Daftar Harga Kampas Rem Depan Mobil Toyota (All Type)

Advertisement
Harga kampas rem Toyota – brake pad adalah salah satu komponen yang terdapat pada sistem pengereman cakram mobil. Rem cakram ini, hampir digunakan pada seluruh mobil untuk roda bagian depan.

Sistem rem cakram, dijadikan rem depan karena dinilai memiliki responsifitas yang tinggi sehingga mampu meningkatkan efisiensi dalam melakukan pengereman sehingga keselamatan bisa lebih terjamin.

Namun kalau anda jeli, kampas rem depan mobil cenderung lebih cepat habis dari pada kampas rem belakang yang menggunakan sistem tromol.

Ini memang benar saja, karena rem cakram itu menggunakan prinsip jepitan dengan dua buah kampas yang memiliki luas permukaan yang lebih kecil dibandingkan rem tromol. Sehingga karena kekuatan geseknya lebih kuat, serta luas penampang juga lebih kecil maka permukaan kampas jadi lebih cepat habis.

Apabila kampas sudah habis/tipis, apa yang harus dilakukan ?

Kalau itu terjadi, tak perlu pusing-pusing kita hanya perlu mengganti kampas rem cakram dengan yang baru.

Bagi mereka yang sudah lama memiliki mobil, mungkin penggantian kampas rem bisa dikatakan hal yang biasa. Tetapi bagi yang baru memiliki mobil mungkin akan dihadapkan pada masalah biaya. Berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan untuk ganti kampas rem mobil ?

Pertanyaan itu mungkin ada dibenak anda, tapi biaya ganti kampas rem itu sangat dipengaruhi oleh harga kampas rem itu sendiri. Biasanya, untuk mengganti kampas rem, pemilik mobil langsung membawanya  ke bengkel. Kalau ke bengkel resmi, kampas rem langsung diganti dengan kampas rem OEM (Original Equipment Manufacturer).

Namun kalau dibengkel umum, bisa saja anda diberikan pilihan untuk memakai kampas rem apa. Karena ada kampas rem aftersales yang memiliki harga lebih murah.

Lantas berapa harga kampas rem tersebut ?

Daftar Harga Kampas Rem Toyota


Kampas rem Toyota Calya Rp 485.000,-
Kampas rem Toyota Agya MT Rp 295.000,-
Kampas rem Toyota Agya AT Rp 425.000,-
Kampas rem Toyota Avanza Rp 455.000,-
Kampas rem Toyota Rush Rp 840.000,-
Kampas rem Toyota Kijang Rp 240.000,-
Kampas rem Toyota Kijang Innova Rp 625.000,-
Kampas rem Toyota All New Innova Rp 900.000,-
Kampas rem Toyota Vios Rp 606.000,-
Kampas rem Toyota Soluna Rp 606.000,-
Kampas rem Toyota Yaris MT Rp 860.000,-
Kampas rem Toyota Yaris AT Rp 951.000,-
Kampas rem Toyota All New Yaris Rp 910.000,-
Kampas rem Toyota Fortuner Rp 693.000,-
Kampas rem Toyota Hi Ace Rp 1.350.000,-
Kampas rem Toyota Hilux Rp 670.000,-
Kampas rem Toyota Altis Rp 461.000,-
Kampas rem Toyota Sienta Rp 977.000,-
Kampas rem Toyota Rino 115Ps Rp 705.000,-


Dari daftar diatas, bisa dikatakan harga kampas rem original Toyota sekitar setengah jutaan. Apakah itu wajar ? Tentu saja, karena kalau kita tilik harga kampas rem ori dari merk mobil lain juga harganya kurang lebihnya seperti itu. Tapi belum tahu kalau yang aftersalesnya.

Ciri kampas rem yang tipis/minta diganti

Seperti yang diutarakan diatas, penggantian kampas rem bisa dibilang sebagai rutinitas seperti aktifitas mengganti oli mesin. Tapi untuk interval gantinya, sedikit berbeda. Kampas rem diganti kalau permukaanya hampir habis. Tapi apa tanda-tandanya ?


  1. Ada bunyi saat rem diinjak, bunyi ini seperti gesekan dua logam. Ini berasal dari brake wear indicator yang terletak pada kampas rem yang menandakan bahwa kampas rem sudah tipis.
  2. Volume minyak rem turun, tanda lain juga bisa anda lihat pada minyak rem. Umumnya volume minyak rem itu penuh (bisa dilihat dari luar reservoir) namun kalau kampas rem tipis volumenya akan turun karena sebagian minyak rem masuk ke sistem hidrolis akibat piston yang lebih menonjol.
  3. Banyak debu pada velg roda, mungkin ini tanda yang kurang akurat. Tapi bagi anda yang jarang mencuci mobil maka velg depan cenderung lebih kotor karena debu rem. Kalau kondisinya sangat kotor (dibandingkan velg belakang) bisa menandakan kalau kampas rem hampir habis.

Ketiga tanda diatas bisa muncul kapan saja, umumnya awet tidaknya sebuah kampas rem dipengaruhi oleh kualitas bahan serta penggunaan rem untuk kita.

Ada kampas rem berbagan organic material yang lebih lunak. Jenis ini memiliki kekuatan pengereman serta ketahanan suhu yang cukup baik namun lebih boros dan berdebu. Tipe lain, menggunakan campuran keramik dan serbuk besi. Jenis ini lebih awet dan bersih, tetapi kalau bahan piringan rem jelek justru akan merusak piringan rem.

Demikian artikel lengkap dan singkat mengenai harga kampas rem mobil Toyota semua tipe. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bisa menjadi referensi untuk kita semua.