Perbandingan All New Fortuner dan New Pajero, Mana yang lebih unggul ?

Advertisement
Toyota Fortuner dan Pajero Sport merupakan dua mobil yang merajai segmen Big SUV di Indonesia. Persaingan mereka sudah dimulai sejak lama. Konsumen pun bingung ketika diberikan pilihan antara Fortuner dan Pajero Sport. Untuk itu, kita akan membandingkan kedua mobil itu baik dari fitur, performa serta harga.

Sekilas tentang all new fortuner



Toyota Fortuner hadir di Indonesia sejak tahun 2005 untuk mengisi line-up SUV di Indonesia. Saat itu Toyota Fortuner masih berbentuk CBU dari Thailand. Kini Fortuner sudah diproduksi didalam negeri. Sejak awal kehadiranya di Indonesia, Fortuner mengalami banyak perubahan. Generasi pertama, hadir sampai tahun 2015 dengan mengalami dua kali perubahan wajah (facelift).

Generasi kedua, hadir dengan label All New Fortuner yang mengalami perubahan secara menyeluruh baik dari dalam dan tampilan luar. Mobil ini dipasarkan dengan dua varian mesin. Yaitu mesin bensin 2.7L dan mesin diesel 2.4L. Sementara untuk transmisi, All New Fortuner memiliki dua macam varian, yaitu manual dan matic. Secara umum, All New Fortuner memiliki tiga macam varian. Yaitu tipe G, SRZ, dan VRZ. Untuk melihat review All New Fortuner anda dapat membaca spesifikasi All new Toyota Fortuner.

Sekilas tentang all new pajero sport

Pajero Sport, sebenarnya merupakan produk SUV global yang sudah diproduksi sejak tahun 1990-an. Namun Pajero Sport resmi masuk di Indonesia pada tahun 2009. Hingga saat ini, pajero telah menginjak generasi ketiga dengan semua perubahan yang telah dilakukan.

Pajero dipasarkan dalam beberapa varian antara lain, Dakar, Exceed, dan GLX. Untuk varian mesin, sebenarnya pajero memiliki banyak varian. Namun nampaknya hanya dua varian mesin diesel saja yang dipasarkan di Indonesia. Yaitu 2.4L MIVEC dan 2.5L CRDI. Untuk membaca review lengkap Mitsubishi Pajero sport, bisa anda baca spesifikasi new pajero sport.

1. Perbandingan sektor eksterior
Untuk mengawali pembahasan kita kali ini, kita mulai dari sektor eksterior. Apa saja fitur yang terdapat pada duo SUV ini, dan apa yang membuat masing-masing lebih unggul ? Secara umum kedua SUV ini telah melakukan perombakan yang signifikan pada sektor eksteriornya.

Grill dan Headlight
All New Fortuner mengusung desain New through and Bold exterior. Dengan model grill trapesium baru. Sementara penerangan, All New Fortuner SRZ dan VRZ dilengkapi Bi-Beam Hi-tech dengan pengaturan jauh dekat. Sementara New Pajero Sport, mengusung desain Dynamic Cross Solid yang dipenuhi oleh garis-garis chrome. Untuk lampu, New Pajero Sport dilengkapi lampu proyektor dan untuk varian Dakar sudah dilengkapi Headlamp washer. Kedua mobil ini, memiliki desain headlamp yang lebih sipit dan sama-sama menerapkan LED Daytime running light.


Desain Lampu belakang
Kedua mobil ini sama-sama mengusung model LED stop lamp sebagai lampu belakang. Namun keduanya memiliki desain yang berbeda. All New Fortuner menerapkan LED light string dengan desain sipit dan meruncing horizontal. Sementara pada New Pajero Sport, mengusung desain stoplamp yang unik dengan mendesain Stoplamp berorientasi vertikal layaknya mata menangis. Desain ini memang unik namun banyak pula yang tidak menyukai desain ini.

Namun Pajero nampaknya akan unggul dibagian atap karena sudah didukung oleh sun roof sementara All New Fortuner memiliki atap yang polos. Fitur lain seperti Roof rail, side step dan Rear Cam sudah tersedia pada kedua mobil ini.

2. Perbandingan sektor interior



Beralih ke sektor interior baik All New Fortuner dan New Pajero Sport, memiliki desain interior baru dan terkesan modern. Keduanya telah dilengkapi ornamen kayu untuk menambah kesan mewah. Untuk Pajero Sport tipe tertinggi, ada penambahan aksen chrome di Interior. Sedangkan All New Fortuner lebih memilih kulit berkualitas sebagai pelapis interior.

Dasboard dan roda kemudi
Dari dasboard, kedua SUV ini memiliki fitur yang hampir sama dimulai dari fitur audio, AC control, dan TFT Multi Information Display. Sedangkan untuk roda kemudi, juga keduanya dilengkapi fitur yang hampir sama walaupun desain berbeda.

Center Console
Dibagian tengah, kita akan menemui console yang diisi oleh beberapa fitur. Console yang dimiliki New Pajero sport terlihat lebih compact berkat penempatan yang ideal. Sementara All New Fortuner, memiliki desain console yang lebih sederhana.

Sementara bentuk tuas transmisi, New Pajero sport memiliki kesan yang lebih modern berkat bentuknya yang lebih pendek. Sedangkan All New Fortuner menggunakan desain tuas transmisi memanjang seperti pada unumnya.

Pada bagian parking brake, New Pajero nampaknya juga lebih beruntung sebab, Parking brake pada New Pajero Sport cukup diaktifkan lewat satu sentuhan tombol. Sedangkan pada All New Fortuner masih .menggunakan tuas rem parkir untuk mengaktifkan parking brake.

Kedua jok mobil ini dilapisi kulit berkualitas tinggi. Meski demikian, keduanya memiliki pewarnaan yang berbeda. Pajero memberikan pewarnaan yang senada dengan pewarnaan dinding interior. Sedangkan Fortuner memiliki pewarnaan yang berbeda dengan dinding interior.

Pada baris ketiga, keduanya tidak banyak memiliki perbedaan. Namun sistem pelipatan bangku baris tiga berbeda. All New Fortuner memiliki pelipatan menyamping mirip Kijang Innova. Sedangkan New Pajero Sport memiliki model pelipatan Flat atau rata dengan bagasi.

Pada bagian pintu bagasi, All New Fortuner kembali mendapatkan keunggulan berkat fitur pembuka pintu bagasi elektrik melalui remote. Namun fitur ini hanya ada pada tipe SRZ dan VRZ. Sedangkan New Pajero masih menggunakan tenaga manual untuk membuka pintu bagasi.

3. Perbandingan fitur keselamatan dan keamanan

Untuk fitur keselamatan, keduanya memiliki banyak fitur keselamatan baik aktif dan pasif yang cukup lengkap. Untuk urusan pasif safety, All New Fortuner nampaknya lebih unggul berkat adanya tiga buah airbag di dalam kabin (G dan VRZ). Sementara New Pajero Sport hanya dilengkapi dua airbag di semua tipe.

Namun pajero cukup berbangga berkat fitur Active safety yang cukup lengkap. New Pajero Sport sudah dilengkapi dengan Traction Control, Electronic Stability Control, Hill Start Assist (Dakar).

4. Perbedaan Spesifikasi Mesin

Untuk varian mesin, kedua mobil ini memiliki dua macam pilihan mesin. All New Fortuner memiliki pilihan 2.4L diesel dan 2.7L petrol. Sedangkan New Pajero Sport memiliki pilihan 2.4L MIVEC diesel untuk pajero tipe Dakar dan 2.5L diesel untuk tipe standar.

Mesin berkapasitas 2.400 cc Turbodiesel milik Fortuner ini sudah berteknologi DOHC Dual VVT-i serta dilengkapi VNT (Variable Nozle Turbo). Hasilnya, mesin ini dapat menyemburkan tenaga mencapai 149 PS dan Torsi hingga 400,1 Nm.

Sementara mesin New Pajero Sport Dakar berkapasitas 2.400 cc dengan teknologi DOHC 16 katup MIVEC serta dilengkapi pula dengan VGT (Variable Geometric Turbo). Hasilnya, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 181 PS dan Torsi hingga 430 Nm.

Untuk mesin kedua Fortuner, berkapasitas 2.700 cc berbahan bakar bensin. Mesin ini juga mengusung teknologi DOHC Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga hingga 163 PS. Sedangkan mesin kedua pajero berkapasitas 2.5 liter berbahan bakar solar. Mesin ini dilengkapi turbo intercooler namun belum dilengkapi MIVEC. Hasilnya tenaga yang dapat dikeluarkan hanya 136 PS.

Dari data diatas, bisa disimpulkan bahwa New Pajero Sport memiliki kecepatan serta akselerasi yang lebih baik. Namun bagaimana dengan efisiensi bahan bakar ? Menurut tes yang dilakukan, Fortuner 2.4L VRZ mampu memiliki efisiensi 16,4 Km/L sedangkan Pajero dakar memiliki efisiensi 14,8 Km/L. Walaupun kalah dalam performa, Fortuner unggul dalam segi efisiensi bahan bakar.

5. Perbandingan Harga

All New Fortuner tipe G 4x2 M/T selaku tipe terendah di banderol Rp 450.700.000,- sedangkan New Pajero Sport Exceed 4x2 M/T dibanderol Rp 436.000.000,-.

Sementara tipe tertinggi All New Fortuner VRZ 4x4 A/T dibanderol Rp 640.200.000,-. Untuk New Pajero Sport Dakar 4x4 A/T selaku tipe tertinggi dibanderol Rp 623.000.000,-