Ini Dia Review Hatchback Rasa SUV, Yaris Heykers

Advertisement
Setelah kemarin kita membahas hatchback fenomenal dari Honda, kali ini kita akan membahas kompetitor dari Honda Jazz, yang berasal dari keluarga Toyota. Siapa lagi kalau bukan Yaris. Toyota baru saja merilis varian terbaru bertajuk Yaris Heykers. Apa saja fitur serta spesifikasi Yaris Heykers ini ? simak review dibawah.

1. Sekilas tentang Yaris Heykers


Sebelum kita membahas detail spesifikasi yaris heykers, kita bahas dulu overview atau sekilas tentang mobil asal negeri sakura ini. Toyota yaris Heykers, resmi di rilis oleh Toyota Astra Motor, pada awal bulan November 2016. Kehadirannya, bertujuan untuk menyempurnakan All new Yaris sebelumnya, dengan tampilan yang gagah khas SUV, dengan sentuhan TRD Sportivo. Kesan Crossover begitu kental pada tampilan luar mobil ini, hal itu dilihat dari ground clearence yang lebih tinggi dan adanya side moulding yang menambah kesan gagah.

Toyota nampaknya, ingin menciptakan kesan fun to drive pada mobil ini. Dengan meninggikan ground clearence. Sehingga selain dapat berjalan mulus di daerah perkotaan, mobil ini juga diharapkan mampu membawa pengguna melewati jalan di daerah pedesaan dan peguningan. Hal itu juga didukung oleh sistem suspensi yang lebih kokoh. Sehinga hatcback rasa SUV ini, dapat anda laju untuk liburan ke daerah pegunungan dengan kenyamanan tingkat atas. Toyota memberikan dua varian berbeda pada Yaris Heykers. Varian ini hanya dibedakan oleh sistem transmisi saja yaitu Manual dan Automatic. Sedangkan fitur lainya sama. Sementara untuk warna, ada sekitar tujuh varian warna yaitu attitude black mica, blue metalic, silver metalik, orange metalic, grey metalic, super white, red mica metalic

Sementara untuk mesin, nampaknya Toyota mengejar tingkat ekonomi bahan bakar yang tinggi. Hal itu bisa dilihat pada sektor mesin yang memiliki tenaga yang lebih kecil bila dibandingkan dengan Yaris sebelumnyal. Meski lebih kecil, teknologi Dual VVT-i sudah diterapkan pada mesin ini. Untuk transmisi sendiri ada dua pilihan yaitu matic dan manual. Untuk mengetahui spesifikasi dan fitur lebih detail, anda dapat membaca review dibawah ini

2. Tampilan Eksterior Ala Crossover


Pertama kita akan mengupas bagian luar atau eksterior. Bila melihat tampilan luar Yaris Heykers, mobil ini akan terlihat begitu gagah dan berwibawa seperti SUV sejati. Secara umum, tampilan Yaris Hykers mirip Toyota Yaris TRD Sportivo. Hal ini dikarenakan basis tampilan Yaris Heykers, diambil dari Yaris TRD Sportivo. Perbedaan terletak pada ground clearence. Ground clearence atau jarak antara body dan tanah, diset lebih tinggi daripada Yaris sebelumnya. Sehingga mobil ini nampak lebih jangkung dan terkesan mirip SUV. Namun Toyota mengklaim walaupun benuansa crossover, hatchback ini masih memilki unsur “Fun To Drive” di daerah perkotaan.

Headlight sipit dengan grill hitam drop
Tampilan gagah akan sangat terasa pada bagian headlight yang didesain dengan bentuk menajam yang sangat futuristik. Hal itu ditekankan lagi dengan penambahan LED ditengah headlamp yang menambah kesan futuristik. Sementara pada bagian grill dibalut dengan warna hitam drop. Sehingga kesan berwibawa juga akan terpancar. Sementara dibawah headlamp, terpampang sepasang Fog lamp dengan desain sporty yang dilengkapi LED DRL. Hasilnya  pencahayaan Yaris Heykers pun terbilang sangat baik.

Penambahan Side Moulding Ala SUV
Sementara dibagian samping, akan kita temui velg dengan perpaduan warna dual-tone berukuran 16 inchi yang membuat tampilan samping yaris heykers tidak kalah keren dengan tampilan depannya. Sementara kesan crossover juga akan kembali terlihat berkat adanya side moulding yang terpasang di atas lingkar roda depan dan belakang. Sehingga kesan jangkung akan terimbangi dengan adanya side moulding ini.

Tampilan belakang sentuhan TRD Sportivo
Bergeser ke bagian belakang, anda akan menemui spoiler belakang yang didesain sangat sporty, dan stop lamp futuristik yang teroasang dikedua sisi belakang Yaris Heykers. Sementara pada bagian bumper belakang, juga akan terlihat aksen hitam drop yang semakin menegaskan kesan crossover pada mobil ini. Sementara pada bagian atas, anda akan menemui dua buah roof rail, sehingga selain digunakan untuk jalan perkotaan, mobil ini sangat cocok dipakai untuk liburan ke luar kota.

3. Tampilan Interior Elegan dan Futuristik


Beralih ke kabin Yaris heykers, anda akan merasakan kesan elegan dengan pewarnaan kabin yang dominan hitam. Sementara desain pada interior mobil ini juga patut diacungi jempol. Berbagai tombil navigasi diletakan dengan posisi yang pas. Sedangkan volume ruang kabin juga akan terasa cukup lega. Hatchback rasa crossover yang memilki dimensi 4115 x 1700 x 1475 mm ini akan terlihat lebih bongsor daripada Yaris versi sebelumnya. dimensi besar yang dimiliki Hatchback ini tentu akan mengundang banyak keuntungan. Dengan konfigurasi dua baris bangku yang dapat memuat 5 orang, tentu keleluasaan gerak akan terasa pada kabin mobil ini.

Fitur pada interior Yaris Heykers
  • LCD Touchscreen 7” with miracast, blurtooth, internet
  • 3-spoke steering wheel
  • Audio switch control
  • Start/Stop engine
  • Dual Airbags
  • Front impact beam
  • Power Outlet
  • Engine immobilizer
  • Brake assist, crash sensor, Alarm, Parking Sensor


4. Spesifikasi Mesin 2NR-FE 1.5L Dual VVT-i

Setelah kita mengupas semua fitur baik dalam maupun luar, saatnya kita membongkar spesifikasi pada mesin yang digunakan pada Yaris Heykers. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Yaris Heykers, mengunakan mesin sama yang digunakan pada Toyota Sienta dengan kode 2NR-FE. Kali ini, Toyota mengkalim ingin lebih menonjolkan keiritan bahan bakar dengan mengorbankan power yang dihasilkan. Jika dibandingkan Yaris versi sebelumnya, mesin 2NR-FE memiliki performa yang lebih kecil. Namun mesin ini terbukti jauh lebih irit dibandingkan Yaris versi sebelumnya. Mesin berkapasitas 1496 cc ini dapat mengeluarkan tenaga, 107 PS pada putaran 6.000 RPM. Sedangkan untuk torsi, mesin ini mampu mengeluarkan torsi sebesar 14,3 Nm pada 4.200 RPM. Walaupun terbilang kecil, mesin ini sudah mengusung teknologi Dual-VVT-i dengan sistem bahan bakar Port Injection. Sehingga tak perlu khawatir dengan performa yang dihasilkan oleh obil ini.
Untuk pilihan transmisi sendiri ada dua macam yaitu sistem transmisi manual dan matic 7 speed CVT yang diklaim mampu menghemat pemakaian bahn bakar hingga 30 persen. Sementara untuk sistem penggerak, Yaris heykers masih mengusung sistem yang sama pada versi sebelumnya dengan menggunakan sistem penggerak FWD atau Front Wheel Drive yang dikalim mampu mendistribusikan tenaga secara efektif dan mengurangi vibrasi yang dihasilkan oleh sistem powertrain.


5. Harga Toyota Yaris Heykers

Setelah kita membahas fitur beserta spesifikasi Yaris Heykers secara detail, saatnya kita untuk membahas budget atau harga yang perlu dikorbankan untuk menggarasikan satu unit Toyota Yaris Heykers dari dealer. Bicara soal harga, Yaris Heykers ini dibandedol dengan harga yang terbilang standar untuk kelas Hatchback. Dengan seabrek fitur yang tersemat pada mobil yang dibuat oleh produsen asal negeri sakura ini, tak heran jika nantinya mobil ini menjadi pesaing sengit mobil asal negeri sakura lainnya, Honda Jazz. Dilansir toyota.astra.co.id Toyota Yaris Heykers dibanderol mulai Rp 265.500.000,- harga tersebut untuk wilayah DkI Jakarta dan sekitarnya.