Pilih Mana Calya Atau Sigra ? Temukan jawabanmu disini

Advertisement
Berbicara tentang LCGC 7 penumpang, kita akan menemukan dua nama yang berasal dari clan Astra. Calya dan Sigra. Kedua mobil ini merupakan pengembangan dari model sebelumnya, Ayla dan Agya. Lantas apa saja perbedaan Calya dan Sigra ? Apa yang unik pada masing-masing tipe ini ? Kita simak review berikut.



Toyota Calya dipasarkan dalam varian 2 tipe yaitu tipe E dan tipe G. keduanya memiliki pilihan transmisi manual dan automatic. Sedangkan Daihatsu Sigra dipasarkan dalam 4 varian, tipe D, tipe M, tipe X, dan tipe R.Secara umum, Dari segi desain keduanya memiliki kesamaan mencapai 80%, namun dalam hal performa keduanya beda jauh. Untuk fitur sendiri, ada perbedaan mencolok diantara keduanya sementara harga, juga akan memiliki perbedaan.

Perbedaan Tampilan Eksterior Calya dan Sigra

Dari depan kita akan disuguhkan desain keen look yang khas pada mobil-mobil Toyota dan Daihatsu. Jika anda melihat pada emblem yang terletak diatas grill, tentu memiliki perbedaan. Calya masih menggunakan emblem garuda seperti Agya, sementara pada Sigra terdapat emblem dengan huruf S, menandakan inisial Sigra.

Perbedaan kedua terletak pada Foglamp. Calya memiliki foglamp dengan desain segitiga yang menjorok Vertikal. Sedangkan pada Sigra, desain foglamp berbentuk sipit dan berorientasi horizontal.

Beralih ke samping, juga nampak perbedaan. Calya mengusung body samping yang lebih simple dan polos. Sedangkan Sigra tipe R, terdapat list chrome di bawah pintunya. Sementara pada bagian kaca, Sigra nampaknya juga lebih unggul karena sudah terpasang talang air. Sedangkan Calya masih polosan.

Untuk bagian roda dan Velg, keduanya memiliki ukuran sama yaitu R14 yang terbalut ban Bridgestone Ecopia EP150 175/65R14. tapi memiliki motif desain velg yang berbeda. Tapi jika kita membandingkan dengan Daihatsu Sigra Tipe D, akan nampak perbedaan. Karena Sigra tipe D menggunakan Velg berukuran 13" lebih kecil dari Calya tipe.terendah sekalipun.

Beralih ke bagian belakang, nampak tak ada perbedaan diantara Calya dan Sigra. Namun jika kita jelih, ada beberapa perbedaan yang akan kita temui. Contohnya pada mufler. Daihatsu Sigra memiliki hiasan mufler yang lebih besar pada ujungnya. Sedangkan Calya, memiliki ujung mufler polos tanpa hiasan. Hal lain yang membedakan Calya dengan Sigra adalah pada reflektor lampu belakang. Daihatsu Sigra tipe standar tidak dilengkapi dengan reflektor ini, namun reflektor ini telah tersedia pada semua tipe Calya.

Pada bagian desain eksterior, nampaknya kita tidak bisa menentukan mana yang lebih baik karena semua itu tergantung dengan selera. Namun jika dilihat dari aksesoris bawaan, Sigra nampaknya lebih unggul.

Perbedaan interior Calya dan Sigra



Pindah ke sektor Interior. Berbeda sekali dengan eksterior yang memiliki desain hampir sama, pada sektor interior, anda akan menemui perbedaan yang mencolok. Pertama dari pewarnaan. Toyota Calya identik dengan jok dan dasboard berwarna cokelat. Sedangkan pada Daihatsu Sigra lebih dominan hitam pekat.

Beranjak ke bagian jok tengah, anda akan menemui perbedaan antara calya dan sigra. Toyota Calya, memiliki tiga buah head rest di bangku tengah. Sedangkan Daihatsu Sigra, hanya dilengkapi dua buah head rest saja di bangku tengah.

Sementara untuk keselamatan penumpang, Toyota Calya nampaknya juga lebih unggul. Toyota Calya memiliki 3 point seatbelt di bangku tengah yang berposisi diatas bangku. Sehingga saat terjadi pengereman mendadak, penumpang akan lebih terlindungi. Sedangkan Daihatsu Sigra, memiliki seat belt yang berposisi dibawah layaknya pesawat. Sehingga akan menahan bagian pinggang saha.

Fitur lain seperti head unit, Multi Information Display, Fitur onetouch Tumble dan Power Charging Point, sudah tersedia pada kedua mobil ini.

Di dalam kabin, nampaknya Toyota Calya memiliki kenyamanan yang lebih baik. Hal itu dapat kita lihat di sektor jok tengah yang memiliki lebih banyak fitur.

Fitur keamanan dan keselamatan pada Calya dan Sigra.

Untuk fitur keamanan, bisa dibilang keduanya memiliki sistem keselamatan dan keamanan yang seimbang. Sistem ini akan maksimal anda rasakan pada varian tipe tertinggi Calya dan Sigra. Sebut saja fitur dual Airbag, side impact beam, dan immobilizer. Fitur ini tersedia pada Toyota Calya semua tipe dan Sigra mulai tipe X.

Namun ada beberapa perbedaan, salah satunya pada fitur corner sensor. Daihatsu Sigra tipe R deluxe sudah dilengkapi dengan front corner sensor. Sehingga akan membantu pengemudi untuk memposisikan mobilnya khususnya bagi pemula. Sedangkan Toyota Calya, nampaknya belum dilengkapi sensor ini.

Perbedaan lain, juga terdapat pada fitur ISOFIX. Toyota Calya, sudah dilengkapi dengan fitur ISOFIX. Sedangkan Sigra, masih belum tersedia. Apa itu ISOFIX ? Mungkin ada beberapa dari anda yang belum mengetahui fitur ISOFIX. ISOFIX adalah sebuah fitur pada kursi yang memungkinkan anda mengatur panjang pendeknya tali sabuk pengaman dan ikatan sabuk pengaman pada kursi dudukan anak Anda.

ISOFIX sendiri bukan sebuah produk, melainkan sebuah standar internasional layaknya ISO. Fungsi ini sangat berguna bagi anda yang memiliki anak balita. Namun jika anda tidak memiliki anak balita fungsi ISOFIX tidak terlalu diperlukan.

Perbandingan Spesifikasi Mesin



Untuk spesifikasi mesin, ada dua macam mesin yang digunakan pada Calya dan Sigra. Mesin pertama digunakan pada Daihatsu Sigra D dan M. Mesin ini berkapasitas 1000 cc dengan konfigurasi 3 silinder, DOHC 12 katup. Hasilnya, mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 67 HP pada RPM 6.000, dan Torsi mencapai 88 Nm.

Sementara varian mesin kedua digunakan pada Daihatsu Sigra tipe X dan R, serta Toyota Calya semua tipe. Mesin berkapasitas 1.197 cc ini dapat memuntahkan power maksimal mencapai 89 HP dan Torsi hingga 108 Nm. Mesin ini juga mengusung DOHC 16 katup.

Keduanya sama-sama berteknologi dual VVT-i jadi efisiensi bahan bakar dan power berlangsung secara efektif. Sehingga mobil ini layak disebut LCGC karena, regulasi yang harus dimiliki oleh LCGC adalah memiliki konsumsi bahan bakar 1:20 atau satu liter bahan bakar harus mampu menempuh jarak 20 KM.

Untuk pilihan transmisi, ada dua pilihan yakni manual 5 percepatan maju dan matic 4 percepatan maju. Sementara sistem steering, keduanya sudah dilengkapi Electronic Power Steering di semua tipe.

Kesimpulan dan perbandingan harga

Setelah membandingkan fitur serta spesifikasi kedua mobil ini, kita dapat menyimpulkan bahwa Daihatsu Sigra dipasarkan dibawah level Toyota Calya. Untuk Daihatsu Sigra tipe terendah, hanya dibanderol Rp 106.600.000,- sedangkan untuk Toyota Calya tipe terendah dibanderol Rp 132.450.000,- Meski dibanderol lebih murah, Sigra memiliki desain body lebih stylish. Hal itu dapat dilihat pada list chrome dan mufler.

MPV ini, memang menjadi solusi bagi mereka yang ingin memiliki mobil keluarga namun memiliki budget yang minim. Untuk urusan kualitas tidak bisa dibandingkan dengan MPV lain seperti Avanza, Ertiga, dan Mobilio. Meski sama-sama MPV, Calya dan Sigra memiliki basic sebagai LCGC. Mobil ini pantas dibandingkan dengan Datsun Go+ panca yang sama-sama berbasic LCGC. Apa saja kelebihan serta kekurangan yang dimiliki Calya Sigra ?

Kelebihan Calya Sigra

1. Untuk mobil ukuran LCGC, mobil ini memiliki fitur yang lengkap hampir menyamai non-LCGC.
2. Ruang kabin juga tergolong lega, saat semua kursi terisi, mobil ini masih memiliki ruang bagasi.
3. Keselamatan sangat mumpuni karena sangat jarang LCGC yang dilengkapi berbagai sistem keselamatan.
4. Bahan bakar irit karena mobil ini dapat menempuh lebih dari 20 KM dengan satu liter bahan bakar.
5. Harga terjangkau untuk mobil keluarga yang mampu mengangkut 7 penumpang.
6. Jaringan aftersales yang luas.

Kekurangan Calya Sigra

1. Bahan yang digunakan pada body, tipis sehingga rawan saat terkena tumbukan.
2. Material yang digunakan pada interior memiliki kualitas rendah.
3. Mesin yang terlalu kecil khususnya Sigra D sehingga saat beban tinggi, mobil cenderung sulit berlari.
4. Ukuran velg terlalu kecil untuk ukuran mobil berdimensi layaknya MPV. Sehingga menyulitkan handling kendaraan.
5. Tidak terdapat fitur tilt steering atau pengatur ketinggian steer.