Konsumsi BBM Isuzu MUX Mencapai 13,5 KM/L Ini dia ulasanya

Advertisement
Persaingan SUV di Indonesia semakin hari semakin menarik saja. Setelah Duo-SUV andalan Fortuner dan Pajero meluncurkan versi terbarunya, banyak poduk-produk baru berlabel Big SUV yang masuk ke pasar otomotif tanah air.

Salah satunya Isuzu, setelah meluncurkan Panther GTR dan D-Max produsen asal Jepang ini kembali menghadirkan SUV dengan label MU-X nya. Mobil ini akan berusaha menyaingi dominasi Big SUV yang diisi oleh Fortuner dan Pajero sport. Isuzu memang dikenal memiliki kualitas mesin Diesel yang cukup baik. Contohnya Duramax diesel, yang merupakan mesin diesel buatan Isuzu dan GM ini memiiki kualitas yang cukup baik.


Sebelumnya mesin Duramax ini disematkan pada Chevy Colorado dan Trailblazer yang dipasarkan di Indonesia. Lantas apa saja kelebihan mesin ini, dan bagaimana konsumsi BBM Isuzu MU-X ? apakah mampu menandingi konsumsi BBM rivalnya atau malah tidak berkutik ? simak ulasanya dibawah.

Test Drive MU-X di Diesel Chalenge 2015


Pengujian yang dilakukan ini diikuti oleh mobil-mobil bermesin diesel termasuk Pajero sport dan fortuner. Dalam pengujian kali ini, ternyata power yang dimiliki MU-X adalah yang terkecil dari rivalnya. Namun hal ini bukan halangan bagi Isuzu untuk menunjukan performanya.

Terbukti saat pengetesan derek, mobil ini mampu mengimbangi Fortuner dengan mencatatkan waktu yang sama yakni 9,9 detik. Terbukti, kualita Duramax diesel meski memiliki output mesin paling kecil, peforma yang ditawarkan tak kalah dari yang lain.

Pengujian selanjutnya dengan mengetes tingkat pemakaian bahan bakar dengan metode Full-to-Full. Pengujian ini berlangsung menuju Kota Garut. Dari pengujian ini, bukan hanya pemakaian bahan bakar saja yang dapat teruji. Namun handling dan stabilitas juga bisa kita rasakan. Pasalnya jalan menuju garut harus melewati rute pegunungan.

Beruntung mobil ini memiiki fitur stabilitas yang cukup baik berkat adanya ESC (Electronic stability contro) dan Traction Control yang akan menjaga kestabilan mobil saat bermanufer di jalanan terjal.

Bagaimana konsumsi solar mobil ini ? setelah pengujian selesai, didapatlah hasil yang cukup mengagetkan. Isuzu yang memiliki mesin berkapasitas 2.5 L VGT ini, menyatatkan jarak tempuh perliter yang lebih irit dari para rivalnya. Pemakaian BBM mobil ini sanggup menembus 13,53 Km/liter. Sementara rivalnya hanya berkutat pada 11,5 Km/liter saja.

img by autobild.co.id

Hal ini seakan menjadi penanda fokus Isuzu bukan pada tenaga, melainkan pada keiritan bahan bakar. Dari data tes diatas, terbukti walau memiliki spesifikasi yang mirip dengan rivalnya, yaitu mesin berkapasitas 2.500 cc dilengkapi Turbocharger berteknologi VGT yang didukung sistem bahan bakar Commonrail Direct Injection, mobil ini memiliki pemakaian bahan bakar yang rendah. Sehingga Isuzu MUX patut diperhitungkan di pasar Indonesia.

Spesifikasi mesin Duramax 2.5 L yang tersemat pada MUX diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Tipe Mesin  ; 4JK1-TC Hi-Power 
  • Jumlah Silinder ; In-Line 4-Cylinder
  • Sitem Katup ; DOHC, 16-Valve
  • Sistem Bahan bakar;  electronic common-rail direct fuel injection
  • Air Induction System ; intercooled VGS (Variable Geometri System) turbo changer
  • Kapasitas 2499 cc
  • Daya Maksimal ; 136 ps/3400 rpm
  • Torsi maksimal ; 32.6 kgm / 1800-2800 rpm
  • Diameter x Langkah ; 95.4 x 87.4
  • Transmisi ; 5 Speed AT Triptonic with Adaptive Gradient Logic Control

Dari kelebihan yang terkuak, SUV ini pasti memiliki kekurangan. Kelemahan yang terdapat pada MUX adalah tenaganya yang dirasa kurang nendang. Memang seperti yang telah kita singgung diatas, fokus Isuzu nampaknya terletak pada Konsumsi BBM. Sehingga sistem injeksi bahan bakar juga diatur seminim mungkin. Hasilnya pemakaian bahan bakar lebih irit namun tenaga kurang joss.

Terakhir, bagi anda yang ingin meminang SUV ini, kami sudah siapkan list harganya. Mobil dengan tipe Big SUV ini nampaknya cocok untuk mereka yang akan Touring khususnya diarea terpencil. Dengan pasokan BBM yang irit, bisa menjadi kelebihan ketika touring di derah yang jarang terdapat stasiun pengisian BBM.
  • Isuzu MU-X tipe 2.5 L AT Rp 448.000.000,-
  • Isuzu MU-X tipe 2.5 L AT Premiere Rp 478.000.000,-

Terlepas dari desain, nampaknya SUV ini bisa menggebrak pasar otomotif tanah air. Namun hal itu juga belum pasti, pasalnya pendahulunya yang memiliki desain serta mesin yang sama yaitu Chevrolet Trailblazer, kurang mendapat perhatian dari Konsumen Indonesia.

Isuzu nampaknya mengambil kesempatan ini dengan menampilkan versi lebih fresh dan lebih user frienfly tentunya dengan kesan premium yang masih melekat pada Big SUV ini. Sekian ulasan kita kali ini tentang konsumsi BBM pada Isuzu MUX. Semoga bermanfaat..