All New Honda Jazz, Hatchback Paling Fenomenal dengan Spek Kelas Atas

Advertisement
Nama Honda bagi mayarakat Indonesia sudah tidak asing lagi. Keberadaannya sudah sejak 1970-an kala itu dengan produk roda duanya. PT. Honda Prospect Motor selaku ATPM mobil Honda di Indonesia memboyong varian terbaru hatchback fenomenalnya. Apalagi kalau bukan all new Honda Jazz. Seperti apa upgrade serta fitur yang ada di dalam mobil ini ? simak terus review ini.

1. Sekilas Tentang Honda Jazz



Setelah sukses dengan varian roda dua, Honda kembali berkarya untuk berinovasi membuat kendaraan roda empat. Salah satunya Honda Jazz. Honda jazz merupakan hatchback pertama yang hadir di Indonesia sejak tahun 2004. Sebagai mobil yang berbentuk lebih kecil dari pada MPV dan lebih besar daripada citycar, mendapatkan respon yang positif dari konsumen Indonesia mengingat saat itu jenis sedan masih sangat digandrungi.

Di tahun 2014, segmen hatchback mulai diisi oleh beberapa produsen otomotif akhirnya honda melakukan upgrade dengan tema All New Jazz. Sampai saat ini, upgrade baik tampilan maupun performa terus dilakukan demi menjaga kepercayaan serta pengalaman berkendara yang fantastis. Berbagai teknologi dan desain stylish terkini sudah dibenamkan pada all new Jazz sebut saja teknologi IVTEC dan CVT. Berkat hal itu, honda jazz mendapatkan predikat mobil terlaris dengan angka penjualan mencapai 5,16 juta unit diseluruh dunia.

Angka diatas tidak bisa lepas dari kaum muda yang menjadi target pasar utama Honda Jazz. Apa yang menyebabkan Honda Jazz begitu fantastis ? apa saja fitur serta spesifikasi yang dimiliki oleh mobil ini ? simak review dan spesifikasi All New Jazz berikut.


2. Tampilan Eksterior Yang Sporty



Berbekal fitur kelas atas beserta desain yang sporty, Honda jazz selalu tampil percaya diri didepan para penggemarnya. Konsep "crossfade monoform exterior" yang telah dipakai sejak generasi pertama Honda Jazz nampak terlihat begitu sporty berkat adanya re-design bumper depan. Untuk generasi ketiga ini, Honda Jazz menggunakan tema "It's Cool, It's You". Yang artinya, kesan cool akan terasa begitu melihat desain All New Jazz. Memang jika anda melihat generasi sebelumnya, akan jelas terlihat perbedaan yang sangat mencolok. Dimensinya mengalami pembesaran menjadi 3.965 x 1.694 x 1.524 mm. Sehingga rasa luas juga akan terasa di dalam kabin.

Glosy black dark chromed plating
Dari depan, terlihat desain grill yang fresh. Dengan tema Glossy black, grill ini semakin menambah kesan sporty pada wajah All New Jazz. Aksen chromed yang berbentuk list pada grill All New Jazz juga menambah kesan mobil ini semakin mewah.

LED Proyektor + LED Position Light

Sementara pada bagian penerangan, All new Jazz RS memiliki sistem penerangan cukup eklusif. Healight pada All New Jazz ini, dibuat lebih sipit dan sudah berteknologi LED yang disertai autoleveling Headlight. Sehingga pencahayaan lebih maksimal dengan daya lebih hemat. Sementara tipe All new Jazz S, menggunakan headlight halogen tanpa LED Proyektor. Sementara untuk foglamp, juga berteknologi LED yang dilengkapi position lamp yang terbingkai ring carbon. Tak heran jika nantinya, All new Jazz akan mengulang keberhasilannya di segmen hatchback.

Tailgate Spoiler With LED High mount stoplamp.
Sedangkan dibagian belakang, desain sporty nan mewah juga akan anda rasakan. All New Jazz menganut desain mobil modern dengan menambahkan High Mount LED Stoplamp yang terletak sangat sporty mengikuti alur lekukan body. Kesan sporty juga akan bertambah berkat adanya aksesoris Tailgate Spoiler.

Green Glass Tint Film
Hal lain yang menjadi daya tarik All New Jazz adalah, kaca film berteknologi Green Glass yang mampu menangkal sinar UV.

3. Tampilan Shophisticated Futuristic Cockpit Interior



Sementara untuk bagian kabin, All New Jazz mengusung tema “Shophisticated Futuristic Cockpit”. Aura kemewahan dan elegan akan sangat terasa jika anda memasuki kokpit All New Jazz ini. Penggunaan bahan dengan material kelas atas, beserta desain dasboard baru bernuansa gelap sangat mencerminkan kemewahan dan elegan.

Audio Steering Switch
Seperti halnya mobil-mobil modern, All New Jazz juga menggunakan fitur Audio Steering Switch. Switch ini, terletak di roda kemudi dengan fungsi utama mengatur volume audio dengan penuh kemudahan.

One Push Ignition
Fitur lain yang tak kalah canggih adalah fitur one push ignition sebagai tombol untuk start engine. Sehingga anda tak perlu memutar kunci kontak untuk menghidupkan mesin.

Touchscreen Head Unit
Untuk sistem entertaiment, All new Jazz sudah mengadopsi Panel LCD Touchscreen dengan lebar 6.1 inchi yang terintegrasi dengan CD player, USB port, Aux-in dan AM/FM Radio. Anda juga dapat memutar Video melalui Panel LCD ini. Namun fitur ini hanya akan anda temukan pada tipe RS. Sedangkan untuk All new Jazz S menggunakan audio standar.

Fitur Eco-Assist

Salah satu hal yang unik dalam All new Jazz ini adalah adanya indikator Eco-assist. Sesuai namanya fitur ini akan menunjukan tingkat ekonomi bahan bakar sesuai perilaku penggunaan. Saat Eco-assist menunjukan indikator hijau, artinya anda sedang berkendara dalam kecepatan ekonomis. Sedangkam jika menunjukan warna merah, artinya anda dalam perilaku penggunaan yang buruk.

Ultra Seat config
Sementara pada kursi atau seat, All New Jazz mengadopsi teknologi Ultra Seat. Apa itu Ultra seat ? Teknologi ini merupakan konfigurasi pelipatan kursi belakang dengan variasi 3 posisi lipatan. Dari mulai dilipat rata, tall mode hingga kursi depan yang dapat direbahkan sebagai tempat tidur.

4. Suspensi dan sistem powertrain

Untuk sistem suspensi dan powertrain, All new Jazz masih menggunakan model lamanya.  Dengan suspensi depan menggunakan Machperson with coil spring dan H-Shape Torsion Beam with Coil Spring untuk suspensi belakang. Saat ini model tersebut merupakan tipe suspensi yang sangat tepat untuk hatchback yang memiliki ruang terbatas. Karena mobil ini tergolong ringan, akubatnya suspensi mampu meredam setiap getaran dengan sangat sempurna.

Front wheel drive
Sementara untuk pemindah daya, Honda Jazz menggunakan FWD (Front wheel drive). Sistem penggerak FWD sangat tepat digunakan pada mobil kecil menengah seperti Honda Jazz. Karena selain distribusi tenaga yang efektif, getaran yang dihasilkan juga tergolong ringan.

Electronic assited power steering
Tak ketinggalan pula untuk sistem steering dari All new Jazz, menggunakan tipe Rack and Pinion yang didukung oleh Electric Power Steering (EPS). Teknologi ini, akan mengurangi beban mesin karena tidak memutar pompa power steering. Dan beban pengendalian juga dapat bervariasi sehingga keamanan dapat maksimal.

Beberapa sistem tambahan lain yang tak kalah penting pada All New Jazz all type adalah


  • ABS + EBD
  • G-CON+ACE Body
  • Side Impact Beam
  • Pedestrian Protection
  • Dual SRS Air Bag
  • Smart Key + immobilizer
  • Pretensioner with load Limiter Seatbelt
  • ISOFix Child Seat


5. Spesifikasi 1.5L SOHC 16 Valve Petrol Engine



Setelah mengupas tuntas teknologi, fitur dan spesifikasi baik luar dan dalam All New Jazz, saatnya kita membedah spesifikasi dapur pacu. Mesin All New Jazz berkapasitas 1.500 cc dengan konfigurasi SOHC 16 Valve dan dilengkapi teknologi IVTEC dan DBW (drive by wire). Hasilnya, mesin ini mampu mengeluarkan output sebesar 120 PS pada putaran 6.000 RPM dan torsi sebesar 145 Nm pada putaran 4.800 RPM.


Sementara untuk pilihan transmisi, terdapat dua varian. Yaitu manual 5 speed, dan matic 5 speed CVT. Khusus untuk tipe CVT, sudah dijejali dengan "Earth Dream Technology" yang menghasilkan perpindahan gigi yang halus dan mengantarkan performa mesin secara maksimal.

6. Harga All New Jazz

Dari semua fitur yang ditawarkan oleh All new Jazz, saatnya kita membahas harga satu unit All New Jazz. Hal yang menarik adalah harga All New Jazz dibanderol tidak terlalu tinggi untuk Hatchback dengan seabrek fitur dan teknologi. Dilansir honda-indonesia.com Dari ke 5 tipe yang dipasarkan All New Jazz dibanderol dari mulai Rp 228.000.000,- untuk tipe S Manual. Sedangkan untuk tipe RS CVT spesial edition, dibanderol hingga Rp 269.300.000,-





  • Harga bersumber dari website resmi Pt. HPM
  • Harga ditiap dealer berbeda
  • Harga dapat berubah tanpa pemberitahuan
  • Harga belum termasuk biaya lain