLNA dan Miracast.
  • Auto AC climate control
  • Padle shift + sequential
  • start/stop button
  • Steering switch
  • Eco/power mode
  • Rear diff lock
  • IsoFix Child seat
  • 4.2" Multi info display
Bahan yang digunakan pada interior all new fortuner juga tidak main-main. Untuk tipe VRZ dan SRZ, bahan laether (kulit) digunakan sebagai bahan untuk seat cover dan inner door trim. Sedangkan tipe lainya menggunakan bahan fabric high. Sementara pada shift knob, menggunakan material kulit yang dilengkapi ornamen kayu.

4. Fitur keamanan dan Keselamatan.


Layaknya mobil modern pada umumnya, fitur keselamatan menjadi hal wajib ada pada sebuah mobil apa saja fitur keselamatan dan keamanan All new Fortuner ?

  • Vehicle stability control
  • Emergency brake assist
  • ABS, EBD
  • Hill assist control
  • Active traction control
  • Auto warning light
  • Dual airbag
  • Immobilizer
Memang sebagai crossover, fitur keselamatan harus lengkap. Mengingat mobil ini akan mendapati medan terjal. Pada all new fortuner fitur keselamatan terbilang lengkap. Sehingga anda bisa tenang saat menempuh pada jalur terjal sekalipun.

5. Dapur pacu dan powertrain.


All new fortuner tersedia dalam dua varian mesin yakni mesin diesel 2.4 liter dan mesin bensin 2.7 liter. Keduanya memiliki ciri masing-masing. Sementara untuk powertrain, Fortuner tersedia dalam dua pilihan transmisi yaitu A/T 6 speed dan manual 6 speed. Sementara untuk sistem penggerak juga tersedia dalam 2 varian yakni 4x2 RWD dan 4x4.




Gasoline 2.7 litre Dual VVT-i

Mesin bensin berkapasitas 2.700 cc ini, mengalami perubahan dari versi sebelumnya guna meningkatkan efisiensi. Dengan adanya teknologi Dual VVT-i, mesin ini mampu mengeluarkan 161 Hp serta torsi 242 Nm. Pilihan mesin ini sangat cocok untuk anda yang mengutamakan kecepatan. Namun anda harus rela mengeluarkan budget lebih karena mesin berkapasitas 2.700 cc ini terbilang cukup boros.

GD engine 2.4 litre VNT

Varian mesin kedua yaitu mesin diesel berkapasitas 2.400 cc dengan kode GD. Mesin ini juga mengalami upgrade dari versi sebelumnya. Sehingga power serta efisiensi dapat diperoleh secara maksimal. Dengan teknologi Variable Noozle turbo common rail direct injection, Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 148 Hp dan torsi mencapai 400 Nm. Hp memang kalah dengan varian bensin, namun torsi menang telak. Mesin ini cocok untuk anda yang hobi touring. Walaupun kecepatan kurang, mobil ini mampu melibas jalanan terjal dengan mudah. Selain itu konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

6. Harga All new Fortuner


Setelah kita mengupas tuntas spesifikasi beserta berbagai fitur yang tersemat didalam mobil ini, saatnya kita membahas budget yang diperlukan untuk membawa pulang all new fortuner dari dealer. Dikutip dari toyota.astra.co.id All new Fortuner dibanderol mulai Rp 450.700.000,- pada tipe terendah hingga Rp 640.200.000,- Di tipe tertingginya.



  • Harga OTR wilayah DKI bulan Desember 2016.
  • Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
  • Untuk harga lebih detail hubungi dealer terdekat.
  • Harga belum termasuk pajak progresif.

7. Kesimpulan

Toyota fortuner bisa merajai sektor high SUV berkat desain dan harga yang kompetitif. Jika dibandingkan dengan Chevy captiva dan Mazda CX-5 harga bersaing. Namun Fortuner memiliki kelas yang lebih tinggi. Namun sisi teknologi yang diterapkan memang jauh jika dibandingkan dua merk tadi. Namun bukan berarti toyota fortuner tidak bagus. Justru teknologi yang lebih simple membuat mobil ini lebih user friendly dan mudah dalam perawatan.