All New Mazda 2 2017 review dan spesifikasi lengkap

Advertisement
Persaingan pemasaran mobil di kelas hatchback, tak bisa dipandang sebelah mata. Nama seperti honda jazz dan Toyota yaris pasti sudah sangat kondang di Indonesia. Banyak konsumen di Indonesia yang mengincar hatchback khususnya kaum muda. Karena memiliki mobilitas tinggi serta bentuknya yang kecil, membuat mobil ini sangat cocok di perkotaan.

Selain dua nama diatas, ada satu nama yang mungkin dapat bersainh bahkan melebihi popularitas dua nama diatas. Dengan keunggulan teknologi serta desain "kodo" yang khas membuat mobil ini sangat diganderungi. Pasti anda telah menebaknya, Mazda dua merupakan pendatang baru di segmen hatchback. Lantas seperti apa spesifikasi didalam mobil ini ? Mampukah mobil ini bersaing dengan para kompetitornya ?

1. Overview

Mazda menghadirkan tipe mazda 2 untuk mengisi line-up hatchback di Indonesia yang saat itu belum banyak yang mampu bersaing. Namun, penjualan Mazda 2 bisa dibilang masih kalah dengan penguasa pasar hatchback jazz dan yaris. Hal itu mungkin karena peyebaran dealer Mazda yang masih terbatas dan belum merata. Membuat mobil ini juga belum menjamah ke beberapa daerah.

Namun dari segi teknologi dan fitur, bisa dibilang Mazda 2 cukup unggul bila dibandingkan dengan para kompetitornya. Sebut saja label Skyactive yang tersemat pada Mazda 2. Teknologi ini menjadi ciri khas tersendiri pada mobil ini. Desain "kodo" yang khas di setiap mobil Mazda, juga membuat daya tarik tersendiri.

2. Tampilan Kodo soul of Motion

Desain ini telah melekat pada Mazda sejak awal dan menjadi ciri khas Mazda. Khususnya Mazda 2 juga memiliki sentuhan kodo design. Terdapat perbedaan pada mazda 2 versi sebelumnya. pada all new Mazda 2 perubahan sangat kental khususnya dibagian depan. Desain new fascia dan new headlight dibuat lebih runcing. Desain yang runcing ini, membuat tampilan Mazda 2, terlihat sangar, tajam, dan mengintimidasi.



Paduan LED Projector Headlight
Penggunaan lampu proyektor yang terintegrasi dengan lampu LED DRL, membuat tampilan mobil ini sangat modern. Lampu LED merupakan lampu yang memiliki konsumsi daya lebih sedikit dibandingkan lampu bolam. Namun tingkat keterangan juga tidak bisa dianggap remeh. Sebagai DRL atau daytime running light, lampu ini cukup memeberikan cahaya di siang hari sebagai tanda untuk pengguna jalan didepannya.

New "V" fascia
Desain bumper depan juga menyiratkan kesan ganas. Berkat desain berbentuk "V" melengkung yang dokombinasikan dengan foglamp yang terbingkai berbentuk "koma".

Mirror turn signal

Beralih ke samping, spion dengan lampu tanda belok terdesain sangat rapi. Mazda 2 juga sudah dilengkapi green tint window glass. Sehingga anda tidak perlu melakukan pemasangan kaca film. Sementara desain belakang, juga tak kalah sangar. Stoplamp yang didesain runcing sangat menyiratkan kesan garang.

3. Tampilan Interior Modern

Setelah mengupas bagian luar, sekarang saatnya masuk kedalam kabin. Hal pertama yang akan anda rasakan adalah kemewahan. Paduan material terbaik serta pewarnaan yang elegan, membuat interior Mazda 2 terkesan mewah. Apa saja fitur didalam kabin mobil ini ?



Racing instrumen panel
Aroma racing sangat kental pada bagian cluster. Desain tachometer berbentuk melingkar ditambah panel lain yang terletak disamping memebentuk sayap terlihat sungguh futuristik. Berbagai informasi pengemudi tersuguh dengan jelas di instrumen panel yang memiliki kesan sport ini.

LCD touch main display
Sistem navigasi dan hiburan pada mazda 2 ini juga sangat baik. Hadirnya layar sentuh dengan lebar 7 inchi yang bisa disambungkan ke berbagai perangkat smarthphone atau flashdisk memungkinkan anda untuk memutar audio, video ataupun streaming. Ada pula fitur cruise control yang memungkinkan anda mengatur sistem navigasi dan hiburan melalui tombol di roda kemudi.

User friendly buttons
Selain sistem navigasi yang baik, penempatan beberapa tombol juga membuat pengalaman pengemudian bisa menjadi lebih berkesan. Tombol tersebut akan mengaktifkan beberapa fitur antara lain ;



  • Drive selection switch.Tombol ini berfungsi untuk mengatur mode pengemudian. Apakah akan diatur pada mode standar, atau sport.
  • Padle shift switch. Tombol ini berfungsi untuk mengubah kecepatan transmisi hanya melalui tombol (+) dan (-).
  • Start/stop engine. Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan ataupun mematikan mesin hanya lewat sentuhan tombol tanpa memutar kunci kontak.


4. Safety system

Layaknya mobil-mobil modern pada umumnya yang wajib menyertakan fitur keselamatan. Mazda 2 terbilang memiliki sistem keselamatan yang cukup mumpuni bila dibandingkan rivalnya. Beberapa sistem keselamatan tersebut antara lain ;

. ABS, EBD, BA, TCS, DSC
Fitur tersebut tergabung dalam skema brake by wire. Dimana sistem pengereman memiliki assist dari kompinen elektrikal agar performa pengereman lebih sempurna di segala medan. Perlu diketahui, jarang mobil di Indonesia yang memiliki 5 sistem sekaligus. Biasanya hanya 3 (ABS, EBD, BA).

. Hill launc assist
Sistem ini akan menahan mobil supaya tidak bergerak saat anda berhenti pada jalan menurun tanpa menginjak pedal rem.

. Emergency stop signal
Fitur ini akan menghidupkan lampu hazzard saat terjadi pengereman yang tiba-tiba sehingga meminimalisir resiko tabrakan.

.Dual front air brake
Tak ketinggalan pula fitur untuk mencegah cedera saat terjadi kecelakaan. Enaknya, mazda sudah melengkapi dua buah air bag untuk sisi pengemudi dan sisi penumpang depan.

.Isofix Child seat anchor
Isofix merupakan sebuah pengaman yang akan menggantikan fungsi seatbelt saat anda meletakan kursi bayi pada jok mobil anda.

5. Power dan performa


Setelah membahas dari luar sampai dalam bagian Mazda 2, sekarang waktunya kita membedah jantung pacu mobil ini. Mazda 2 hadir dalam 3 varian yaitu tipe V, tipe R, dan tipe G. Semuanya menggunakan satu jenis mesin yaitu skyactive 1.5 litre.

1.5 Skyactive-G in-line 4 cylinder.
Mesin ini sudah berteknologi skyactive sehingga performa tidak perlu diragukan lagi. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 81 KW dan torsi 141 Nm. Teknologi seperti ETC dan Dual sequential valve timing juga tersemat membuat akselerasi serta pengendalian makin terasa sempurna. Tak ketinggalan pula Sistem i-stop. Sistem yang akan mematikan mesin saat berada di lampu merah atau macet dan akan menyala secara otomatis saat pengemudi menekan pedal gas. Sehingga bahan bakar juga lebih ekonomis.

Skydrive AT/MT
Mazda 2 tersedia dalam dua varian transmisi yakni manual 6 speed dan AT 6 speed. Keduanya sudah mengusung label Skyactive. Anda dapat memilih sesuai karakter anda. Penggunaan FWD sebagai sistem penggerak menjadikan pemindahan daya lebih efektif.

6. Harga All New Mazda 2 Skyactive 2017

Setelah anda mengetahui semua spesifikasi beserta fitur yang ada pada Mazda 2 sekarang saatnya membicarakan biaya untuk menebus satu unit Mazda 2. Tiap dealer memiliki patokan yang berbeda. Namun sebagai acuan, kami sudah merangkum harga terbaru Mazda 2 yang dikeluarkan MMI melalui website resmi mereka



7. Kesimpulan

Mazda merupakan produsen mobil dengan menyuguhkan teknologi terbaru di tiap line-up mobilnya. Tak heran apabila harga mobil ini dibanderol lebih mahal dari para kompetitornya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait Mazda dua yakni


  • Tidak tersedia sensor mundur
  • Bagasi kurang lega
  • Bahan bakar tidak boleh sembarangan
  • Perawatan harus tepat waktu

Jadi pastikan untuk lebih pintar dan kenali lebih dulu tentang kebutuhan yang anda maksudkan ketika memiliki mobil ini.