Toyota Wish, Ini Kelebihan Serta Kekurangannya

Advertisement
Spesifikasi - Toyota Wish, mungkin beberapa orang masih belum familiar dengan nama ini. Tapi, mobil berjenis MPV ini pernah dipasarkan di Indonesia sekitar tahun 2004 hingga 2008. Penjualan harus dihentikan karena terkendala masalah pajak yang cukup mahal, ini membuatnya kalah bersaing dengan mobil sekelas.

Maklum saja, untuk mobil-mobil berstatus CBU yang juga memiliki spesifikasi mumpuni, pajak yang harus dikeluarkan cukup mahal. Namun mobil ini bisa dibilang sebagai MPV premium kala itu. Toyota Wish memang menyasar pada kalangan atas, kala itu Wish menjadi salah satu MPV dengan model futuristik yang bersaing dengan Honda Odsey gen 2, dan juga Nissan Serena.


Lantas apa saja spesifikasi gahar yang disuguhkan pada Toyota wish ini ? simak kelebihan dan kekurangan Toyota Wish dibawah



Kelebihan Toyota Wish


1. Mobil ini buatan asli Jepang


Toyota Wish yang dibuat sejak 2003 ini asli produk dari Jepang. Jika anda pergi ke Jepang, maka akan sangat mudah untuk menemui mobil MPV ini.


Hal itu, karena target pasar Wish yakni ada di Jepang dan daerah Asia Timur lainnya. Berbeda dengan Avanza atau Innova yang dirakit di dalam negeri, target pasarnya ialah pasar domestik sehingga harga lebih bisa dikendalikan.


Keuntungannya, mobil-mobil asli Jepang terkenal awet dan bandel. Bukan berarti menjelekan perakitan dimana pun, hanya saja di negeri asalnya Toyota Wish pasti dirancang oleh mereka para suksesor Toyota Global. Sehingga kualitasnya terjamin.


2. Desain yang futuristik


Mengambil tema futuristic desain, eksterior wish benar-benar futuristik dikala itu. Mungkin jika anda membandingkan Wish tahun 2006 dengan mobil-mobil keluaran sekarang, akan memiliki desain yang sebanding.


Aura khas negara Sakura juga kian terasa baik didalam kabin maupun dari sisi eksterior. Balutan interior mewah dengan bahan kursi premium membuat kesan Toyota Wish begitu futuristik. Si sisi eksterior juga telah mengusung headlight berteknologi LED Projector.


3. Kabin yang nyaman dan lega


Dimensi mobil ini cukup lega, karena jika lihat gambar Toyota wish saja cukup bongsor dan mengingatkan kita dengan Toyota Innova. Hal yang menarik, yakni konfigurasi kursi tengah yang bisa dilipat 50:50. Serta pelipatan flat yang membuat ruang bagasi terkesan lapang saat bangku dilipat.


Pada varian tertinggi, Toyota wish mengusung captain seat di jok tengah layaknya Alphard dan Velfire. Sehingga kian menambah kesan premium dan bisa memudahkan akses penumpang baris ketiga.


4. Mesin bertenaga


Di Indonesia, Toyota wish dipasarkan dalam 2 varian mesin. Yakni 1.8 L yang digunaka pada Altis dan 2.0 L seperti pada Toyota Camry 2.0. Mesin dengan kode IZZ-FE 1.8 L ini sudah berteknologi VVT-i dengan dukungan Electric Fuel injection. Hasilnya, tenaga yang dikeluarkan cukup besar yakni 130 Hp pada 6.000 RPM dan Torsunya 175 Nm pada 4.200 RPM.


Sementara untuk mesin berikutnya yang berkode IAZ-FE berkapasitas 2000 cc bisa mengeluarkan daya sebesar 152 Hp pada 6.000 RPM dan torsinya mencapai 192 Nm pada 4.000 RPM.


Tentunya mesinya cukup bertenaga untuk mobil-mobil sekelas MPV. Tapi, dibalik semua kelebihan Wish, menyimpan pula beberapa kekurangan. Antara lain ;



Kekurangan Toyota Wish


1. Boros bensin


Kekurangan pertama yang dikeluhkan oleh pengguna mobil-mobil bertenaga besar yakni bahan bakarnya. Satu liter, hanya sanggup menempuh jarak 8 - 10 KM. Bayangkan berapa liter yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan luar kota.


2. Sulit untuk membelinya dalam kondisi baru


Mobil ini dipasarkan di Indonesia sejak tahun 2005 itu juga lewat importir umum bukan melalui ATPM resmi Toyota. Sehingga untuk mencari Toyota Wish baru, akan sedikit kesulitan. Karena mobil ini berlokasi di Jepang.


Jika ada, harganya pun pasti melonjak cukup mahal. Tapi, jika mencari Toyota Wish bekas, mungkin saja kita bisa menemuinya. Pasalnya, dulu lumayan juga peminat Toyota Wish.


Harga Toyota Wish bekas, berkisar antara 150 jutaan. Harga ini sudah mengalami deflasi yang cukup signifikan. Memang itulah kendala memiliki mobil berjenis CBU (Completely Built-up ) harga yang jualnya akan langsung drop.


3. Pajak yang dikeluarkan cukup mahal


Masalah lain bagi mobil-mobil CBU yakni masalah pajak. Pajak mobil-mobil buatan luar akan lebih mahal karena perbedaan lokasi produksi. Selain itu kapasitas mesin yang besar juga mempengaruhi nilai pajak tahunan. Sehingga bersiaplah membayar pajak tinggi jika anda memiliki mobil ini.


4. Spare part mahal dan sulit didapat


Memang, Toyota sudah merebak ke pelosok negeri. Sehingga jaringan after sales mobil Toyota juga pasti terjamin. Namun apa jadinya jika mobil kita Toyota yang tidak dipasarkan secara resmi oleh ATPM ? maka sparepart yang dibutuhkan pasti tidak tersedia.


Dan lagi, kita harus membelinya ke importir yang harganya bisa jauh lebih mahal. Atau kita bisa menunggu spare part dari bengkel toyota namun biasanya bersifdat slow moving. Sehingga bisa menunggu berbulan-bulan untuk didatangkan dari Jepang.



Spesifikasi Teknis Toyota Wish



  • Dimension 4,590 x 1,745 x 1,590 (mm)
  • Wheelbase 2,750 (mm)
  • Front track wheel/Rear track wheel = 1,490-1,505 / 1,470-1,495 (mm)
  • Interior Space 2,660 x 1,470 x 1,315 (mm).
  • Engine Type : IZZ-FE (1.8) / IAZ-FE (2.0)
  • Valve : DOHC in-line 4 Cylinder
  • Max. Power : 130 Hp@6.000 / 152 Hp@6.000
  • Max. Torque : 170 Nm@4.200 / 192 Nm@4.000
  • Bore x stroke : 79 mm x 91.5 mm (1.8) / 86 mm x 86 mm (2.0).
  • Comp ratio : 10:1 (1.8) / 10.5:1 (2.0).
  • Fuel Economy : 7-9 km/L (dalam kota) & 11-13 km/L (luar kota).
  • Transmisi : Matic 4 Speed (1.8) / Matic Super CVT-i 7 Speed (2.0).
  • Suspension : MacPherson Strut (Front), Double wishbone (rear)



Dari uraian diatas, bisa disimpukan dulu MPV ini memang cukup berkualitas dan futuristik. Tapi untuk sekarang, di era green car mobil-mobil berplatform LCGC saja sudah memiliki desain yang aduhai.


Sehingga saat ini kehadiran Wish di Indonesia kemungkinan kurang diminati konsumen Indonesia yang banyak meminati varian Low MPV.


Namun, mobil ini cocok digunakan oleh anda yang ingin tampil beda. Memang mengendarai mobil yang berbeda dengan yang lain memiliki kesan tersendiri. Tapi, bersiaplah menrogoh kocek dalam-dalam untuk merawat dan mengoperasikan mobil ini.



Tips Menentukan Mobil Bekas Yang Akan Dibeli


Bagaimana ? apa anda tertarik dengan Toyota Wish ? Dalam hal pembelian mobil bekas, kita memang tidak bisa hanya membandingkan dua atau tiga mobil saja. Karena ada ratusan tipe mobil yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Masalahnya, apa anda bisa membandingkan ratusan mobil tersebut untuk mencari tahu mana yang terbaik ?

Tentu saja bisa dilakukan tapi anda butuh bantuan pihak ketiga seperti situs jual beli mobil contohnya OLX, momobil, atau raja mobil.

Dari ketiga situs diatas, yang paling saya ketahui adalah raja mobil. Karena disitus ini kita tidak hanya bisa membandingkan harga mobil-mobil bekas yang terposting. Tetapi juga ada mobil baru dari leasing terpercaya serta ada pula fitur simulasi kreditnya.

Fitur lain yang menurut saya cukup membantu adalah ;

  • Fitur pencarian promo, dari namanya saja jelas ini situs jualan mobil jadi yang dijual itu mobil semua. Sehingga kita bisa mencari promo terbaik dari semua mobil yang diposting.
  • Sistem asuransi juga bisa di proses langsung
  • Simulasi kredit untuk mobil baru dan bekas.
  • Bisa juga dipakai untuk menjual mobil kita.

Cukup daftar  sebagai member maka kita bisa menikmati semua fiturnya.

Demikian artikel singkat kita mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Wish, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita.