Kelebihan dan Kekurangan Honda HRV 2017

Advertisement
Honda nampaknya mulai merambah ke segemen compact SUV dengan produknya Honda HRV. Mobil ini ikut meramaikan pasar otomotif di tanah air di segmen SUV bersama nissan juke dan chevrolet trax. Lantas apa yang membuat mobil ini unggul dari yang lain ? Simak kelebihan dan kekurangan Honda HRV berikut

Mobil ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2013 pada ajang Tokyo motor show dengan nama awal honda vezel. Nama Vezel sendiri sebenarnya sudah hadir sejak 1999. Namun berhenti di tahun 2006. Di tahun 2013, honda kembali melakukan redesign honda vezel. Hasilnya sangat positif, penggemar otomotof sangat antusias dengan desain yang ditawarkan honda vezel ini. Melihat antusiasme pecinta otomotif terhadap mobil ini, Honda memutuskan untuk melanjutkan ke produksi masal dengan nama HR-V.


Di Indonesia, Honda HR-V hadir sejak 2014 melengkapi line-up SUV nya yang sudah melengggang lebih dulu di pasar Tanah air. Kehadirannya, membuka tren tersendiri khususnya bagi kaum muda yang menyukai crossover namun budget minim.


Hal lain yang patut diacungi jempol adalah keputusan Honda untuk memproduksi HR-V di dalam negeri. Hal itu tentu selain bisa menekan budget, mobil ini pun diharapkan sesuai dengan konsumen khas Indonesia. Lantas apa saja fitur yang tersemat di dalam mobil ini ? Kita bahas fiturnya.


Desain Dynamic Cross Solid Eksterior




Dari Tampilan luar Honda HR-V terlihat cukup stylish dan sangar. Honda memang mengusung konsep "Dynamic cross solid". Membawa Honda HR-V menuju kesan tangguh dan Sporty. Jika anda melihat tampilan Honda HR-V, mungkin anda akan teringat Honda CR-V. Karena memang HR-V terinspirasi oleh Honda CR-V namun untuk model yang lebih kompak dan modern. Hal lain yang menjadi ciri khas HR-V adalah desain pintu belakang dengan gagang terletak di kaca, membuat tampilan HR-V mirip coupe.


1. Solid wing face


Dari bumper depan, aura sporty begitu kental berkat adanya front grill berbentuk sayap mengepak diikuti desain bumper yang dinamis membuat tampilan Honda HR-V sangat maskulin.


2. LED Projector Headlight


Khusus tipe prestige, Honda memberikan sentuhan Lampu proyektor agar pencahayaan maksimal dengan desain yang modern. Namun bukan berarti tipe yang lain memiliki pencahayaan yang buruk. Penggunaan lampu halogen, membuat sistem pencahayaan Honda HR-V begitu maksimal. Untuk Fog lamp, HR-V terlihat begitu sporty berkat adanya bingkai beraksen karbon. Sedangkan bagian belakang, juga tak kalah sporty. Desain stop lamp seperti sirip hiu terbalik, sangat disukai oleh pecinta mobil.


3. Shark fin antenna dan sun roof


Dibagian atas bisa dibilang sangat menyumbang kesan sporty pada mobil ini. Penggunaan sporty tailgate spoiler serta penempatan shark fin antenna membuat HR-V sangat modern dan sporty. Untuk tipe prestige sudah dilengkapi sun roof. Sehingha anda dapaterasakan udara luar secara langsung.


Konsep Interior yang minimalis namun elegan




Sekarang, mari kita intip bagian interior Honda HR-V. Dari dalam, desain Honda HR-V layak diapresiasi. Penggunaan bahan serta desain yang tepat, memunculkan kesan interior yang elegan dan mewah. Penggabungan warna-warna didalam kabin, membuat mata anda tak berhenti memandangi setiap sudut kabin mobil ini.


1. Tata letak yang memanjakan


Warna di dalam kabin di dominasi oleh warna Hitam. Tujuanya untuk menimbulkan kesan kalem dan minimalis. Penempatan instrumen cluster yang simetris juga menyumbang kesan elegan pada interior HR-V. Seperti mobil mewah pada umumnya, pada steer honda HR-V juga dilengkapi.cruise control. Sehingga anda dapat mengatur volume audio, mute audio dan menerima panggilan tanpa pergerakan lebih. Tombol seperti one touch steering signal dan push ignition system juga terdapat pada kemudi HR-V.


2. Audio Speaker 2 DIN


Bergerak ke Audio System. HR-V menggunakan layar sentuh 6.1 inchi sebagai navigasi audio. Sedangkan untuk tipe tertinggi yaitu tipe Prestige, HR-V menyematkan layar sentuh 7 inchi sebagai navigasi utamanya. Untuk tipe ini, sistem audio dapat terintegrasi dengan android dan iphone. Sedangkan audio 6.1 inchi baru bisa terintegrasi dengan iphone saja. Sound system pada mobil ini juga akan memanjakan anda. Berkat adanya speaker 2 DIN yang menghasilkan suara jernih dan menggelegar.


3. Free up Storage


Terakhir ruang penyimpanan didalam bagasi terbilang cukup luas. Cocok sekali untuk anda yang hobi travelling. Selain bisa menerjang medan terjal, mobil ini pun dapat menampung banyak barang.


Sistem Keamanan dan Keselamatan


Di safety sistem, Honda HR-V juga sangat mumpuni. Dilihat dari banyamnya fitur keamanan dan keselamatan yang ada pada mobil ini. Sebut saja dual front air bag. Air bag ini akan memberikan perlindungan pada anda dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Untuk tipe tertinggi, disediakan side air bag yang dapat melindungi pengguna dari benturan samping.


Fitur seperti ABS, EBD, HLA, Stability Control Dan Brake assist sudah pasti tersedia pada mobil ini. Fitur yang sangat wajib untuk cross over ini akan membuat anda merasa aman saat menempuh jalur pegunungan dan jalan licin.


Fitur keamanan seperti keyless entri, key immobilizer, alarm system dan smart entry akan membuat anda merasa tenang saat anda meninggalkan mobil ini di tempat sepi sekaligus.


Engine dan performa




Saatnya kita membongkar spesifikasi mesin HR-V ini. Teknologi yang ditawarkan honda memang tergolong canggih. Sebut saja teknologi I-Vtech yang melekat pada line-up mesin honda.


Honda HR-V tersendia dalam dua varian mesin. Mesin pertama berkapasitas 1.500 cc yang dapat mengeluarkan daya hingga 102 KW dan Torsi mencapai 169 Nm. Sedangkan varian kedua berkapasitas 1.800 cc khusus untuk tipe prestige yang mampu memuntahkan daya sebesar 188 KW dan torsi hingga 145 Nm. Tentu kedua mesin ini bisa tergolong bertenaga.


Kedua tipe mesin tersebut menggunakan teknologi SOHC dengan konfigurasi 16 katup yang disempurnakan dengan I-Vtech yang membuat mesin ini lebih bertenaga serta efisien. Ditambah teknologi EFi dan DBW membuat emisi bersahabat serta menekan tingkat ekonomi bahan bakar.


Harga Honda HR-V 2017




Terakhir, setelah anda mengetahui semua fitur yang tersemat pada Honda HR-V, saatnya kita membahas budget untuk menebus satu unit mobil ini. Honda HR-V hadir dalam 7 varian. Semua varian ditujukan untuk minat konsumen yang beragam. Pasti tiap varian memiliki perbedaan fitur dan harga. Harga Honda HR-V dibanderol muali Rp 268.400.000,- Hingga Rp 372.000.000,- untuk tipe tertinggi. Untuk itu pastikan anda memilih varian yang sesuai dengan kebutuhan serta minat anda.


Kesimpulan


Menyasar segmen Low SUV dengan harga yang relatif terjangkau, HR-V nampaknya menjadi idola baru di Indonesia khusus kelas kompak SUV. Teknologi dan fitur yang ditawarkan pun tidak bisa dianggap remeh.



Penggunaan teknologi I-Vtech, DBW dan ETC membuat efisiensi dan tingkat ekonomi bahan bakar menjadi baik.

Itulah review tentang kelebihan dan kekurangan honda hrv semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita.