6 Komponen Kelistrikan Sepeda Motor + Gambar dan Fungsinya

Advertisement
Sistem kelistrikan sepeda motor - Meskipun rangkaiannya lebih sederhana dari pada kelistrikan mobil, komponen-komponen pada sistem kelistrikan sepeda motor juga tidak bisa dikatakan sedikit.

Lihat saja pada bagian depan motor, selain lampu kita juga menemukan panel-panel indikator yang masuk dalam sistem kelistrikan sepeda motor. Apalagi kalau motor kita sudah berteknologi efi, pastinya skema kelsitrikannya juga bertambah rumit.

Namun, pada artikel ini akan kita bahas dengan tuntas semua komponen sistem kelustrikan sepeda motor beserta masing-masing fungsinya.

Secara umum komponen sistem kelistrikan dibagi menjadi tiga kelompok yakni ;

  • Power source
  • Control
  • Load
  • Wiring


Tapi setiap kelompok tersebut memiliki beberapa komponen lagi. Apa saja ? silahkan simak lanjutan artikel ini untuk lebih jelasnya.


Komponen Sistem Kelsitrikan Motor dan Fungsinya

belajar merangkai kelistrikan mobil pdf

1. Baterai

Baterai adalah sumber arus bagi sistem kelistrikan motor. Namun, pada sepeda motor fungsi baterai sebenarnya tidak terlalu keras karena baterai ini hanya diperlukan ketika kita menyalakan sistem kelistrikan ketika mesin masih mati. Contohnya pada sistem starter.

Ini karena suplai arus listrik utama akan dipenuhi oleh komponen spul selaku altnator yang menghasilkan listrik. Saat spul bekerja, fungsi baterai tidak lagi senagai sumber arus melainkan sebagai penyimpan arus listrik.

Meski bentuk baterai motor itu lebih kecil dibandingkan baterai mobil namun voltasenya masih sama yakni 12 volt. Yang berbeda hanyalah daya dari baterai tersebut, baterai motor yang ukurannya lebih kecil jelas dayanya juga lebih kecil.

2. Spul dan kiprok


belajar sistem kelistrikan pdf

Komponen berikutnya juga termasuk dalam power suplai kelistrikan motor. Spul berfungsi layaknya generator yang bertugas menghasilkan arus listrik, sementara kiprok atau regulator bertugas meregulasi listrik yang dihasilkan spul.

Mengapa listrik dari spul harus melewati regulator ?

Ini karena arus listrik yang dihasilkan tidak konstan pada satu titik tegangan. Tegangan listrik ini bervariasi tergantung RPM mesin, artinya saat RPM rendah tegangannya juga rendah ( dibawah 12 V), begiru pula ketika RPM tinggi tegangan yang terbentuk lebih dari 14 volt.

Tugas kiprok untuk mencegah terjadinya over charging untuk mengamankan rankaian kelistrikan.

3. Switch and Module


jalur kelistrikan honda grand

Switch adalah sakelar yang berfungsi sebagai tempat mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan. Kita bisa menemukan saklar ini pada stang motor, ada banyak saklar yang didominasi oleh saklar lampu.

Beberapa switch yang ada pada motor secara umum adalah seperti berikut ;

  • Saklar lampu utama (low beam)
  • Saklar lampu jauh (high beam)
  • Saklar sein kiri dan kanan
  • Saklar klakson
  • Saklar Starter
  • Saklar lampu flash (optional)


Selain dari saklar, ada pula komponen pengontrol yang bergerak secara otomatis. Namanya module, fungsi module ini sebenarnya hampie sama dengan switch manual yakni untuk mengaktifkan sebuah sistem kelistrikan secara otomatis sesuai kondisi yang di tetapkan.

Artinya, kita tidak perlu melakukan pengaktifan secara manual. Contohnya bisa anda lihat pada engine management system yang terdapat pada motor injeksi.

Disitu, sistem bahan bakar digerakan oleh ECU yang bisa mengatur suplai bensin secara otomatis.

4. Wiring

Wiring atau kabel merupakan serangkaian kabel yang berfungsi menghubungkan arus listrik dari power source melewati saklar dan sampai ke beban.

Karena didalam sistem kelistrikan motor itu banyak macamnya, maka wiring ini juga dibedakan menggunakan sistem warna. Contoh untuk menentukan masa maka kabel yang dipakai itu berwarna hitam, sedangkan untuk kabel yang mengandung powee source biasanya berwarna merah.

Sistem pembedaan warna ini ditujukan untuk mempermudah pendeteksian masalah apabila ada gangguan kelistrikan pada motor.

5. Load atau beban


merakit sistem kelistrikan motor pdf

Load atau beban merupakan ujung tombak dari suatu rangkaian kelistrikan yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi dari listrik menjadi energi yang diinginkan.

Didalam motor ada banyak load seperti misalnya lampu. Lampu (bolam/LED) merupakan beban yang mengubah energi listrik menjadi cahaya. Selain itu ada juga klakson yang mengubah energi listrik menjadi suara.

Selain pada area body, load juga bisa kita temukan pada mesin. Contohnya busi yang mengubah energi listrik menjadi percikan api dan injektor yang mengubah energi listrik menjadi gerakan membuka katup.

6. Pengaman rangkaian


jalur kelistrikan motor yamaha

Satu lagi komponen yang tak kalah penting pada sistem elektrikal sepeda motor adalah komponen pengaman rangkaian. Komponen yang masuk dalam pengaman ini adalah fuse dan relay.

Fuse akan mencegah terjadinya aliran arus listrik berlebih yang bisa menyebabkan kebakaran pada suatu rangakaian kelistrikan. Sementara relay dipakai untuk mengamankan kelompok komponen saklar dari arus besar.

Kedua komponen ini, tidak terlepaskan pada sebuah sistem kelistrikan baik pada mobil maupun sepeda motor.

Demikian artikel lengkap dan jelas mengenai komponen sistem kelistrikan sepeda motor semoga bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat bagi kita semua.