Spesifikasi Gahar Chevy Trax, dengan keselamatan kelas atas

Advertisement
GMI akhirnya menambah line-up produknya di Indonesia melalui Chevrolet Trax. Lantas, apakah mobil ini mampu mengaspsl mulus di Indonesia dan mengangkat nama GM di Indonesia ?


Seperti yang anda ketahui, saat ini SUV bukan lagi kendaraan yang fungsinya hanya untuk menerjang jalan-jalan terjang. Banyak SUV yang mengaspal di jalanan halus khas kota. Memang SUV bukan lagi dipasarkan melalui kondisi namun sudah menjadi tren. Melihat baiknya arah tren SUV di Indonesia dimanfaatkan oleh beberapa produsen otomotif dunia untuk menghadirkan SUV dengan mobilitas tinggi. Salah satunya adalah General Motors melalui GMI selaku ATMP General Motors di Indonesia, meluncurkan varian compact SUV. Apakah mobil ini mampu bersaing dengan Honda HR-V, Nissan Juke, Mitshubishi Outlander dan kompetitor lainya

1. Sekilas tentang Chevy Trax

Chevrolet Trax merupakan mobil dengan segmen compact SUV dengan tujuan mobilitas yang tinggi. Mobil asal Amerika ini diperkenalkan sejak tahun 2015 melalui ajang GIIAS. Sesuai tema yang diusung “Unlock the city”, Trax menyasar pada kalangan muda yang ingin tampil sporty namun memiliki mobilitas yang tinggi.

Dibandingkan dengan Captiva yang mengaspal lebih dulu di Indonesia, Trax dibanderol lebih terjangkau. Walaupun demikian, bukan berarti fitur yang ada didalam mobil ini jelek. Chevy trax sudah mengadopsi teknologi turbocharger pada mesin bensinya. Ditambah pula dengan sistem keselamatan standar global, menyebabkan mobil ini memiliki sistem keselamatan yang sangat mumpuni.

Desain yang terkesan minimalis dan terlihat elegan sangat cocok untuk anda yang tidak suka ribet dalam berbagai hal. DNA crossover yang melekat pada mobil ini, menyiratkan kesan gagah dan tangguh pada tampilan chevy trax. SUV dengan dimensi mini ini, dibuat dari platform Aveo sehingga banyak yang mengatakan ada kemiripan diantara keduanya. Di Indonesia, Trax dipasarkan dengan dua varian yaitu tipe LT sebagai tipe terendah dan LTZ sebagai tipe tertinggi. Apa saja spesifikasi serta harga chevy Trax LT dan LTZ? Simak Review berikut .

2. Tampilan Eksterior simpel namun elegan

Tampil dengan dimensi 4.248 x 2.035 x 1.647 mm dan bobot seberat 1.334 KG, membuat chevy trax begitu mungil dibandingkan para kompetitornya. Sementara untuk desain eksterior sendiri, bisa dibilang tidak ada yang spesial dari chevy trax ini. Memang chevrolet trax dibuat dengan fungsi utama menghadirkan pengalaman berkendara yang dibalut kenyamanan serta keselamatan kelas tinggi. Hal ini bisa dilihat dari desain headlight berdimensi besar mirip Captiva lawas. Dimana para kompetitornya sudah menggunakan LED beserta Proyektor, Chevrolet Trax masih menggunakan halogen dan DRL bulb standar. Hal ini dikarenakan Trax yang dipasarkan saat ini masuk dalam produk tahun 2013. Sedangkan untuk versi Facelift kabarnya baru akan muncul di tahun depan.


Chromed dual grill
Salah satu desain yang membuat tampilan chevy trax terkesan mewah adalah dengan adanya dual front grill yang dibuat dengan aksen chrome. Sesuai dengan ciri khas chevrolet, penggunaan dua grill yang terdapat logo Chevy di tengah membuat tampilan elegan mobil ini makin keluar.

Ergonomis back design
Sementara di bagian belakang, desain ergonomis yang menyesuaikan alur desain body keseluruhan juga disematkan pada chevrolet Trax. Desain yang menjorok ke belakang ini kian menambah kesan sporty pada bagian belakang. Desain ergonomis sangat umum digunakan pada hatchback dan mini SUV layaknya Trax.

Mirrror with turn signal and power adjuster
Pada bagian samping, anda akan melihat adanya side mirror yang sudah dilengkapi dengan elektrik power adjuster. Sehingga untuk menyesuaikan posisi spion, cukup menekan 4 tombol yang akan menggerakan spion 8 arah. Selain itu di bagian luar spion juga disematkan turn signal yang akan memberi tanda kepada pengguna lain yang berada di depan.

Roof rail and Panoramic roof
Sementara bagian atas anda akan menemui adanya roof rail. Roof rail merupakan komponen untuk memberi pengamanan saat anda membawa barang yang diletakan di atas mobil. Keberadaan roof rail sangat diperlukan khususnya saat bepergian bersama keluarga atau mudik. Selain itu untuk tipe LTZ sudah dibekali panoramic roof yang memungkinkan anda untuk menikmati pemandangan dia atas mobil. Elektrik power juga disematkan agar anda langsung bisa menikmati udara luar melalui atap kendaraan yang terbuka.

3. Tampilan Interior Mewah Berkelas


Untuk tampilan Interior mobil ini patut untuk diacungi jempol mengapa ? karena desain serta fitur yang ada pada Interior Chevy Trax begitu mewah dan memanjakan. Penggunaan bahan berkualitas tinggi membuat kewewahan yang dibalut kenyamanan akan terwujud. Selain itu pewarnaan interior Chevy trax yang dominan hitam membuat tampilannya begitu elegan. Ditambah peletakan tombol serta navigasi yang tepat membuatnya makin user friendly.

LCD 7” Touchscreen Head Unit
Dari head unit, anda akan dimanjakan dengan adanya panel LCD berlayar sentuh dengan lebar 7 inchi yang sudah dilengkapi dengan konektifitas Bluetooth, CD Player, iPOD Connectivity, dan USB Aux-In. Head unit ini akan mengatur sistem navigasi serta entertaiment di dalam mobil ini.

Split 60/40 rear seat
Bagian kabin chevrolet yang dapat menampung sebanya 5 orang juga sangat lega. Ditambah pula dengan kursi belakang yang dapat dilipat rata dengan konfigurasi split 60/40 sehingga dapat menambah volume bagasi mencapai 1.370 liter.

DC 12 V and AC 230 V Ready
Mobil ini juga telah tersedia socket 12 Volt dan AC Max 230 Volt. Sehingga anda dapat menggunakan berbagai peralatan elektronik seperti mencharge laptop saat anda berkendara di dalam mobil.

SIRI Eyes Free Command
Hal lain yang akan memanjakan anda adalah hadirnya teknologi bernama SIRI Eyes Free Command. Teknologi ini akan memungkinkan anda untuk mengaktifkan fitur serta perintah melalui pesan suara mirip OK google. Namun teknologi ini hanya hadir pada tipe tertinggi chevy Trax LTZ.

Rear Vision Camera
Hal lain yang begitu ciamik adalah adanya rear vission camera yang akan membantu anda saat memundurkan kendaraan. Hal ini terbilang cukup baik karena jarang mobil yang melengkapi camera belakang pada mobil tersebut. Namun sekali lagi fitur ini juga hanya tersedia pada tipe LTZ.

Streering Cruise control
Mobil ini juga memiliki akses kemudahan terhadap fitur dan sistem entertaiment melalui adanya steering cruise control and audio control. Anda dapat mengatur volume audio dan menerima panggilan telepon hanya melalui sentuhan tombol di roda kemudi.

Beberapa fitur interior lain adalah
  • Sunglass holder (LTZ)
  • Cup holder each rows
  • Hidden rear cargo
  • Map Lamp (LTZ)
  • Courtesy Lamp
  • Rear Storage
  • Multi info Display (LTZ)


4. Sistem keamanan global

Seperti dikatakan sebelumnya, chevy trax merupakan mobil SUV yang menganut sistem keselamatan berstandar global. Hal ini selaku GM sebagai produsen sangat mengutamakan keselamatan pengguna. Sehingga mobil-mobil Chevrolet bisa dikatakan memiliki sistem keselamatan yang mumpuni. Apa saja sistem keselamatan tersebut ?
  • Dual Airbags
  • Side Airbags
  • Curtain Airbags
  • ISO-fix Child Seat
  • 5 seat belt
  • ABS+ BA+PBA
  • Hill Descent Assist (LTZ)


5. 1.4 L Ecotech Turbocharged Petrol Engine

Setelah membahas semua fitur yang tersemat pada Chevrolet trax, saatnya kita membedah dapur pacu si mungil ini. Chevy Trax mengadopsi mesin yang digunakan pada Aveo namun kali ini, Trax melakukan upgrade dengan menambahkan komponen Turbocharger dan Intercoler. Apa pengaruhnya terhadap power output ? simak data teknis berikut


Dilengkapi dengan technologi Multipoint electric fuel injection dengan label Ecotech, Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal mencapai 140 PS pada putaran 4900-6000 RPM. Sedangkan untuk torsi, mesin ini mampu mengeluarkan torsi sebesar 200 KgM di putaran 1850-4900 RPM.

Beban mesin juga dapat berkurang karena tidak dibebani oleh pompa power steering. Hal itu karena chevrolet trax sudah mengadopsi electronic assisted Power Steering. Sementara untuk pilihan transmisi baik untuk tipe LT atau LTZ, hanya tersedia satu varian saja yaitu 6-speed automatic tiptronic. Transmisi ini dipadukan dengan sistem penggerak FWD yang membuat distribusi tenaga lebih efektif.

6. Harga Untuk Menebus Chevy Trax

Inilah saat yang paling ditunggu karena membahas soal budget yang diperlukan untuk membawa pulang satu unit Chevrolet Trax. Dilansir dari chevrolet.co.id Chevrolet Trax dibanderol dari Rp 272.000.000,- harga ini tentu berbeda disetiap dealer.

  • Harga OTR DKI bulan Desember 2016
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan
  • Harga belum termasuk diskon, PPN, atau biaya lain