Kelebihan dan kekurangan New Vario 150 eSP

Kelebihan dan kekurangan New Vario 150 - Segmen skuter matic nampaknya mulai menguasai segmen motor di Indonesia. Salah satu skuter matic paling laris di Indonesia adalah Honda Vario. Saat ini, Vario telah mengusung model terbarunya dengan label "Ride the Perfection". Lantas apakah peformanya se-perfect namanya ? Simak spesifikasi Vario 150 eSP dibawah

Spesifikasi Mesin New Vario 150 ESP
Kategori Nominal
Displacement 150 cc
Bore x Stroke 57,3 mm x 57,9 mm
Cooling System Liquid cooling
Compression Ratio
10,6 : 1
Max. Power/RPM 9,3 KW/8.500
Max. Torque/RPM 12,8 Nm/5.000
Engine Oil Capacity 0,8 L
Strarting System Electric start and kick start
Valve configuration SOHC
Spark/Busi ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
Ignition System Full Transisterized
Body New Vario 150 ESP
Kategori Nominal
Dimensi (mm) 1,921 x 683, 1.096
Wheelbase 1.280 mm
Ground Clearence 135 mm
Berat Kosong
109 Kg
Kapasitas Tanki 5,5 L
Suspensi New Vario 150 ESP
Kategori Nominal
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lateral dengan Shock Tunggal
Rem Depan Disc Brake, single piston
Rem Belakang
Drum Brake, CBS
Ukuran Ban Depan 80/90-14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang 90/90-14 M/C 46P
Transmisi V-Matic

Di tahun 2015 Pt. AHM resmi meluncurkan varian baru Honda Vario 150 cc sebagai pembaruan dari sebelumnya yang memiliki mesin 125 cc. Dari segi desain, New Vario 150 eSP ini memiliki struktur body besar seperti versi sebelumnya namun memiliki desain yang lebih futuristik.

Spesifikasi honda vario 150

New Vario 150 eSP memiliki berbagai fitur canggih seperti CBS (combi brake system), Idling stop system, dan ACG starter atau start tanpa suara. Sebanding dengan fitur dan peformanya, skutik ini nampaknya dibanderol mencapai 20 jutaan. Untuk mengupas fitur dan spesifikasi lebih dalam, silahkan baca review dibawah

1. Review Tampilan New Vario 150 eSP

Seolah ingin menjawab tren serta perkembangan minat otomotif, vario baru ini sudah mengusung desain yang garang dan modern dengan penggunaan lampu LED serta speedometer ciamik yang dimilikinya. Motor dengan dimensi 1.921 x 683 x 1.096 mm ini, akan memberikan sensasi berbeda kepada pengguna saat menjajal skutik ini dijalanan. Bobotnya yang mencapai 109 Kg akan memberikan handling yang stabil saat berkendara di kecepatan tinggi.

Vario 150 eSP desain

New Dual eyes LED Headlight
Desain baru nan futuristik dapat terasa pada bagian headlamp skutik ini. Jika versi sebelumnya vario mengusung dual headlight besar, kali ini New Vario mengusung dual headlight dengan dimensi lebih sipit dan terkesan sangar. Sementara bagian pencahayaan, New Vario sudah mengusung headlight LED putih terang yang membuat pencahayaan lebih sempurna dan hemat daya listrik.

New Elegan Instrumen Cluster
Dibagian driver information, akan ditemui instrumen panel baru yang didesain elegan dan simple. Di panel tersebut tersedia berbagai macam informasi seperti speedometer, digital fuel level, informasi terkait lampu dan info terkait mesin. Tata letak panel-panel tersebut dibuat simetris yang membuatnya makin sporty dan user friendly.

Desain belakang sporty dan garang
Dibagian belakang, kesan sporty juga akan terasa berkat desain stoplamp baru yang dibuat menyatu dengan lampu sein yang memiliki desain garis tegas menyiratkan kesan garang. Sementara bagian spartboard dibuat dengan berbagai lekukan simetris yang membuatnya makin sporty.

Dimensi besar, stabil untuk bermanufer
New Vario memiliki wheel base 1 mm lebih pendek dari versi lawasnya, ditambah bobot kosong lebih ringan 3 Kg dan di dukung mesin berkapasitas 150 cc membuat skuter ini lincah saat bermanufer di jalan raya. Dimensi besar yang dimiliki skuter ini berimbas pada kestabilannya di jalan raya saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Dimensi besar itu juga membuat ruang bagasi yang dimiliki New Vario ini mencapai 18 liter. Cocok untuk menyimpan berbagai barang dari tas hingga helm pun dapat dimasukan ke dalam bagasi.

2. Review Fitur Keamanan dan Keselamatan

Vario 150 eSP fitur

Di bagian safety and security skuter ini layak diacungi dua jempol. Pasalnya berbagai fitur yang menunjang keselamatan dan keamanan akan anda temui pada satu unit skuter matic ini. Salah satu fitur andalan honda adalah side switch. Fitur ini akan mencegah mesin hidup saat standar belum dinaikan.

Fitur lain adalah CBS atau combi brake system. Fitur ini memungkinkan pengereman pada roda depan dan belakang dilakukan secara bersamaan melalui satu tuas. Fitur lain yang jarang ditemui pada skutik lain adalah fitur Answer Back System dimana saat diparkiran, kita dapat menemukan motor ini melalui sentuhan remote pada kunci. Gelombang pada fitur ini di buat berbeda tiap motor. Sehingga saat ada dua atau lebih New Vario 150, tidak akan tertukar.

3. Review mesin dan performa Vario 150 eSP
Vario 150 eSP engine

Dari dapur pacu, New Vario 150 eSP mengusung mesin SOHC 150 cc yang dapat menghasilkan power maksimal mencapai 12,46 HP atau 9,4 KW pada putaran 8.000 RPM dan torsi maksimal 12,8 Nm pada putaran 5.000 RPM. Dengan besarnya tenaga yang dihasilkan skutik ini, membuat power to weight ratio (PWR) vario mencapai 0,114 Hp/Kg. Jika dibandingkan Honda PCX dengan mesin sama, tentu vario lebih unggul karena memiliki bobot lebih ringan.

Selain itu Skutik ini telah mengadopsi teknologi eSP. eSP merupakan kependekan dari enhanched smart power. Teknologi ini merupakan teknologi baru yang diterapkan pada mesin Honda secara global dengan memaksimalkan semua sistem yang terkait mesin untuk menghasilkan performa yang baik serta efisien.

Mesin Honda juga sudah mengadopsi ISS atau idle stop system yang akan mematikan mesin saat setelah tiga detik berada pada posisi idle. Mesin akan hidup kembali saat handle gas ditarik. Fitur ini hadir untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar saat berada pada lampu merah atau jalan macet. Namun kita juga dapat menonaktifkan fitur ini lewat tombol ISS switch.

Fitur lain yang membuat vario 150 ini makin terkesan modern adalah fitur ACG starter. Dulu mungkin kita menjumpai vario saat starter akan mnimbulkan suara berisik yang mengagetkan. Dengan ACG starter, hal diatas tidak akan ditemui. karena fitur ini akan meredam suara mesin saat start.

4. Uji efisiensi bahan bakar

Menurut pengujian yang dilakukan otomotifnet.com, Honda Vario 150 eSP memiliki efisiensi bahan 48 Km/Liter, dengan bahan bakar pertamax dan jalan bebas hambatan dalam kecepatan rata-rata 60 KM/Jam. Sementara akselerasi yang dimiliki skuter ini juga bisa dibilang baik. Untuk jarak 0 - 100 meter dapat di tempuh dalam waktu 7,8 detik. Pengujian juga berlanjut untuk mengetahui kecepatan tertinggi. Hasilnya top speed Vario 150 mencapai 115 KM/Jam.

5. Perbedaan Vario 150 sporty dan exclusive

Honda Vario 150 eSP dijual dengan dua varian. Yaitu varian "sporty" dan varian " exclusive". Dua varian ini tidak memiliki perbedaan dalam segi fitur dan performa. Hanya tampilan saja yang membedakan kedua varian ini.

Honda Vario 150 tipe sporty memiliki stiker garis stripes di beberapa bodynya untuk mengeluarkan kesan sporty. Dan di bagian emblem logo vario, masih menggunakan stiker dua dimensi. Untuk varian warna, Honda Vario 150 sporty memiliki 3 pilihan warna yaitu bionic red, titanium black, dan sonic blue.

Untuk Honda vario tipe exclusive, menggunakan desain body solid color yang nampak aksen fiber. Sehingga memunculkan kesan exclusive. Di bagian emblem tipe ini sudah menggunakan logo 3 dimensi. Sesuai namanya, desain ini ditunjukan untuk mengeluarkan kesan exclusive pada skuter ini. Untuk pilihan warna, ada lima macam yaitu pearl white, dan matte black, matte blue, matte brown, dan black metallic

Kelebihan New Vario 150 eSP

  • Lampu LED pada headlight sangat berkelas
  • Fitur ISS lebih mengirit bahan bakar
  • Fitur Smart Back Answer juga memberi nilai plus
  • Mesin besar menghasilkan power yang besar pula
  • Fitur eSP membuat performa lebih efisien
Kekurangan New Vario 150 eSP

  • Bagasi lebih kecil dari versi sebelumnya, untuk helm tertentu tidak dapat masuk.
  • Shock breaker didesain lebih kaku sehingga dijalan bergelombang, skutik ini kurang nyaman dikendarai.

6. Harga New Vario 150 eSP

Itulah review serta spesifikasi yang dimiliki New Honda Vario 150 eSP. Sekarang kita bicara soal harga skuter matic ini. Dengan berbagai fitur serta kapasitas mesin menyamai sonic dan Honda CB, maka jangan kaget jika skuter ini dibanderol mencapai 20 jutaan.

Harga Honda Vario 150 eSP
Tipe Harga
Honda Vario 150 eSP Sporty Rp. 20.500.000,-
Honda Vario 150 eSP Exclusive Rp. 20.350.000,-

Bila dibandingkan dengan Honda PCX, tentu Vario memiliki harga yang lebih rendah. Skutik ini pun cocok untuk konsumen Indonesia yang memiliki mobilitas tinggi