8 Perbedaan Honda Mobilio Lama dan Versi Facelift (Baru)

Advertisement
Sejak diluncurkan pada 2013 silam, Mobilio yang merupakan MPV dari platform Honda Brio ini menjadi salah satu deretan MPV terlaris di Indonesia. Selain dari desain, spesifikasi yang ditawarkan juga cukup kompetitif. Di tahun ini, Mobilio Facelift resmi diluncurkan, lantas apa saja perbedaan Honda Mobilio lama dengan versi baru atau facelift ini ?


Versi Facelift, pada sebuah mobil merupakan hal yang cukup penting. Hal itu mengartikan, sebuah mobil mengikuti perubahan zaman. Jika kita melihat perkembangan mobil saat ini, maka desain yang ditawarkan semakin futuristik.

Perubahan Mobilio Dominan Pada Sisi Eksterior


Dulu, kita melihat mobilio dengan lampu bulat mirip Honda Brio. Namun konsumen Indonesia lebih menyukai desain-desain Kodo. Yakni desain lancip dengan garis tegas. Untuk itu, mobilio melakukan banyak perubahan disisi eksterior.

Selengkapnya, perubahan pada New Honda Mobilio adalah sebagai berikut ;

1. Bumper yang lebih sporty

Kita mulai dari bagian depan, Bumper depan MPV Honda ini terlihat begitu sporty dan kokoh berkat aksen krom yang menyelimuti bumper dan disandingi dengan emblem khas Honda. Aksen krom yang lebar juga memberikan kesan kokoh pada New Mobilio sehingga pemiliknya bisa percaya diri melibas medan apapun.

2. Headlight lebih futuristik

Mobilio mengusung teknologi LED light guide terbaru yang bisa memberikan pencahayaan maksimal dengan pemakaian daya yang minim. Bentuk headligt MPV ini pun berubah drastis. Tidak ada lagi headlight berbentuk bulat yang bagi beberapa orang menimbulkan kesan lucu.

Headlight mobilio pun sudah berbentuk cukup sporty dengan sudut lancip yang mengikuti lekukan fascia. Pada tipe RS juga dilengkapi dengan LED Projie yang mampu memberikan pencahayaan maksimal.

3. Black Roof pada tipe RS

Pada New Mobilio tipe RS selaku tipe tertinggi akan dijumpai atap berwarna hitam. Desain ini kian menambah aura sporty pada New Mobilio. Saat ini memang jarang mobil dengan two tone body color. Beruntungnya, mobilio telah dilengkapi atap berwarna hitam secara default.

4. Desain velg baru pada Tipe RS

Rasanya, jika tidak lengkap apabila mobil dengan versi facelift masih menggunakan velg yang sama. Kesanya membosankan. Tapi, tenang saja Mobilio baru juga sudah melakukan perubahan pada desain velg. Namun perubahan ini hanya berlaku untuk tipe RS.

5. Sistem ABS dan EBD di semua tipe

Sebelumnya, sistem ABS dan EBD juga sudah tersemat pada safety system Mobilio. Namun fitur tersebut hanya tersedia pada tipe RS. Untuk Mobilio 2017, fitur ABS + EBD sudah disediakan di varian apapun dari Mobilio. Sehingga keselamatan berkendara dapat terwujud dengan baik.

6. VSA dan HSA pada tipe RS

Tipe RS lagi-lagi mendapatkan sentuhan perubahan. Kali ini sistem keamanan berbasis elektronik seperti Vehicle stabikity assist dan hill start assist sudah dibekali untuk stabilitas mobil yang cukup baik. Untuk varian lain, nampaknya perlu bersabar.

7. Head rest yang bisa di sesuaikan

Hal lain yang baru pada sisi Interior Mobilio yakni kursi yang digunakan oleh pengemudi. Sebelumnya, banyak pengguna yang mengeluhkan posisi riding yang kurang proporsional karena headrest yang kaku dan tidak bisa disesuaikan.

Kali ini kursi yang digunakan sudah berteknologi semi bucket ergonomis. Dengan head rest yang bisa diatur ditambah sayap kursi yang tebal, membuat posisi pengemudi dapat terjaga dengan baik.

8. Audio Touchscreen pada RS


Audio pada mobilio juga mendapatkan penyegaran. Terdapat head unit layar sentuh dengan lebar 6,8 inchi. Audio ini bisa kita sambungkan dengan USB, Smartphone dan Iphone. Untuk suara, mobilio RS sudah dilengkapi dengan 6 buah speaker.

Secara keseluruhan, mobilio lama dan baru memiliki spesifikasi yang sama. Baik pada mesin ataupun chasis masih mengusung platform sebelumnya.

Mesin yang digunakan masih menggunakan mesin 1.5 L SOHC VTEC+DBW yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 118 Ps pada 6.600 RPM dan torsi 145 Nm pada 4.600 RPM.

Spesifikasi teknis New Mobilio


  • Engine Type : 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
  • Bore x Stroke : 73,0 x 89,4 mm
  • Displace,ent : 1.496 cc
  • Comp Ratio : 10,3 : 1
  • Max. Power 88(118) Kw(PS) / 6.600rpm
  • Fuel System : PGM-FI
  • Dimmension : 4.398 x 1.683 x 1.603 mm 4.386 x 1.683 x 1.603 mm
  • Wheel base : 2.650 mm
  • Fuel tank Capacity : 42 L


Harga Honda Mobilio 2017


  • Honda Mobilio S M/T Rp.189.500.000,-
  • Honda Mobilio E M/T Rp.210.000.000,-
  • Honda Mobilio E CVT Rp.221.000.000,-
  • Honda Mobilio RS M/T Rp.233.000.000,-


Harga mobilio versi baru ini dibanderol lebih mahal daripada versi pendahulunya. Melihat perubahan yang terjadi, tidak heran harganya bisa menanjak.

Kesimpulanya, mobilio kini cocok digunakan untuk kalangan muda yang menyukai mobil-mobil keluarga. Meski power yang dihasilkan tergolong kecil dibandingkan para kompetitornya, desain yang disuguhkan cukup futuristik.

Demikian review singkat kita mengenai perbedaam Honda Mobilio lama dengan versi facelift atau baru. Semoga bisa menambah wawasan otomotif kita.