Kelebihan Dan Kekurangan All New Toyota Calya

Advertisement
Kelebihan dan kekurangan calya - Toyota nampaknya ingin lebih dalam mencengkram kukunya di pasar otomotif tanah air. Setelah sebelumnya sukses dengan Avanza di kelas Low MPV dan Agya dikelas LCGC, Toyota kembali menghadirkan varian MPV berbasis LCGC terbarunya, Toyota Calya. Mobil ini digadang-gadang akan melawan Datsun yang mulai mengusai pasar LCGC. Lantas bagaimana penampakan serta spesifikasi Toyota Calya?

Spesifikasi Teknis All New Calya

Fitur Eksterior
Fitur Tipe E Tipe G
Dimensi (pxlxt mm) 4070 x 1655 x 1600 4070 x 1655 x 1600
Fog Lamp Yes Yes
Rear Combination Lamp Yes Yes
Wheel Base 2.525 mm 2.525 mm
Ground Clearence 180 mm 180 mm
Berat Kosong 975 Kg 1000 Kg
Velg 14" two tone 14" two tone
Fitur Interior
Fitur Tipe E Tipe G
Dasboard Coloring Multilayer Single color
Multi Info Display Combination Meter Combination Meter
Armrest Seat Yes Yes
Power Charging Station Yes Yes
Spesifikasi Mesin
Kategori Tipe E/G
Engine Type 3NR
Displacement 1,197 cc
Bore x Stroke 72,5 x 72,5 mm
Power/RPM 88 PS/6.000 RPM
Torque/RPM 11 KgM/4.200 RPM
Number of Valve DOHC 16 Valve
Valve Timing Advance Dual VVT-i
Fuel tank Capacity 36 Litre
Harga All New Calya
Tipe Harga
Tipe E M/T Rp .132.450.000,-
Tipe E A/T Rp .145.450.000,-
Tipe G M/T Rp .138.000.000,-
Tipe G A/T Rp .150.000.000,-
Note ;

  • Spesifikasi diatas bersumber dari toyota.astra.co.id
  • Harga OTR DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan


Jika dilihat sekilas, akan tampak layaknya Toyota Agya. Hal ini dikarenakan basic Toyota Calya berasal dari Agya yang lebih dulu terjun dipasar Indonesia. Seperti halnya Agya, Toyota Calya juga memiliki twin product dari Daihatsu, berlabel Daihatsu Sigra. Dari segi tampilan, keduanya memiliki kemiripan hampir 100% namun dalam performa keduanya beda jauh. Jika sebelumnya kita membahas review Daihatsu Sigra, kali ini kita akan membahas all about Calya.


Tampilan eksterior keen look khas Toyota

Dari depan, kita akan melihat tampilan khas Toyota yaitu "ken look". Tampilan ini banyak diaplikasikan pada mobil-mobil Toyota contohnya Avanza, Agya, dan Calya. Hal itu dapat dilihat dari desain lampu kepala yang meruncing seperti Avanza. Sementara pada grill, Calya mengusung grill besar berbentuk trapesium bermotif strip horizontal mirip pada Grand New Avanza. Model grill ini, dapat memaksimalkan radiator dalam menjalankan fungsinya. Sementara pada tipe G terdapat aksen chrome diatas grill yang membuatnya makin terlihat mewah.

Seolah menjadi versi lanjutan dari Agya, lambang burung garuda sebagai emblem yang identik dengan Agya pun tidak dihilangkan dan menghiasi bagian tengah grill Calya. Untuk bagian headlamp, Calya masih mengusung model Halogen seperti pada model sebelumnya, Toyota Agya. Untuk mobil kelas LCGC model ini memang tidak terlalu buruk karena halogen terbukti mampu memberi penerangan dengan intensitas yang cukup baik.


Untuk body secara keseluruhan, Toyota Calya memiliki kemiripan dengan Agya namun dengan penambahan sedikit volume pada bagian belakang. Sementara pada bagian belakang, akan terasa aura All New Kijang Innova. Pasalnya, stoplamp atau tail lamp Calya, didesain mirip dengan stoplamp yang terdapat pada All New Kijang Innova.

Sementara pada ban, jika pada Agya mengusung velg rim 13 inchi, pada Calya terdapat pembesaran velg menjadi R14. Namun jika dibandingkan MPV pada umumnya, ukuran velg ini terbilang kecil. Secara keseluruhan, model Calya mengadopsi beberapa tampilan yang terdapat pada MPV toyota lainya. Sehingga Toyota Agya mengisi line-up MPV Toyota di Indonesia dengan harga paling terjangkau dibawah Avanza.

Interior Simple dengan desain Multilayer

Interior Calya didesain dengan gaya minimalis namun masih memiliki aura kemewahan. Untuk Toyota Calya tipe G anda akan menemui kombinasi pewarnaan dasboard Multilayer yang akan memadukan beberapa warna untuk menciptakan kesan kemewahan pada interior. Sementara itu, walaupun berdimensi kecil, Toyota Calya memiliki ruang kabin yang cukup lapang. Hal itu dikarenakan Calya tidak memiliki center console sementara tuas Transmisi terletak menyatu dengan Dasboard.

Hal lain yang unik pada Calya adalah adanya fitur Armrest pada kursi baris kedua layaknya kursi Alphard. Fitur ini dapat anda gunakan untuk menyandarkan tangan anda ketika duduk. Sehingga walaupun terbilang mobil murah, interior Calya juga memiliki kesan mewah. Fitur lain seperti power charging dan elektrik mirrors adjusment sudah tersedia di dalam interior Calya.

Untuk urusan kenyamanan, Toyota Calya tidak bisa dibilang buruk. Pasalnya Mobil ini memiliki fitur AC double blower dengan recilculator yang mampu mendistribusikan udara segar sampai baris ketiga dan menjaga suhu kabin tetap stabil. Selain itu, untuk urusan hiburan Toyota Calya mengusung Head Unit yang mendukung fitur Aux in, USB dan Radio. Sementara pada sound system terdapat sedikit perbedaan. Pada tipe E hanya mengandalkan 2 speaker saja, namun pada tipe G sudah mengusung 4 speaker. Di sisi lain, pengemudi juga akan dimanjakan berkat MID digital yang mampu menampilkan berbagai data pengendaraan secara real time.

Fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap

Untuk urusan keselamatan sendiri, menjadi perhatian utama Toyota pada line-up produknya. Tak heran untuk mobil sekelas LCGC pun memiliki fitur keselamatan yang lengkap. Contohnya, Calya memiliki dual Airbag yang siap mengembang saat terjadi kecelakaan. Sehingga cedera serius pada pengemudi dan penumpang akan terhindar berkat adanya fitur ini. Ada pula fitur ISOFIX sebagai pengaman kursi bayi di jok tengah.

Tak hanya itu, Toyota Calya sudah didukung 3 point seat belt yang akan lebih mengamankan pengguna saat terjadi pengereman mendadak. Sementara untuk bagian pengereman, terdapat fitur ABS yang akan mencegah roda selip ketika berada pada jalan yang licin. Namun fitur ini baru tersedia pada Toyota Calya tipe G. Sementara untuk keamanan, tak lupa pula mobil ini dilengkapi kunci dengan sistem immobilizer. Sehingga anda merasa aman ketika memparkirkan kendaraan diluar.

Mesin 1.2L DOHC Dual VVT-i yang tangguh

Pada bagian dapur pacu, Toyota Calya tidak lagi menggunakan mesin 1000 cc tiga silinder yang dipakai pada Agya dan kembaranya Daihatsu Sigra. Ternyata mesin bertipe 3NR tersebut merupakan jantung pacu yang digunakan pada Etios Valco dengan kapasitas 1.197 cc atau dibulatkan 1.2L 4 silinder. Dengan konfigurasi DOHC 16 katup serta didukung teknologi Dual VVT-i, mesin ini dapat mengeluarkan daya yang besar serta dapat menekan angka pemakaian bahan bakar.

Mesin ini mampu mengeluarkan daya sebesar 88 PS dan torsi mencapai 11 KgM. Untuk pemakaian bahan bakar, mobil ini terbukti irit dan layak menyandang LCGC yang memiliki regulasi pemakaian bahan bakar 1:20 atau satu liter harus dapat menempuh jarak 20 KM pada jalan bebas hambatan. Sementara pada transmisi, kedua tipe baik E atau G memiliki dua varian transmisi. Yaitu manual 5 percelatan dan otomatis 4 percepatan.

Kesimpulan

Untuk mengakhiri pembahasan seperti biasa kita akan merangkum semua review yang dijabarkan diatas. Dari segi performa, mobil ini menyandang gelar LCGC. Namun dalam segi bentuk, mobil ini adalah MPV. Sehingga Calya merupakan MPV 7 penumpang dengan fitur serta performa khas LCGC. Mobil ini cocok untuk anda yang ingin memiliki mobil keluarga dengan budget yang minim. Jika dubandingkan dengan Avanza, Ertiga, atau Mobilio jelas kalah. Namun jika dibandingkan Brio, Datsun Go+, dan Karimun mobil ini juara.

Kelebihan Toyota Calya

1. Untuk ukuran LCGC, mobil ini memiliki volume kabin yang terbilang lega.

2. Bagasi juga luas karena dapat menampung 3 buah galon ditambah tas kecil.

3. Fitur juga lengkap untuk ukuran mobil dengan harga 150 juta kebawah.

4. Harga Lebih Terjangkau untuk sebuah MPV.

5. Praktis. Karena mobil ini memiliki fitur one touch tumble serta sliding pada kursi tengah.

6. Fitur keamanan dan keselamatan lengkap.

Kekurangan Toyota Calya

1. BBM harus minimal RON 92 atau Pertamax.

2. Posisi duduk kurang nyaman.

3. Bahan pada dasboard dan interior kualitas rendah. Sehingga, jangan heran jika nantinya ada getaran kecil didasboard saat mobil berjalan.

4. Mesin terlalu kecil untuk ukuran MPV.
5. Ban juga terlalu kecil sehingga kenyamanan akan sedikit terganggu.

6. Material body yang tipis.

7. Belum dilengkapi corner sensor.

Itulah sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan toyota calya. Semoga dapat membantu dalam memutuskan pemilihan mobil.