Remote/Alarm Kunci Mobil Tidak Berfungsi, Apa Penyebabnya ?

Advertisement
Cara Mengatasi Remote Eror – Tak dipungkiri, semakin majunya perkembangan teknologi membuat sistem keamanan pada mobil juga semakin terupgrade. Contohnya alarm dan sistem remote kunci.

Remote key ini, berfungsi untuk membuka kuncian pintu mobil menggunakan tombol yang ada pada kunci kontak.

Namun permasalahan yang sering menghampiri sistem remote ini adalah ketika remote error, alias tidak berfungsi.

Meski kita pencet terus tombolnya pintu tidak mau terbuka dan mau tidak mau kita harus membukanya secara manual. Tapi ini memakan lebih banyak waktu sehingga masalah remote kunci macet juga tidak bisa dianggap sepele.

Oleh sebab itu, diartikel ini akan saya bahas berbagai penyebab alarm remote mobil eror dan cara mengatasinya.

penyebab remote kunci tidak berfungsi / error

Mengapa Remote Kunci Mobil Bisa Error ?


Remote/Alarm Key merupakan terobosan dalam sistem keaaman mobil yang memanfaatkan frekuensi radio untuk melakukan komunikasi.

Prinsip kerjanya seperti pesawat radio, ketika kita menyalakan radio maka receiver pada radio akan menangkap gelombang radio di udara sesuai selektor frekuensi  yang kita putar. Dan hasilnya terjadilah komunikasi satu arah berupa suara dari stasiun pemancar.

Dalam remote/alarm key, kunci bertugas sebagai stasiun pemancar sementara ada receiver didalam mobil yang terintegrasi dengan BCM (Body Control Module) sehingga ketika receiver menerima gelombang dari remote key otomatis BCM akan mengaktifkan suara alarm dan membuka kunci pintu.

Masalah kunci yang eror ini, bisa saja disebabkan karena ada kerusakan dari sektor pemancar dalam hal ini kunci kontak, atau karena penerima dalam hal ini BCM eror, atau bisa juga karena frekuensi yang dikirimkan berbeda.

Mari kita bahas satu persatu.

1. Anda Berada Di Daerah Frekuensi Kotor

Penyabab yang pertama mungkin akan anda rasakan pada saat tertentu yang tidak kita prediksi. Sesuai dengan penjelasan diatas, terkait frekuensi radio ketika kita berada di derah yang memiliki gelombang radio yang cukup padat atau bisa dikatakan kotor maka komunikasi antara kunci dan receiver akan terganggu.

Sehingga akan menimbulkan error pada sistem remote key, namun hal ini tidak bermasalah karena sistem remote akan kembali normal ketika kita beralih ke tempat lain.

Beberapa tempat yang memiliki frekuensi kotor antara lain didekat stasiun pemancar radio, diarea pemancar stasiun televisi. Atau didaerah lain yang memiliki komunikasi gelombang radio yang penuh.

2. Baterai Kunci Mulai Habis

Ini yang paling banyak dialami. Gejala awalnya, remote akan sedikit susah saat dipakai namun remote akan berfungsi saat kita tekan tombol terus menerus. Dan error ini juga terbilang jarang terjadi. Namun saat baterai kunci benar-benar kosong, maka remote akan sama sekali tidak berfungsi.

Alasannya karena pemancar didalam kunci juga memerlukan sumber tegangan. Sumber tegangan yang dipakai ini kecil, sehingga cukup menggunakan baterai knob atau berbentuk pipih bulat dengan diameter sekitar 2 cm atau kurang.

Jika baterai ini kehabisan daya, otomatis pemancar tidak memiliki cukup tegangan untuk menjalankan fungsinya. Solusinya anda perle mengganti baterai remote, baterai ini banyak dijual di toko elektronik dan bengkel-bengkel umum.

3. Pemasangan Baterai Yang Terbalik

Kalau sehabis mengganti baterai kunci tetap tidak mau berfungsi, justru malah mati total bisa jadi itu dikarenakan ada kelalaian yang anda lakukan.

Baterai remote pada dasarnya sama seperti baterai mobil yang menggunakan arus DC, sehingga pemasangannya tidak bisa sembarangan.

Untuk memastikan ini tidak terjadi, sebelum anda melepas baterai lama perhatikan dulu arah peletakan baterai. Sehingga masalah sepele semacam ini tidak terjadi.

4. Kerusakan Pada Rangkaian Pemancar (Transponder)

Penyebab terakhir memang yang paling menakutkan. Jika rangkaian pemancar didalam kunci rusak maka frekuensi yang dihasilkan bisa tidak sama seperti biasanya atau bahkan tidak mengirimkan frekuensi sama sekali. Sehingga meski ratusan kali kita menekan tombol kunci, receiver tidak menerima gelombang dari kunci.

Hal ini memang jarang terjadi, kecuali ada kejadian seperti kunci yang pernah jatuh dari ketinggian setidaknya 2 meter, atau kunci yang pernah tercemplung kedalam air. Jika hal-hal yang merusak kunci ini pernah anda alami, maka kemungkinan kerusakan kunci ada pada area pemancar. Jika ini terjadi anda harus menggantinya dan mereset ulang kunci anda.

Lantas Bagaimana Cara Mengatasi Remote Kunci yang Tidak Berfungsi ?


Dalam langkah dibawah akan kita jelaskan tahap-tahap memperbaiki kunci dengan mengganti baterainya. Untuk langkah awal, pastikan anda sudah menyiapkan baterai baru serta beberapa alat seperti obeng plus dan obeng pipih.

Perlu diingat juga, setiap kunci memiliki alur cover yang berbeda. Ada yang langung klem ada juga yang menggunakan sekrup, untuk itu sebelum anda membuka cover kunci, teliti terlebih dahulu garis sambungan cover kunci.

  • Pertama, pisahkan area ulir kunci dengan komponen remote. Tapi jika kuncinya terhubung dengan remote maka anda bisa langsung melepas covernya.
cara memperbaiki remote kunci yang rusak
  • Saat memisahkan area ulir kunci, anda bisa menggunakan obeng pipih atau pisau dengan catatan sudah tidak ada lagi sekrup yang mengaitnya.
  • Lanjut dengan membuka cover kunci, seperti awal teliti area cover untuk menemukan sekrup. Jika tidak ditemukan kemungkinan kunci itu menggunakan sistem klem, anda bisa langsung mencongkelnya secara hati-hati menggunakan benda pipih (Pisau atau Obeng Minus)
  • Jika sudah terbuka, maka anda akan menemui sebuah komponen berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 2 cm didalam remote. Komponen ini adalah baterai jenis pipih, keluarkan baterai dari dalam dudukannya. Perhatikan pula arah baterai agar pemasangan tidak terbalik.
modifikasi mobil bagian kunci
  • Beberapa kunci, mungkin menggunakan jenis baterai berbeda. Ada yang menggunakan baterai seperti diatas ada pula yang memakai baterai dengan diameter lebih kecil.
  • Pasang baterai baru dengan arah yang benar, terakhir tutup cover remote dan kencangkan.
service kunci mobil
  • Pasang pula area ulir kunci yang tadi terlepas.


Untuk mengeceknya silahkan anda tekan tombol kunci dari jarak sekitar 10 M. Pastikan pemasangan cover sudah benar-benar rapat untuk mencegah debu masuk ke area pemancar. Apakah penggantian ini perlu proses reset ?


Saya rasa tidak perlu karena pemancar tidak kita sentuh, kita hanya mengganti sumber tenaga dari pemancar itu. Sehingga kita tidak perlu melakukan reseting. Demikian artikel singkat mengenai penyebab dan cara mengatasi remote alarm kunci mobil yang tidak berfungsi. Semoga bermanfaat.