Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Satya 2017

Advertisement
Spesifikasi Brio Satya – Salah satu segmen mobil yang cukup diminati di Indonesia adalah LCGC atau singkatan dari Low cost green car. Mobil-mobil seperti ini memiliki ciri-ciri fitur yang tidak terlalu lengkap dengan ukuran mini dan harganya cukup terjangkau tentunya.

Salah satu tipe LCGC yang cukup populer di Indonesia adalah Honda Brio. Mobil ini Hadir untuk meramaikan pasar LCGC di Indonesia yang dikuasai sikembar Agya dan Ayla. Sama seperti mobil Honda lain, Honda Brio juga memiliki beberapa tipe seperti Brio RS dan Brio Satya. Di pembahasan kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Honda Brio Satya, simak pembahasannya dibawah


Sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2013, Brio memang telah menyedot perhatian publik. Dengan desain yang khas anak muda serta harganya cukup murah membuat banyak kalangan muda khususnya menyerbu mobil ini. Dilihat dari spesifikasi memang tidak jauh berbeda dengan LCGC lain tapi dari segi mesin, mobil tidak bisa diremehkan.

Kelebihan Honda Brio Satya


Untuk mengawali pembahasan kita kali ini, kita bahas kelebihan atau keuntungan yang ada pada Mobil asal Jepang ini, apa saja ;

1.Desain Yang Fresh dan Minimalis

Jika kita bandingkan dengan LCGC lain seperti Agya, Ayla atau Karimun wagon bisa dibilang Mobi Honda inilah yang paling mencerminkan desain yang sporty namun tetap mempertahankan gayanya yang minimalis. Sehingga terkesan kalem.

Desain lampu bulat yang disndingkan dengan grill depan yang berdimensi tidak terlampau besar membuat kesan minimalis mobil ini keluar. Meski memiliki grill kecil, anda tak perlu khawatir akan sistem pendinginan mesin. Pasalnya dibawah grill sudah disediakan radiator vent dengan ukuran lebar sehingga pendinginan dapat maksimal.

2.Dimensi Cukup Kompak

Ukuran tubuh mobil ini yakni 3.610 x 1.680 x 1485 mm. Dari ukuran, bisa kita lihat bahwa mobil ini berukuran cukup kompak. Apa untungnya ? mobil berdesain kompak sangat cocok digunakan untuk jalanan perkotaan, lebih tangguh saat kemacetan dan mudah dalam pengendalian (Fun to Drive)

Tak heran, banyak anak muda khusunya wanita memilih jenis mobil ini. Selain desainnya yang tidak monoton, pengemudian juga mudah.

3.Full Safety System + G-CON ACE

Dalam satu unit Brio Satya, sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan kelas global seperti padestrian protection, side impact beam dan Dual SRS Airbag. Tak lupa juga Honda membekali Brio satya dengan struktur body berteknologi G-CON + ACE yang merupakan standar kemanan kerangkan mobil Honda secara global.

Di sisi keamanan, Brio Satya juga dilengkapi dengan fitur immobilizer dan keyless entry. Sayangnya, LCGC ini belum dilengkapi ABS. Sebenarnya, Honda Brio sudah mengusung ABS + EBD. Tapi untuk tipe Satya, fitur ini belum kesampaian.

4.Steering Ringan

Honda Brio Satya sudah mengusung sistem steering dengan Electric Power steering, artinya untuk membantu beban pengemudian tidak lagi memerlukan bantuan mesin karena sudah diambil alih oleh tenaga listrik. Hasilnya, kemudi jadi lebih ringan dan beban mesin tidak terlalu berat.

5. Mesin bertenaga

Mobil ini biarpun masuk segmen LCGC, memiliki mesin berkelas MPV. Jika kita lihat Brio memiliki mesin dengan spesifikasi tertinggi dikelasnya. Tak heran, biarpun kecil power yang dihasilkan cukup membuat mobil lain kewalahan.


Memiliki kapasitas 1.200 cc dengan teknologi i-VTEC, membuat mobil ini tak hanya bertenaga tapi juga irit bbm. Hal itu berkat adanya teknologi DBW (Drive by wire) yang menggantikan fungsi kawat gas pada mesin-mesin biasa.

Hasilnya power yang dapat dicapai oleh sikecil ini yakni 88 Ps pada 6.000 RPM serta torsinya mencapai 109 Nm pada 4.500 RPM. Dengan berat mobil hanya 930 Kg maka mesin berspesifikasi berikut bisa dengan mudah melesatkan Brio ke kecepatan tertingginya.

Kelemahan Brio Satya


Saat ada kelebihan, pastinya ada kekurangan yang menyertainya. Apa saja kekurangan LCGC ini ?

1.Peredaman kabin kurang bagus

Hal pertama yang kerap di rasakan pengguna Brio yakni masalah peredam kabin. Banyak yang mengeluhkan mobil ini memiiki peredaman yang kurang maksimal karena suara dari luar baik suara mesin dapat masuk kedalam kabin.

2.Interior Terlalu Minimalis

Memang mobil-berplatform LCGC dikenal memiliki fitur dan material interior yang dikenal sangat terbatas serta berkualitas rendah. Hal ini juga berlaku pada Honda Brio dimana fitur dan panel instrumennya di dashboard sangat terbatas. Meski demikian, interior Brio tetap minimalis.

3.Bagasi kurang luas


Tak mengherankan menyasar segment LCGC dengan dimensi mungil, membuat ruang bagasi cukup terbatas. Meski demikian kita bisa meletakan beberapa jenis barang seperti ransel atau barang lain yang memiliki ukuran tidak terlalu besar.

4.Ground Clearence Cukup rendah

Sebagai mobil mini, akan mengganggu desain jika groun clearence dibuat tinggi. Oleh sebab itu, Honda Brio mengusung low ground clearence. Tapi untuk penggunan di area pedesaan atau pegunungan, anda perlu hati-hati terhadap polisi tidur dan jalan berlubang. Pasalnya ground clearence mobil ini hanya sekitar 165 mm.

Spesifikasi Teknis Honda Brio Satya


  • Mesin :  L13Z 1.2 L SOHC i-VTEC
  • Kapasitas : 1.198 cc
  • Fuel : Bensin tanpa timbal
  • Power max : 88 ps/6.000 rpm
  • Torsi max : 109 nm/4.500 rpm
  • Emisi : EURO 4
  • Fuel System : EFI + DBW
  • Kapasitas tanki : 35 L
  • Rasio Kompresi : 10,5 : 1
  • Transmisi : MT 5 speed
  • Dimensi : 3.610 x 1.680 x 1.685 mm
  • Wheelbase : 2.345 mm
  • Ground clearence : 165 mm
  • Berat kosong : 930 kg
  • Steering : Rack and Pinion with EPS
  • FF Suspension : Machperson
  • RR Suspension : H Shape Torsion Beam
  • Brake FF/RR : Disc/Drum


Harga Honda Brio Satya

Honda Brio dipasarkan dalam beberapa varian termasuk tipe satya, tipe S, E dan Sporty. Pada tipe satya, yang merupakan tipe terendah memiliki harga paling terjangkau yakni
  • Brio Satya A MT : Rp. 114.900.00
  • Brio Satya S MT : Rp. 119.900.000
  • Brio Satya E MT : Rp. 125.900.000


Harga diatas, masih dalam OTR Jakarta dan tidak menutup kemungkinan untuk berubah.


Sekian ulasan kita mengenai kelebihan dan kekurangan Honda Brio satya semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kita semua.