Kelebihan dan Kekurangan Grand New Avanza 2017

Advertisement
Kelebihan Dan Kekurangan Grand New Avanza - Grand New Avanza, merupakan generasi ketiga Toyota Avanza di Indonesia. seperti apa penampakan serta spesifikasinya ? simak Spesifikasi Grand New Avanza Berikut ;


Fitur Eksterior
Fitur Tipe E Tipe G
Dimensi (pxlxt mm) 4.190x1.660x1.695 4.190x1.660x1.695
Fog Lamp Yes Yes
stop lamp with lens garnish No Yes
Wheel Base 2.655 mm 2.655 mm
Ground Clearence 200 mm 200 mm
Berat Kosong 1.085 Kg 1.085 Kg
side moulding No Yes
Smoothing Panel No Yes
Spesifikasi Chasis
Kategori Tipe ETipe G
Transmisi M/T 5 speed, A/T 4 speed M/T 5 speed, A/T 4 speed
Suspensi Depan Machperson Strut Combination Meter
Suspensi Belakang 4-Link rod Lateral with Coil spring 4-Link rod Lateral with Coil spring
Rem depan Disc Brake Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake Drum Brake
Steering EPS EPS
Spesifikasi Mesin
Kategori Tipe 1.3L Tipe 1.5L
Displacement 1,329 cc 1,496 cc
Fuel System EFI EFI
Fuel Type Gasoline Gasoline
Power/RPM 96,5 PS/6.000 RPM 104 PS/6.000 RPM
Torque/RPM 12,3 KgM/4.200 RPM 13,9 KgM/4.200 RPM
Number of Valve DOHC 16 Valve DOHC 16 Valve
Valve Timing Advance Dual VVT-i Dual VVT-i
Fuel tank Capacity 45 Litre 45 Litre
Harga Grand New Avanza
Tipe Harga
Tipe E 1.3 M/T Rp .185.700.000,-
Tipe E 1.3 A/T Rp .196.900.000,-
Tipe G 1.3 M/T Rp .203.800.000,-
Tipe G 1.3 A/T Rp .214.500.000,-
Tipe G 1.5 M/T Rp .216.100.000,-
Tipe G 1.3 M/T Basic Rp .198.500.000,-
Veloz 1.3 A/T Rp .221.100.000,-
Veloz 1.5 A/T Rp .232.000.000,-
Veloz 1.3 M/T Rp .209.300.000,-
Veloz 1.5 M/T Rp .220.200.000,-


Sebagai orang Indonesia pasti tidak asing lagi dengan mobil satu ini. Mobil ini dapat kita temui dari jalan perkotaan hingga pelosok desa. Kepopulerannya, membuat Toyota Avanza menjadi MPV paling laris di Indonesia. Nama besar Astra serta pemasaran yang luas menjadi kunci utama mobil ini menjadi yang terbaik dari MPV lain.

Spesifikasi-Grand-New-Avanza

Avanza memiliki label “mobil sejuta umat” karena sejak pertama kali diperkenalkan, mobil ini sudah menjadi primadona di kelas mobil 7 penumpang dengan tampilan yang sporty. Namun tahun-tahun belakangan, dominasi Avanza mulai luntur karena banya kompetitor yang meluncurkan varian MPV diantaranya, Ertiga, Mobilio, dan Spin. Untuk itu TAM selaku ATPM Toyota di Indonesia pada Agustus 2015 resmi meluncurkan generasi ketiga Avanza dengan label “Grand New Avanza”.

Berbeda dengan versi sebelumnya, jika versi sebelumnya ada varian Avanza veloz sebagai versi tertinggi Toyota Avanza, untuk generasi terbaru ini, Veloz bukan lagi varian Avanza namun sudah berdiri sendiri dengan nama “Grand New Veloz”. Untuk mengenali lebih jauh tentang fitur serta spesifikasi yang tersemat pada Grand New Avanza dan Veloz. Silahkan baca review berikut

1. Tampilan Eksterior Grand New Avanza


Kesan “Grand” dan “New” akan sangat terasa di bagian eksterior Avanza. Dari depan anda akan disuguhkan penampilan baru yang membuat mobil ini tampil lebih garang dari versi sebelumnya. sementara dibagian samping, tidak ada perubahan signifikan yang dilakukan Toyota namun disisi belakang, anda akan melihat desain baru khusunya di bagian stoplamp.

Desain Headlamp Trapesium dengan Grill super gagah
Seperti yang di jelaskan di awal, kesan gagah akan sangat terasa di bagian depan mobil ini. Hal itu berkat desain headlamp yang sebelumnya berbentuk bumerang, kali ini mengusung headlamp berbentuk trapesium yang menyatu dengan grill besar berbentuk trapesiumyang membuatnya sangat ciamik.

Sementara “grand new veloz” memiliki tampilan depan yang lebih menawan berkat penambahan lampu proyektor yang juga membuat pencahayaan mobil ini makin sempurna.

Tambahan side moulding
Sementara untuk bagian samping ada sedikit perubahan. Meski struktur dan bentuk  body sama seperti versi sebelumnya, ada penambahan aksen body moulding yang terletak di bagian pintu samping. Fitur ini minimal memberi nuansa baru pada generasi ketiga Avanza ini.

Tampilan stoplamp dan lampu spoiler baru
Di sisi belakang, mobil anda akan menemui desain stoplamp yang memiliki kemiripan dengan versi sebelumnya namun mendapatkan tambahan hingga menyatu dengan list pintu bagasi.sementara di bagian spoiler, juga ada perubahan pada bagian lampu rem yang dibuat lebih panjang. Sehingga nampak lebih jelas untuk memberi sinyal pengereman bagi pengguna dibelakang.


Baca Juga :

2. Tampilan Interior dan Kenyamanan Grand New Avanza


Beralih ke bagian kabin mobil ini. Melihat kabin grand new avanza, aura avanza lawas masih terasa. Hal itu karena toyota memang mempertahankan desain interior Avanza lama namun pasti ada sedikit sentuhan penyegaran yang dilakukan oleh Toyota, khususnya dibagian audio atau Head Unit.

Desain dual Tone dasboard khusus tipe 1.5G
Hal baru terlihat pada grand new avanza 1.5G dimana terdapat pewarnaan yang cukup menarik. Pengunaan dua warna atau dual tone dengan memadukan warna hitam dan cokelat membat nuansa kabin Avanza baru ini cukup adem dan elegan.

Sementara dibagian panel pengaturan AC, juga mengalami perubahan warna. Ada dua fungsi pengaturan AC dalam satu lokasi. yang masing-masing berfungsi untuk mengatur sirkulasi dan temperatur udara kabin. Di bagian Multi information display, terdapat penambahan indicator ECO. Indicator ECO akan menyala jika anda berada pada kecepatan ekonomis

Sistem Audio Layar sentuh
Inilah perubahan yang dilakukan grand new Avanza dengan membekali head unitnya dengan panel LCD layar sentuh dengan lebar 6.1 inchi. Fitur tambahan juga pasti tersemat didalam audio ini. Contohnya fitur AM/FM, CD, DVD, USB Aux, Bluetooth dan iPod Ready.

Fitur kenyamanan berkualitas
Mobil ini dilengkapi dengan teknologi cabin quitness. Fungsi fitur ini adalah memberi kesenyapan pada kabin. Hal ini akan menambah kenyamanan untuk anda karena fitur ini akan meredam suara dari luar dengan baik.

Sementara di bagian kursi baris kedua, ada fitur “one touch tumble” yang akan membantu anda dalam memposisikan dan melipat tempat duduk. Sementara di  baris ketiga, pelipatan kursi dibuat 50 : 50 menyamping mirip Innova. Sehingga dapat memberi ruang bagasi lebih lega.

Sementar jok mobil ini sangat empuk walau ketika berada di jalan tidak rata. Hal itu semakin disempurnakan dengan fitur recleaning system di masing-masing kursi untuk membuat kenyamanan pengguna semakin terasa.

Dimensi dan chasis yang menyempurnakan handling
Grand New Avanza memiliki dimensi 4.190 x 1.660 x 1.695. ditambah berat kosong mencapai 1.085 Kg dan jarak sumbu roda 2.655 mm membuat handling mobil ini lebih baik. Sehingga pengguna dapat dengan leluasa meliak-liuk di jalanan.

Untuk bagian sspensi, sama seperti sebelumnya. Toyota membekli suspensi  Machperson strut pada bagian depan dan multi link with coil spring pada bagian belakang. Over all, kenyamanan akan anda dapatkan di dalam kabin mobil ini.

3. Sistem Keselamatan Dan Keamanan Grand New Avanza 


Untuk bagian safety and security, Grand New Avanza memiliki berbagai fitur yang mendukung keamanan dan keselamatan. Sebut saja fitur 3-point seatbelt yang ditunjukan bagi penumpang baris kedua. Serta fitur ISOFIX yang kini banyak diterapkan dalam mobil, juga tak ketinggalan.

Fitur keamanan dan keselamatan Grand New Avanza
  • Seatbelt potensioner dan Force limitter yang mencegah penumpang dari cedera. Fitur ini ada pada semua tipe Grand New Avanza.
  • Front passenger seatelt indicator yang akan menyala saat seatbelt peumpang depan tidak terpasang.
  • Sistem pengereman ABS untuk semua tipe
  • Adanya Fitur dual Airbag
  • Fitur Side impact beam sebagai tameng dari benturan samping.
  • Kunci immobilizer di semua tipe untuk mencegah aksi kejahatan
  • Terdapat fitur sabuk pengaman menyilang atau Seat Assy Child Restrain, yang tersambung ke base seat atau rangka.


4. Review Mesin dan Performa Grand New Avanza


Dibagian dapur pacu, Grand New Avanza memiliki dua varian mesin yang masing-masing memiliki kekuatan dan keekonomisan yang berbeda. Varian pertama yaitu mesin berkapasitas 1.300 cc yang dapat menyemburkan tenaga mencapai 96,5 Ps dan Torsi 12,3 Nm. Mesin ini memiliki pemakaian bahan bakar 15% lebih irit dari versi sebelumnya.

Untuk varian kedua, memiliki kapasitas 1.500 cc. Dengan kapasitas lebih besar, performa lebih maksimal. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 104 Ps dan Torsi hingga 13,9 Nm. Untuk pemakaian bahan bakar, mein ini memiliki tingkat keiritan bahan bakar 20% dari versi lawasnya.

Dua mesin itu sudah mengusung teknologi Dual-VVT-I dan DBW(Drive By Wire). Dua teknologi ini akan berperan dalam meringkas penggunaan bahan bakar dan memaksimalkan performa mesin. Sehingga lebih efisien.

Untuk varian transmisi juga ada dua pilihan. Pertama ada transmisi manual 5 percepatan dan Matic 4 percepatan untuk varian kedua. Di sisi kemudi, sudah mengusung EPS (Electronic Power Steering) yang semakin memudahkan anda saat mengendalikan laju kendaraan. Namun, Avanza baru ini masih menggunakan penggerak RWD atau penggerak belakang di saat para kompetitornya marak mengaplikasikan sistem FWD.

Perbedaan Grand New Avanza Dan Veloz

Perbedaan-Grand-New-Avanza-dan-Veloz

Seperti yang dikatakan saat awal tadi, Avanza dan Veloz saat ini tidak diletakan bersama. Melainkan keduanya memiliki tempat tersendiri. Veloz berada lebih tinggi dari Avanza. Apa saja perbedaan mereka ? inilah perbedaan Grand New Avanza dan Veloz
  • Veloz mengusung desain dual grill. Grill Radiator menyatu sampai fog lamp,dan terpisah dengangrill atas. Sementara Avanza memiliki grill yang terpisah dengan foglamp namun menyatu hingga headlamp,
  • Veloz memiliki velg berukuran 15 inchi, sedangkan Avanza memiliki velg berukuran 14 inchi.
  • Headlamp Veloz (tipe 15) sudah mengusung projector headlight. Sementara Avanza masih menggunakan halogen bulb di semua tipe.
  • Veloz memiliki backdoor garnish dan stoplamp bernuansa smoke atau lebih gelap.
  • Interior Veloz, dominan warna hitam gelap.

Kelebihan Grand New Avanza

  1. Desain yang fresh dengan New Front Aero Kit, memikat para calon pembeli. Sementara itu desain baru ini juga memunculkan kesan lebih garang. Cocok untuk pasar Indonesia.
  2. Mesin sudah berteknologi DBW dan Dual VVTI sehingga lebih efisien
  3. Grill yang besar, memungkinkan lebih banyak udara yang mengenai radiator. Sehingga suhu mesin dapat terjaga dengan baik.
  4. Ada fitur ECO Drive sehingga dapat membantu pengemudi untuk berkendara secara irit.
  5. Audio atau head unit baru dengan fitur layar sentuh.

Kekurangan Grand New Avanza

  1. Grill dengan lubang besar itu, leih rawan terkena kerikil. Sehingga ada peluang radiator terkena benturan kerikil.
  2. Masih menggunakan penggerak belakang. Sehingga distribusi tenaga kurang efisien.
  3. Banyak sumber mengatakan Grand New Avanza cenderung limbung pada kecepatan tinggi. Hal itu dikarenakan mobil ini emiliki lingkar pegas yang lebar.
  4. Mobil ini memang nyaman, tapi jika dipacu pada kecepatan tinggi kenyamanan akan berkurang. Sepertinya mobil ini dirancang untuk jalan-jalan santai.


Apakah Avanza Cocok Sebagai Pilihan ?


Perlu ditekankan, kalau semua mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk Grand New Avanza dengan segala kelemahannya, juga masih memiliki kelebihan yang belum tentu dimiliki mobil lain.

Bagi anda yang sedang menimang mana mobil yang pas untuk saya, anda harus benar-benar membandingkan bukan hanya satu mobil. Seperti yang diutarakan diatas, semua mobil memiliki kelebihan dan kelemahan yang belum tentu sama.

jadi untuk menemukan mana mobil yang pas, anda perlu membandingkan semua mobil yang anda incar,

Cara yang paling mudah, adalah dengan menggunakan pihak ketiga yang gratisan. Seperti situs jual beli OLXMomobil atau Raja Mobil. Gunakan perkembangan internet sebagai jendela untuk mencari tahu semuanya tentang mobil incaran anda.

Dari ketiga situs jual beli tadi, anda tidak harus membeli dari situs yang bersangkutan. Gunakan untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya, misal pada situs Raja Mobil (yang paling familiar untuk saya).

Disini disediakan sistem pencarian promo terbaik, sehingga kita bisa tahu mobil apa saja yang sedang dalam masa promo. Selain itu, ada pula fitur simulasi kredit serta sistem asuransi yang bisa langsung diaktifkan ketika anda membeli mobil. Sehingga kita bisa tahu berapa harga pasaran real mobil-mobil yang kita incar.

Cukup daftar dan kita bisa menikmati semua fiturnya.

Itulah sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan Grand New Avanza serta spesifikasi lengkap grand new avanza semoga dapat bermanfaat.