3 Perbedaan Mencolok Fortuner VRZ dan SRZ (Plus Speknya)

Advertisement
Jika kita melihat peta persaingan Big SUV di Indonesia, maka mobil yang akan terbayang salah satunya Toyota Fortuner. Mobil yang dikeluarkan Astra Group ini telah berkembang hingga beberapa generasi. Generasi terbaru mobil ini yakni All New Fortuner Facelift telah hadir sejak tahun 2016.

Di Indonesia All new Fortuner Facelift dipasarkan dalam beberapa varian, yaitu tipe G, tipe SRZ dan tipe VRZ. ketiga varian tersebut juga ditawarkan dengan transmisi manual dan otomatis (AT). Untuk tipe SRZ dan VRZ terbilang label baru yang digunakan pada Fortuner, sehingga tidak banyak orang tahu perbedaan kedua tipe ini.


SRZ merupakan kependekan dari Sport riding Z, sementara VRZ merupakan kependekan dari Vibrant Riding Z. Untuk menelisik lebih jauh perbedaan Fortuner SRZ dan VRZ bisa anda simak pada pembahasan dibawah.




Secara umum, kedua tipe ini memiliki kesamaan pada bentuk dan fitur. Keduanya juga telah mengusung Bi-beam high technology pada Headlightnya. Tapi, Fortuner VRZ yang dinobatkan sebagai tipe tertinggi All New Fortuner memiliki beberapa fitur yang tidak ada pada tipe SRZ.


1. Fitur Toyota Fortuner SRZ




Kita mulai dari tipe SRZ. Tipe ini diminati karena fiturnya yang kaya serta power dan akselerasinya yang lebih mumpuni dibandingkan tipe VRZ. Selain itu, power mobil ini juga lumayan untuk sekelas big SUV.


Dari dalam kabin, akan anda temui panel Head Unit touchscreen 8 inch, yang bisa anda gunakan untuk mengakses internet dan bisa pula dikoneksikan dengan smartphone anda untuk memutar musik atau video.


Untuk kursi, Fortuner SRZ dibekali Fabric seat berwarna gelap. Bahan fabric dipilih untuk menciptakan kesan hangat dan elegan. Namun kursi pengemudi pada tipe ini, tidak dilengkapi electric adjust. Sehingga anda perlu memposisikan kursi driver secara mekanis.


Selain itu, ada pula fitur smart entry atau biasa disebut keyless entry. Fitur ini memungkinkan anda untuk masuk kedalam mobil dengan kondisi pintu terkunci, tanpa mengeluarkan kunci. Artinya, ada tombol smart entry pada gagang pintu, saat ditekan gelombang dari kunci akan terpancar dan pintu langsung terbuka.


Fitur lain yang tak kalah menarik juga berada pada area belakang. Fitur electric backdoor berfungsi untuk membuka dan menutup pintu belakang secara otomatis. Fitur ini bekerja melalui sensor yang terletak dibagian belakang mobil.


Terakhir, untuk dapur pacu All new Fortuner SRZ dibekali dengan mesin bensin 2.7 Dual-VVTI yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 163 Ps dan torsi 40,8 Nm. Lumayan untuk mendukung kinerja mobil berbobot bongsor ini.


2. Fitur All New Fortuner VRZ




Seperti yamg kita singgung sebelumnya, tipe VRZ ini merupakan tipe tertinggi Fortuner facelift ini. Sehingga jangan heran jika tipe ini kaya akan fitur.


Secara umum, fitur pada tipe VRZ sama dengan SRZ. Dari Head unit sendiri juga mengusung panel LCD 8" yang dilengkapi rear infotaiment sehingga penumpang belakang juga bisa merasakan sistem hiburan melalui panel LCD belakang.


Untuk kursi, ada perbedaan antara kedua tipe ini. Fortuner VRZ memiliki kesan lebih ekslusif dan mewah berkat kursi berbalut bahan kulit atau Leather. Kursi driver juga telah dilengkapi power adjustable, sehingga untuk mengkonfigurasi posisi kursi cukup menekan tombol.


Berpindah kebelakang juga kita akan menemui fitur power backdoor yang akan memudahkan anda ketika membawa barang penuh, selain itu fitur smart entry yang sudah dijelaskan diatas juga pastinya ada.


Untuk sistem penggerak, tampaknya ada perbedaan. Tipe SRZ hanya memiliki variasi 2WD saja, sementara tipe VRZ memiliki varian 2WD dan 4 x 4. Khusus untuk tipe VRZ 4 x 4 juga telah dilengkapi side & curtain Air bag.


Terakhir pada bagian mesin, juga ada perbedaan. Varian VRZ merupakan varian Fortuner versi Diesel. Mesin Diesel 2.4 VNT ini nyatanya lebih diminati oleh konsumen karena selain irit, torsi juga besar. Mesin GD ini mampu mengeluarkan daya 149,6 Ps dengan torsi yang mencapai 40,8 Nm.


3. Harga Toyota Fortuner SRZ dan VRZ


Jika kita melihat fitur-fitur All New Fortuner, maka tipe VRZ merupakan tipe tertinggi. Namun untuk urusan harga, nampaknya tipe SRZ dibanderol sedikit lebih tinggi. Hal ini dikarenakan penggunaan mesin bensin berkapasitas besar dengan kesenyapan kabin super tinggi, sehingga bisa menghadirkan pengalaman berkendara memukau.


Toyota Fortuner 2.4 VRZ A/T Rp. 494.000.000,-

Toyota Fortuner 2.7 SRZ A/T Rp. 509.100.000,-

Harga diatas, dapat berubah sewaktu-waktu. dan tiap daerah memiliki rentang harga yang berbeda.



Spesifikasi Teknis Toyota All New Fortuner


Untuk lebih lengkap, anda bisa simak beberapa data spek teknis All New Fortuner berikut,




Diesel 2.4L VNT



  • Displacement : 2.393cc
  • Borexstroke : 92 x 90mm
  • Power : 149,6 Ps/3.400 rpm
  • Torque : 40,8 Kgm/1.600-2.000 rpm
  • Fuel system : Common Rail Type Sistem Injeksi
  • Bahan Bakar : Solar
  • Tangki : 80L


Gasoline 2.7L Dual VVTi



  • Displacement : 2.694cc
  • Borexstroke : 95 x 95mm
  • Power : 163 Ps/3.400 rpm
  • Torque : 24,7 Kgm/4.000 rpm
  • Fuel System : Electronic Fuel Injection
  • Fuel type : Bensin Tanpa Timbal
  • Tanki : 80L


Eksterior



  • Futuristic Headlamp with Bi-Beam LED + DRL + Auto Leveling & Follow Me Home
  • Advanced Power Back Door with Memory Funcion
  • Modern Smart Entry System
  • Powerful 18" Alloy Wheel with Dark Grey Machining


Kesimpulannya, baik tipe SRZ atau tipe VRZ merupakan tipe dengan segudang fitur. Namun tipe SRZ yang berbekal mesin bensin, sangat cocok untuk anda yang menyukai kecepatan, karena mesin bensin terkenal memiliki akselerasi tinggi dan responsif.


Tapi jika anda ingin mencari versi yang lebih irit bahan bakar dengan torsi yang besar, anda bisa memilih tipe VRZ. Namun, karena menggunakan mesin diesel maka top speed yang dicapai tidak sebagus versi SRZ.


Sehingga bisa disimpulkan All new Fortuner SRZ cocok digunakan untuk area perkotaan, sementara All new Fortuner VRZ cocok untuk kepentingan Touring.


Demikian artikel tentang perbedaan harga Toyota Fortuner SRZ dan VRZ, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.