Rangkaian dan Cara Kerja Lampu Sein Pada Mobil

Advertisement
Rangkaian Lampu Sein – Salah satu aspek dalam berkendaran adalah keselamatan, sementara itu sistem keselamatan pada mobil juga dibagi menjadi beberapa macam termasuk active safety dan pasive safety. Bicara soal active safety, maka akan terbesit sistem rem. Hal itu karena sistem rem secara aktif mengontrol laju kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan, tapi bukan hanya sistem rem yang masuk ke active safety system mobil.

rangkaian lampu sein dan hazard

Contoh lain adalah stop lamp, lampu sein/ritting, horn system, dan lampu DIM. Secara umum, sistem tersebut memang terdiri dari lampu namun fungsi utamanya bukan untuk menerangi melainkan untuk memberikan sinyal. Contohnya pada lampu sein dipakai untuk memberi sinyal ke pengemudi lain bahwa kendaraannya akan berbelok. Lantas bagaimana lampu sein/hazard bisa berkedip dan bagaimana cara kerjanya ?

Rangkaian Lampu Sein dan Hazard Sederhana


Jika anda lihat rangkaian dibawah maka akan terlihat rangkaian yang cukup simple, dimana tiap kabel dihubungkan dengan seluruh terminal dengan dua unit kontrol yaitu kontrol sein dan kontrol hazard. Apa itu lampu hazard ? lampu hazard merupakan sebuah lampu yang dihidupkan sebagai tanda bahaya. Lampu ini terletak pada lampu sein yang keempat-empatnya akan hidup secara bersamaan.

Ada pertanyaan yang sering membayangi kita, bagaimana lampu sein bisa berkedip ?

Pada rangkaian diatas, anda pasti akan melihat komponen bernama Flasher. Apa itu flasher ? sesuai namanya flasher berarti komponenkelistrikan yang digunakan untuk menimbulkan efek kedipan (flashing).

Bagaimana cara kerja flasher ? untuk cara kerjanya memang cukup rumit namun intinya, flasher bekerja dengan memotong dan menyambungkan arus listrik dengan frekuensi tertentu sehingga efek flashing akan terjadi. Selain flasher ada beberapa komponen penting yang harus ada pada sistem signal lamp antara lain ;

  • Baterai
  • Fuse
  • Ignition switch
  • Combination Switch (hazard and sign)
  • Flasher
  • Lampu (min.4)

Lantas bagaimana alur lampu sign dan hazard ini ? simak selengkapnya dibawah

Cara Kerja Lampu Sein Pada Mobil


Saat kunci kontak OFF, maka arus dari baterai hanya sampai IG dan tidak diteruskan ke input combination switch, sehingga lampu sein tidak akan menyala meski diaktifkan. Namun beda dengan hazard, ada satu inputan langsung dari baterai yang menuju saklar kombinasi hazard. Sehingga ketika hazard dihidupkan maka keempat lampu sein akan berkedip secara bersamaan.

Alurnya, arus dari baterai mengalir ke fuse kemudian langsung masuk ke saklar kombinasi. Saat saklar hazard dihidupkan akan terjadi perpindahan tiga kontak sekaligus. Kontak pertama akan menghubungkan arus baterai dengan input flasher. Kontak kedua dan ketiga digunakan untuk menghubungkan output flasher dengan saluran kabel sein kiri dan kanan.

Saat kontak ON maka arus dari IG bisa dilanjutkan menuju input combination switch. Ketika saklar hazard masih dihidupkan, maka kontak pertama masih terhubung dengan input kedua yang tidak melewati Ignition sehingga arus pada input pertama hanya stan-by.

Ketika saklar hazard dimatikan, otomatis ketiga kontak akan bergerak. Kontak pertama kembali terhubung dengan input dari ignition switch, karena posisi kunci ON maka arus dari IG bisa diteruskan ke input flasher.

Apabila saklar sein diaktifkan misal sein kiri, otomatis arus output dari flasher mengalir ke dalam saklar sign dan mengalir ke saluran lampu sein kiri sehingga lampu sein belok kiri bisa berkedip. Sementara itu, saklar sein ini memiliki tiga posisi posisi netral, posisi left dan posisi right.

Rangkaian pada lampu sein modern


Jika anda lihat rangkaian diatas, itu memang sangat sederhana namun konsumsi energi listrik kurang efisien. Untuk itu diera mobil modern seperti saat ini, rangkaian lampu riting juga dibuat lebih hemat namun secara visual lebih rumit.

Kita tidak akan menemui komponen flasher, karena sudah digantikan dengan mekanisme transistor didalam PCM (Powertrain Control Module) namun beberapa mobil masih terdengar bunyi ketikan seperti bunyi flasher ? bunyi tersebut berasal dari suatu sumber bunyi (speaker mini khusus) yang berguna meningkatkan respon pengemudi terhadap kondisi lampu.

Rangkaiannya, bisa anda pahami seperti pada gambar diatas. Demikian artikel singkat mengenai rangkaian dan cara kerja lampu sein pada mobil semoga bermanfaat.