Pilih Motor Bebek, Matic Atau Koplingan ? Cek Perbandingan Berikut

Advertisement
Kelebihan Motor Bebek – salah satu masalah yang kerap menghamipi kita disaat akan meminang sepeda motor baru yakni mengenai jenis atau tipe yang kita pilih. Setidaknya ada tiga macam sepeda motor yang marak dipasarkan di Indonesia, yakni Motor Bebek, Motor Sport, dan Motor Matic. Piihan tersebut terkadang membuat kita bingung mana kira-kira yang cocok untuk kita pilih, diartikel ini kita akan membahas semua kelebihan serta kekurangan motor manual dan matic.


Motor manual seperti bebek dan sport, memang telah populer sejak awal mula motor diproduksi. Kehadiran motor kopling otomatis seperti  bebek juga membawa nama motor berjenis bebek tersebut melejit sejak pertengahan 1990-an.

Saat ini, muncul inovasi berupa motor berpenggerak otomatis yang tidak Cuma kopling namun transmisi juga telah diset otomatis, sehingga kita hanya menghidupkan mesin dan langsung tancap gas motor bisa jalan. Karena kepraktisan itu, motor matic saat banyak digunakan sebagai kendaraan utama untuk memenuhi mobilitas.

Namun, hal itu tidak membuat kedua tipe sebelumnya surut. Terbukti motor bebek saat ini masih diproduksi berarti masih memiliki nilai dimata peminat. Lantas, pilih motor manual atau matic ?

Tips Memilih Jenis Motor


Ada beberapa kriteria yang bisa anda gunakan untuk menentukan pilihan anda antara lain

1. Faktor Harga

Pertama, jelas kita harus menilik budget yang kita miliki dulu. Jangan sampai saat kita sudah hapy-hapynya akan membeli motor ternyata harganya terlalu mahal. Dalam hal ini, baik manual atau matic bisa lebih mahal bisa juga lebih murah.

Untuk kendaraan roda dua seperti motor, biasanya kapasitas mesin menjadi pembanding harga sepeda motor. Untuk motor bebek sekelas 100 – 125 cc, mungkin dibanderol mulai 13 hingga 16 juta rupiah. Sementara untuk motor matic dengan kapasitas sama, juga berkisar antara 14 hingga 17 jutaan.

Sementara pada motor jenis manual entah sport atau matic yang memiliki kapasitas mesin 150 cc keatas maka bisa dibanderol lebih dari 20 juta. Secara umum, memang motor sport dengan kelas mesin sama dibanderol lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

2. Faktor Penggunaan

Alasan selanjutnya anda harus bisa menentukan apa tujuan anda membeli motor, apakah digunakan sebagai transportasi untuk beraktifitas, atau untuk mendukung pekerjaan (ojek), ataukah hanya dijadikan koleksi. Selain itu anda juga harus mengira ngira seberapa jauh jarak yang anda tempuh nantinya menggunakan motor ini, karena jenis motor ini memiliki spesialis yang berbeda beda.

Jenis motor matic dan motor bebek, cocok untuk digunakan harian khususnya untuk mendukung pekerjaan anda jika anda memiliki jasa ojek. Selain itu untuk transportasi jarak dekat kedua jenis motor ini juga lebih cocok, sementara pada jalanan perkotaan yang identik dengan kemacetan rasanya lebih pas menggunakan jenis matic karena lebih hemat tenaga.

Sementara motor manual sport seperti vixion dan CB juga cocok untuk digunakan sebagai motor harian, namun dengan menggunakan sistem kopling manual maka anda diharuskan lebih fokus untuk mengendalikan kopling dan arah kendaraan, namun untuk transportasi jarak jauh tipe motor ini lebih cocok digunakan karena dari segi orghonomy juga lebih rileks.

3. Faktor Efisiensi

Mungkin beberapa dari anda menganggap motor dengan jenis matic itu lebih irit. Namun sebenarnya keiritan tersebut disebabkan kapasitas mesin yang tergolong kecil, sementara sistem kopling sentrifugal ditambah sabuk CVT sebagai transmisi membuat tingkat pemakaian bahan bakar lebih tinggi.

Sehingga jika dibandingkan motor manual dan matic dengan ukuran mesin yang sama maka akan lebih boros yang matic. Dalam hal ini, motor bebek dengan kapasitas mesin kecil lebih cocok anda pilih untuk memenuhi kebutuhan dengan faktor efisiensi yang mumpuni.

Sementara untuk motor tipe kopling manual juga bisa anda pakai, hanya saja motor-motor seperti ini umumnya memiliki mesin diatas 150 cc sehingga untuk rute jarak pendek sama saja boros.

4. Faktor Style

Faktor terakhir yang mampu mempengaruhi motor apa yang tepat dipilih adalah gaya atau style. Khususnya bagi anak muda yang memiliki budget lebih, mereka akan melirik kendaraan roda dua dengan model sport sebagai kebanggaannya.

Memang style setiap orang berbeda, ada yang menyukai model big matic ada pula yang menyukai naked sport, ada pula yang menyukai sport full fairing. Namun pastikan jika anda mengejar style, budget yang disiapkan juga harus banyak karena motor-motor dengan model ini biasanya dibanderol diatas 25 juta rupiah.

Lantas mana pilihan terbaik ?




Pilihan terbaik terletak pada pilihan anda berdasarkan penggunaan. Motor bebek merupakan pilihan terbaik untuk digunakan sebagai kendaraan mobilitas berangkat kerja atau sekolah karena keiritannya. Sementara matic juga cocok dipakai untuk urusan kerja dan cocok pula dipakai untuk jarak jauh karena kesimpelannya.

Sementara sport bike cocok dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan touring, namun motor jenis ini kurang baik untuk mengangkut barang. Kecuali anda memasang bagasi tambahan dibagian belakang motor.


Demikian artikel singkat mengenai kelebihan motor matic dibandingkan motor manual semoga bermanfaat.