4 Perbedaan Suzuki Ertiga GX dan Dreza, Mana Yang Terbaik ?

Advertisement
Suzuki Ertiga, merupakan salah satu line-up low MPV di Indonesia. Ada banyak varian Ertiga yang dipasarkan di market Indonesia, antara lain Suzuki Ertiga GA, GS, GX dan Dreza. Suzuki Ertiga GX merupakan varian tertinggi dari seri Ertiga namun kehadiran Dreza memunculkan lini baru pada ertiga. Lantas apa perbedaan Suzuki Ertiga gx dan dreza ?



Pasar MPV di Indonesia, memang masih sangat kuat. Terbukti dengan semakin banyak mobil-mobil berlabel Multi Purpise Vehicle. Setelah Avanza mengeluarkan varian Veloz, Suzuki juga tak mau kalah. Suzuki memunculkan varian Ertiga Dreza sebagai pelengkap line-up MPV di Indonesia.


Secara fitur dan spesifikasi, baik ertiga gx dan dreza memiliki fitur yang sama. Hal ini karena dreza merupakan varian lain dari Ertiga yang memiliki aura kemewahan dan sportifitas yang tinggi.



Perbedaan Ertiga GX dan Dreza

perbedaan ertiga gs dan gx

1. Grill dreza berbentuk lebih lebar


Meski mengusung mesin yang sama persis, tapi ada perbedaan pada grill depan. Front grill yang terletak pada bumper berfungsi sebagai ventilasi tempat masuknya udara untuk mendinginkan mesin.


Pada Dreza, grill dibuat lebih lebar daripada versi ertiga standar. Hal itu tentu akan membuat pasokan udara ke mesin akan lebih bebas. Sehingga pendinginan mesin berlangsung maksimal. Paduan dual front grill ini juga membuat kesan dreza semakin elegan.


Sementara New Ertiga, mengusung gaya yang kokoh dan premium. Hal itu bisa terlihat pada aksen krom lebar pada grill depan Ertiga. Untuk urusan pendinginan juga baik karena memiliki radiator vent dibawah grill utama.


2. Ada tambahan rear spoiler secara default pada dreza


Sebelumnya, pada Suzuki Ertiga GA, GS, ataupun GX kita perlu membeli aksesoris seperti pijakan kaki dan rear spoiler secara aftersales. Namun pada Ertiga Dreza, spoiler belakang sudah disediakan secara default dari pabrikan. Sehingga akan terlihat sporty tanpa mengeluarkan biaya tambahan.


Spouler sebenarnya berguna pada mobil dengan jenis sedan dan sport. Hal ini sesuai dengan fungsinya untuk menjaga stabilitas mobil saat kecepatan tinggi. Namun untuk saat ini, spoiler digunakan sebagai style.


3. Dreza memiliki list LED pada area foglamp


Fitur LED list lamp pada area foglamp fungsinya sebagai variasi saja agar mobil terlihat lebih sporty. Lampu ini sudah dibenamkan pada Dreza secara default.


Sementara untuk Suzuki Ertiga GX masih mempertahankan gayanya yang kokoh dengan foglamp berbentuk bulat dengan cover stylish.


4. Interior Dreza memiliki tema two-tone


Berpindah ke area kabin mobil. Didalam kabin kita akan menemui fitur dan spesifikasi yang hampur sama pada kedua mobil ini. Namun tema yang disuguhkan kedua mobil ini berbeda.


Suzuki Ertiga mengusung dark background dengan dominan warna gelap. Pewarnaan ini akan menimbulkan kesan yang adem dan elegan didalam kabin.


Untuk mesin, baik ertiga GA, GS, GX maupun Dreza menggunakan satu varian mesin sama yaitu 1.4L DOHC 16 Valve. Teknologi yang digunakan juga sangat modern, terdapat teknologi VVT dah DBW (Drive by wire). Hasilnya, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 95 PS pada 6000 RPM dan 130 Nm torsi pada 4000 RPM.



Harga Ertiga GX dan Ertiga Dreza 2017


Dari semua uraian diatas, kita telah mengenal macam-macam hal yang membedakan Suzuki Ertiga GX dangan Dreza dari tampilan eksterior hingha interior. Lantas, berapa harganya ? kira-kira lebih mahal mana Ertiga GX atau Dreza ?



  • Ertiga GA 1.4 M/T Rp. 183.000.000
  • Ertiga GL 1.4 M/T Rp. 199.500.000
  • Ertiga GL 1.4 A/T Rp. 212.000.000
  • Ertiga GX 1.4 M/T Rp. 208.000.000
  • Ertiga GX 1.4 A/T Rp. 220.500.000
  • Ertiga Dreza MT Rp. 216.900.000
  • Ertiga Dreza AT Rp. 229.500.000
  • Ertiga Dreza GS – MT Rp. 223.900.000
  • Ertiga Dreza GS – AT Rp. 236.500.000


Harga diatas diambil dari situs resmi SIS ( Suzuki Indomobil Sales) selaku ATPM yang resmi memasarkan Suzuki di Indonesia. Namun harga diatas bisa berubah kapanpun. Hal itu bisa dipengaruhi lokasi anda membeli.



Lebih Bagus yang mana ? Dreza atau GX ?


Jika kita bandingkan harga diatas, Secara umum Ertiga Dreza memilik harga lebih mahal. Namun, perbedaan harga kedua varian ini tidak terlampau jauh.


Kesimpulanya, Ertiga Dreza sebagai varian baru pada Suzuki Ertiga menyasar pada konsumen dengan minat berbeda. Terlepas lebih bagus mana Ertiga GX ataupun Dreza, semua tergantung anda selaku konsumen. Secara fitur sama namun secara tampilan berbeda.



Tapi untuk membandingkan sebuah mobil dengan lainnya, tidak bisa hanya dari spesifikasi. Harga dan simulasi kredit juga menjadi hal penting saat ini apabila anda benar-benar akan membeli mobil baru.

Cara termudah untuk membandingkan mobil-mobil incaran kita adalah dengan menggunakan aplikasi atau website pihak ketiga seperti OLX, Momobil, atau Raja Mobil.

Di situs tersebut, kita tidak hanya bisa membandingkan spesifikasi mesin. Yang saya tahu pada Raja Mobil, kita bisa menggunakan fitur pencarian promo terbaik untuk mencari mobil yang sedang dalam masa promo baik baru maupun bekas.

Selain itu ada juga fitur simulasi kredit sehingga kita nantinya bisa mengestimasi kira-kira berapa uang yang harus disisihkan untuk membayar kredit mobil. Dengan mengetahui data-data ini, maka kita bisa dengan percaya diri datang ke dealer untuk meminang mobil incaran kita.

Itulah uraian singkat mengenai perbedaan Suzuki Ertiga GX dan Ertiga Dreza terbaru. Semoga bisa menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat.