Daftar Harga Kopling Set (Kampas + Matahari) Mobil Toyota

Harga kampas kopling toyota - Pada mobil bertransmisi manual, sistem kopling menjadi salah satu komponen vital kendaraan karena kopling bertugas untuk mengubungkan dan menyambungkan putaran mesin dengan halus dan kuat ke transmisi

Sistem kerja kopling mobil menggunakan sistem gesekan. Sebuah plat kopling diletakan ditengah dua piringan yang berputar sesuai putaran mesin. Lalu ketika dua piringan tersebut menekan plat kopling maka plat kopling ikut berputar sehingga putaran dari mesin bisa terhubung ke transmisi.

Namun karena menggunakan sistem gesekan, maka ada friksi atau hasil gesekan berupa percikan dan ini sebuah gesekan juga berpotensi menyebabkan overheat.

Oleh sebab itu pada sistem kopling, plat kopling dibuat dengan bahan lebih lunak. Ini bertujuan supaya tidak timbul friksi berupa percikan melainkan friksi ini berupa debu kopling.

Debu kopling yang terlepas, itu berasal dari kampas kopling yang berbahan keramik. Oleh sebab itu dalam periode tertentu kita diharuskan mengganti plat kopling.

Bagi mereka yang belum pernah mengganti plat kopling untuk mobilnya, mungkin akan merasa kebingungan mengenai biaya yang dibutuhkan untk penggantian plat kopling ini. Salah satu hal yang mempengaruhi biaya ganti plat kopling adalah harga dari kopling itu sendiri.

Kita juga tidak bisa menebak begitu saja harga plat kopling, karena setiap mobil memiliki tipe dan konstruksi kopling yang berbeda sehingga harga menyesuaikan.

Harga Kopling Set Mobil Toyota


Sebagai bahan referensi, dibawah akan kami sediakan list harga kopling set mobil Toyota. Harga dibawah merupakan harga kopling set, artinya bukan hanya plat kopling. Kopling set terdiri dari plat kopling, matahari/pressure plate, dan release bearing.

Kampas kopling Toyota Avanza 1.3 Rp 900.000,-
Kampas kopling Toyota Avanza 1.5 Rp 954.000,-
Kampas kopling Toyota Rush Rp 1.011.000,-
Kampas kopling Toyota Agya Rp 840.000,-
Kampas kopling Toyota Yaris Rp 925.000,-
Kampas kopling Toyota Great Corolla Rp 925.000,-
Kampas kopling Toyota Vios Rp 1.175.000,-
Kampas kopling Toyota Soluna Rp 925.000,-
Kampas kopling Toyota Innova Bensin Rp 1.565.000,-
Kampas kopling Toyota Fortuner Rp 3.250.000,-
Kampas kopling Toyota Hilux Rp 3.250.000,-
Kampas kopling Toyota Dyna 115Ps Rp 1.385.000,-
Kampas kopling Toyota Dyna 125Ps Rp 2.205.000,-
Kampas kopling Toyota Dyna 130Ps Rp 1.925.000,-
Kampas kopling Toyota Sienta 1.5 Rp 965.000,-
Kampas kopling Toyota Etios Rp 1.760.000,-
Kampas kopling Toyota Innova Diesel Rp 1.920.000,-
Kampas kopling Toyota Kijang 5K Rp 1.120.000,-
Kampas kopling Toyota Kijang Efi 2.0 Rp 1.400.000,-


Harga yang tertera diatas diambil dari data bengkel Toyota serta pedangan part mobil. Harga diatas juga tidak fixed, artinya bisa berbeda di tiap daerah dan bisa berubah kapanpun.

Sehingga gunakan data diatas sebagai acuan untuk mengestimasi berapa kira-kira budget yang perlu disiapkan untuk mengganti plat kopling.

Artikel pendukung ; Ini biaya total ganti kampas kopling mobil

Apa bisa hanya mengganti plat kopling saja ?


Sebenarnya, dalam sistem kopling yang mengalami keausan hanyalah kampas kopling yang tertempel pada plat kopling. Sehingga kita harusnya hanya mengganti plat kopling.

Ini juga tidak sepenuhnya salah, karena penggantian kopling set itu dilakukan apabila kondisi pressure plate parah. Biasanya ini diakibatkan karena telat penggantian kampas kopling, sehingga terjadi gesekan langsung antara pressure plate dan plat kopling.

Hasilnya, permukaan pressure plate menjadi tidak rata dan penuh goresan. Apabila tetap digunakan maka nantinya akan menimbulkan masalah baru pada kopling seperti kopling bunyi dan kopling selip.

Oleh karena itu, segera lakukan penggantian plat kopling sesaat ketika anda merasakan gejala kampas kopling habis. Harga plat kopling, bisa setengah dari harga kopling set diatas.


Bagaimana Ciri-Ciri Kopling Yang Habis


Kopling terasa lebih tinggi dari biasanya meski tidak melakukan penyetelan ketinggian pedal kopling.

  • Mesin nggerung, ketika mobil membawa beban
  • Tenaga mesin berkurang drastis dengan catatan tidak ada masalah di engine.
  • Tuas transmisi sulit dipindahkan.
  • Sebelumnnya, tercium bau sangit dari depan mobil. Apabila bau sangit itu menjadi menyengat maka hentikan kendaraan karena kampaa kopling sudah benar-benar habis.
Selengkapnya bisa simak ; 6 Tanda Kopling Mobil Rusak + Solusinya

Demikian yang bisa disampaikan mengenai harga kampaa kopling mobil Toyota. Semoga bisa menambah wawasan kita dan bisa menjadi referensi untuk kita semua.