Review Daihatsu Sigra, LCGC 7 Penumpang Harga Terjangkau

Advertisement
Setelah sukses memasarkan produk LCGC tujuh penumpang dengan nama Toyota Calya di Indonesia, Astra nampaknya, melengkapi lini LCGC tersebut dengan menghadirkan Daihatsu Sigra. Saudara kembar Calya ini, nampaknya dibanderol lebih terjangkau, lantas bagaimana fitur serta spesifikasi pada mesin Daihatsu Sigra ? Simak fitur dan spesifikasi Daihatsu Sigra berikut.

1. Sekilas tentang Daihatsu Sigra



Belum lama LCGC tujuh penumpang dari Toyota bertajuk Calya mengaspal di Indonesia, Astra kembali menggebrak pasar otomotif tanah air dengan menghadirkan LCGC tujuh penumpang serupa bertajuk Daihatsu Sigra. Mobil ini, dirilis pada ajang pameran otomotif tahunan GIIAS pada bulan Agustus 2016. Hal ini memang sering dilakukan oleh astra dengan menghadirkan twin product dari dua merk yang berbeda. Lihat saja Avanza dan Xenia, Rush dan Terios serta Ayla dan Agya. Tujuanya tidak lain adalah untuk menggapai konsumen dari berbagai kalangan.

Sebagai twin produtc, Daihatsu Sigra memiliki desain serta spesifikasi yang mirip dengan Toyota Calya hanya berbeda pada logo emblem saja. Namun ada beberapa fitur pada Toyota Calya yang tidak disertakan pada Sigra. Hal tersebut menyebabkan harga Daihatsu Sigra lebih terjangkau. Sehingga mobil ini dikhususkan untuk kalangan menengah kebawah yang ingin memiliki mobil murah berpenumpang tujuh orang. Walaupun memiliki harga yang terjangkau, bukan berarti Daihatsu Sigra merupakan mobil murahan. Lihat saja desain bodynya, sangat menunjukan kesan stylish dan kekinian. Harga murah pada Daihatsu Sigra diperoleh karena material pembuatan 80% berasal dari dalam negeri.

Kehadiran Daihatsu Sigra kian meramaikan pasar otomotif tanah air di segmen LCGC. Mobil ini digadang-gadang akan menjadi pesaing Datsun GO+ yang sudah mengaspal lebih dulu di Indonesia. Ada empat Varian Daihatsu Sigra yang dipasarkan di Indonesia. Yaitu, Tipe D, Tipe M, Tipe X, dan Tipe R. Masing-masing tipe memiliki fitur serta harga yang bervariasi. Sementara untuk transmisi, terdapat dua pilihan. Matic dan Manual. Sedangkan untuk pilihan Mesin, ada dua varian. Yaitu mesin bensin berkapasitas 1.0L dan 1.2L. Seperti apa fitur di tiap varian Daihatsu Sigra serta bagaimana spesifikasi mesinya ? Simak review dibawah.


2. Tampilan Eksterior "Keen Look"


Jika kita lihat tampilan eksterior pada Daihatsu Sigra, memang aura Toyota Calya sangat terasa. Hal ini memang karena keduanya berbagi platform sehingga terlihat begitu mirip. Tampilan “Keen Look” yang diusung Toyota Calya, masih terlihat pada eksterior sigra namun dengan nada yang lebih elegan. Namun jika kita jeli, ada sedikit perbedaan pada tampilan depan Sigra. Tampilan ini membuat Daihatsu Sigra terkesan modern dan stylish.

Trapezoidal Grill
Dari depan akan terlihat Grill dengan motif Trapezoidal yang dirancang modern. Motif ini, mengingatkan pada mobil-mobil SUV keluaran Korea Selatan. Kesan modern juga akan lebih terasa berkat adanya aksen garnish chrome pada fog lamp Sigra. Baik sigra atau calya memiliki desain foglamp yang berbeda. Jika calya menggunakan aksen chrome vertikal, Sigra menggunakan desain chrome horizontal. Sementara untuk lampu utama, keduanya memiliki desain sama yang terlihat stylish dengan bentuk mengikuti alur lekukan body.

Dimensi Besar
Daihatsu sigra memiliki panjang mencapai empat meter. Sehingga keluasan kabin akan sangat terasa. LCGC ini memiliki panjang total 4.070 mm, dengan lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Artinya bila dibandingkan dengan Daihatsu Xenia, Sigra hanya sedikit lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih pendek 95 mm. Sebagai LCGC, dimansi ini sudah tergolong besar. Dengan ground clearence180 mm, mobil ini mampu menerjang jalanan pedesaan.

Stop Lamp Sporty Berbentuk “L” Terbalik
Sementara di bagian belakang mobil ini, terpampang desain yang tidak kalah stylish. Stop lamp berbentuk “L” dengan reflektor horizontal, kian menambah cita rasa sporty pada mobil ini. Logo-logo seperti Logo Daihatsu, logo Sigra , dan logo Dual-VVTi akan terlihat jelas dibagian belakang mobil ini.

3. Tampilan Interior Mewah Dan Elegan


Beralih ke tampilan interior Daihatsu Sigra. Saat anda memasuki kabin Daihatsu Sigra, kesan mewah dan elegan akan anda rasakan. Walaupun mobil ini merupakan pengembangan dari LCGC sebelumnya yang betajuk Ayla/Agya, jelas sekali desain interior sangat berbeda dengan Ayla/Agya. Dari ruang yang lapang hingga peletakan tombol yang begitu user friendly, akan anda temui pada mobil ini.

Volume Ruang yang luas
Dengan panjang melebihi empat meter, volume ruang didalam kabin juga bisa dibilang cukup mumpuni. Pasalnya, mobil ini memiliki tiga baris kursi yang bisa diduduki hingga 7 orang penumpang. Sementara itu, volume tampung pada bagasi mobil ini dikalim mencapai 263 liter, atau jika dibandingkan dapat menampung galoon air hingga berukuran 19 Liter. Sementara itu bangku pengemudi dibuat menyatu dengan head rest. Sehingga volume ruang kepala akan semakin longgar. Tentu hal ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan saat berkendara.

Dasboard Yang Elegan beserta MID User friendly
Dari dasboard, akan terlihat roda kemudi yang serupa dengan roda kemudi Great New Xenia. Memang dalam line-up Daihatsu, Sigra terletak ditengah-tengah ayla dan Xenia. Untuk posisi tuas transmisi mengingatkan kita pada Daihatsu Luxio. Peletakan tuas transmisi pada dasboard, dapat menambah volume ruang. Mengingat center console juga ditiadakan sehingga ruang di samping pengemudi khususnya akan semakin lega.

Sementara di bangku baris dua, terdapat fungsi pengatur ketinggian head rest. Sehingga dapat menyesuaikan kondisi penumpang. Fitur lain yaitu sistem audio 2DIN sudah tersemat pada interior Sigra. Di bagian tengah dasboard juga terlihat panel-panel pengatur AC dan layar Multi Information display (MID) pada panel IP. Untuk sistem pengaman sendiri, Daihatsu sudah melengkapinya dengan menambahkan dual air bag pada interior sigra. Namun air bag ini hanya terdapat pada tipe X dan R.

4. Spesifikasi Mesin

Sementara untuk mesin, bisa dibilang Daihatsu sigra telah menggunakan mesin berteknologi tinggi. Terbukti dengan adanya teknologi dual VVTi dan EFi yang tersemat dalam dapur pacunya. Hasilnya, bahan bakar lebih ekonomis serta power besar akan dirasakan pengguna. Ada dua varian mesin Daihatsu Sigra yaitu mesin 1.0L 3 silinder dan 1.2L 4 silinder.


1.0L DOHC in-3 Petrol Engine
Varian pertama adalah mesin tiga silinder berkapasitas total 1.000 cc, dengan konfigurasi katup DOHC 12 Valve. Hasilnya mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 67 HP pada 6.000 RPM serta torsi sebesar 89 Nm pada putaran 3.600 RPM. Tenaga mesin ini sedikit lebih kecil bila dibandingkan Datsun GO+ Panca 1.2 L. Namun efisiensi pasti lebih terjamin karena mengadopsi displacement yang lebih kecil serta berteknologi VVT-i. Mesin ini digunakan pada Daihatsu Sigra tipe M dan D.

1.2L DOHC in-4 Petrol Engine
Untuk varian mesin yang kedua, memiliki kapasitas yang lebih besar yaitu 1.200 cc. Mesin ini juga sudah berteknologi DOHC 16 Valve Dual VVT-i dengan distribusi bahan bakar EFI, menghasilkan performa mesin yang gahar denga efisiensi tinggi. Mesin ini mampu mengeluarkan daya sebesar 88 HP pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 108 Nm pada 4.200 RPM. Jika dibandingkan Datsun GO-Family dengan kapasitas mesin sama, Daihatsu Sigra jelas jauh mengungguli GO-Family.

Mesin ini memiliki rasio kompresi 10,5:1 sehingga sangat tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan RON dibawah 90. Sebab akan berpengaruh pada daya mesin dan dalam jangka panjang, juga akan berpengaruh pada kesehatan mesin. Sehingga pastikan selalu menyuplai bahan bakar dengan RON diatas 90 (pertalite or higher).

Daya mobil ini juga akan tersasa maksimal berkat pilihan transmisi manual 5 percepatan dan automatic 4 percepatan. Untuk varian automatic hanya tersedia pada Daihatsu Sigra tipe X dan R. Sementara itu, daya output juga lebih efisien berkat penggunaan sistem penggerak FWD. Pengendalian akan lebih sempurna berkat kehadiran Electric Power Steering yang akan meringankan beban pengemudian.

5. Harga Daihatsu Sigra LCGC

Dilansir dari daihatsu.co.id terdapat 10 macam variasi harga dari yang termurah dibanderol Rp 106.600.00,- untuk tipe 1.0 D M/T dan yang paling tinggi mencapai Rp 147.350.000,- untuk varian 1.2 R A/T Deluxe.

Note;
  • Harga termasuk PKB dan BBN-KB
  • Harga OTR DKI Jakarta
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan