Daihatsu Taruna CSX 1.5 - Spesifikasi, Dan Harga Bekas

Advertisement
Harga Taruna CSX – pada awal abad 20, kendaraan berlabel SUV masih dikuasai oleh mobil mobil premium seperti Land cruiser, Pajero dan Blazer yang tentunya memiliki harga fantastis kala itu. Kehadiran Daihatsu Taruna ternayata membuka pasar tersendiri untuk kelas SUV perkotaan yang kala itu masih kosong, tak butuh waktu lama mobil keluaran Astra Daihatsu ini tenar di konsumen Indonesia.

Meski saat ini Daihatsu Taruna sudah tidak lagi diproduksi, masih banyak pecinta mobil lawas yang mengincarnya. Hal ini dikarenakan ada banyak alasan, salah satunya dari model dengan wheel base pendek yang khas. Dimana saat itu, mobil dengan model chasis seperti ini cukup jarang. Tapi model dari Taruna inilah yang menjadi platform Daihatsu Terios saat ini.

Daihatsu Taruna, diproduksi mulai tahun 1999 kala itu dengan model C series yang menggunakan mesin bensin kapasitas 1500 cc dan 1600 cc. Ditahun 2002, Taruna kembali mengenalkan varian baru yakni F series yang menggunakan mesin diesel untuk menunjang power dan fuel econominya. Diakhir masa produksinya, Daihatsu juga memperkenalkan varian Oxxy yang menjadi varian terakhir sekaligus terbaik dari dua seri sebelumnya.

Mesin yang diusung juga sudah berteknologi EFI, kita tahu saat itu memang cukup jarang mesin yang memakai sistem injeksi elektronik ini, hanya mobil berlabel premium yang sudah dilengkapi sistem Efi. Hasilnya tenaga yang dihasilkan juga lumayan bisa mencapai 85 PS pada 6.000 RPM dan torsinya mencapai 114 Nm pada 4.400 RPM.


Bagaimana Spesifikasi Daihatsu Taruna ?

spesifikasi daihatsu taruna CSX 2004

Mesin
  • Displacement : In-line 4 Cylinder 1.499 cc
  • Number of Valve : SOHC 4 Valve
  • Bore x Stroke : 76 x 82,6 mm
  • Comp Ratio : 9,5 : 1
  • Fuel Type : Petrol/Gasoline
  • Fuel System : EFI
  • Charge System : Naturaly Aspirated
  • Max.Power : 85 Ps/6.000 RPM
  • Max. Torque : 114 Nm/4.400 RPM
  • Fuel Tank Capacity : 52 Liter

Chasis
  • Transmission : Manual 5 Speed
  • Final Gear Ratio : 5.285
  • Weight : 1.140 KG
  • Overall Lengt : 4.276 mm
  • Overall Width : 1.620 mm
  • Overall Height : 1.790 mm
  • Ground Celarence : 195 mm
  • Wheel Base : 2.500 mm
  • Tires : 205/70 SR 15


Kelebihan Daihatsu Taruna


  1. Harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau untuk kelas SUV. Jika dibandingkan dengan SUV lain kala itu maka Taruna memiliki harga yang paling murah.
  2. Meski harganya tergolong murah, harga jualnya juga tidak terlalu ambruk. Hal itu dikarenakan ada banyak permintaan akan mobil ini sehingga drop price tidak sampai 50%.
  3. Spare part yang sangat melimpah, jika ada kerusakan maka anda bisa memperbaikinya di manapun tidak harus dibengkel besar. Sistem yang masih simpel beserta kondisi spare part yang berlimpah dari yang ori hingga yang KW membuatnya cukup diminati.
  4. Plat pada body mobil ini menggunakan bahan yang tebal, sehinngga akan menimbulkan kesan kokoh yang sporty.
  5. Modelnya tidak terlalu jadul, meski dibuat pada sebelum tahun 2000 model yang dianut Taruna tidak terlalu jadul. Bisa anda lihat sendiri, model short wheel base merupakan model yang banyak dipakai pada SUV saat ini dan desain lekukan body yang tidak terlalu lancip menimbulkan efek yang futuristik.
  6. Kabin juga cukup nyaman dan didesain secara sporty, untuk sekelas mobil tahun 2000-an Daihatsu taruna  bisa dikatakan tidak kalah dengan mobil-mobil sekarang untuk desainnya.
  7. Bisa pakai bensin oktan rendah, hal ini dikarenakan rasio kompresi mesin Taruna yang hanya 9,5. Imbasnya, bensin sekelas premium pun bisa ditenggak sebenarnya, namun karena premium sudah tidak ada anda bisa memakai pertalite tentunya dengan hasil yang lebih baik.

harga daihatsu taruna csx 2005

Kekurangan Daihatsu Taruna

  1. Sistem peredam kabin yang kurang bagus, ini akan menimbulkan suara gemuruh dari luar yang cukup jelas didalam kabin.
  2. Mesin yang terbilang boros, meski menggunakan sistem EFI tapi bahan bakar yang diminum itu cukup boros. Imbas dari rendahnya rasio kompresi memang harus memaksimalkan suplai bensin jika tidak tenaganya yang loyo.
  3. Gardan sering bermasalah, ada banyak pemilik yang mengeluhkan suara gemuruh dan getaran dari gardan mobil ini.
  4. Mobil cenderung limbung pada kecepatan diatas 80 km/jam, memang dengan desain body yang tebal dan agak menggembung akan memperburuk aerodinamis dari mobil ini.
  5. Akselerasi kurang mantap, imbas dari body tebal yang membuat bobot mobil bertambah akan melemahkan akselerasi mobil saat trek lurus.


Harga Daihatsu Taruna CSX Bekas

Dilansir dari berbagai situs jual beli online, maka ditemukan harga jual Daihatsu Taruna tipe CSX tahun 2000, 2001, hingga 2005 memang hampir sama yakni antara 65 hingga 95 jutaan. Perbedaan harga ini bisa disebabkan banyak faktor. Salah satunya kondisi body, kondisi mesin, kelengkapan surat dan jumlah kilometer pemakaian.

Tapi, secara umum Daihatsu Taruna memiliki ketahanan cukup baik. Terbukti dari tahun 2000-an hingga akhir tahun ini mobil ini masih banyak yang dijual belikan. Artinya kondisi mesin dan bodynya cukup kuat.

Demikian artikel lengkap mengenai harga dan spesifikasi Daihatsu Taruna CSX tahun 2000 hingga 2005. Semoga bermanfaat.