5 Komponen Wiper Pada Mobil + Fungsinya

Advertisement
Winshield system atau lebih familiar disebut wiper merupakan mekanisme pengusap kaca depan mobil untuk membersihkan embun air pada permukaan kaca depan mobil. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara kerja wiper mobil.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas satu persatu komponen yang berinteraksi pada mekanisme dan kelistrikan wiper. Lalu apa saja komponennya ?

Komponen Wiper Mobil dan Fungsinya


Total ada sekitar 5 komponen pada wiper yakni ;

1.Wiper blade


img ; motorgurumag.com

Kalau diartikan, wiper blade adalah pedang wiper. Memang bentuknya mirip seperti pedang, namun wiper blade tidak digunakan untuk menebas apapun tapi digunakan untuk menebas air yang menempel pada permukaan kaca mobil.

Wiper blade sendiri terdiri dari frame dan karet, frame digunakan sebagai rangka untuk melekatkan karet wiper. Karet wiper inilah yang mampu membersihkan air pada permukaan kaca mobil. Karet elastis ini, akan mengusap kaca mobil secara bolak balik. Karena sifatnya yang elastis maka kaca ini mampu membersihkan air yang diusap tanpa menimbulkan baret pada kaca mobil.

2. Wiper arm


img ; quadratec.com

Wiper arm adalah komponen yang letaknya dibawah wiper blade, fungsi wiper arm adalah sebagai lengan penghubung antara bagian mekanisme penggerak wiper dengan wiper blade. Selain itu, wiper arm juga digunakan memastikan wiper blade menempel ke kaca mobil.

Kalau anda lihat, ada pegas didalam wiper arm. Pegas ini dipakai untuk memberi efek tekanan pada wiper blade sehingga karet pada wiper blade bisa sedikit menekan kaca. Ini akan membuat proses pengusapan air menjadi lebih rata.

3. Wiper link mechanism

Mekanisme penggerak wiper fungsinya ada dua yakni mengubah gerakan putar motor menjadi gerakan bolak balik dan menyalurkan gerakan bolak balik menuju dua wiper arm yang tersedia.

Untuk mendukung fungsi ini, maka wiper link mechanism terdiri dari beberapa bagian antara lain ;

  • Crank rod, berfungsi untuk mengubah gerakan putar menjadi gerakan bolak balik bersama connecting rod.
  • Connecting rod, berfungsi untuk menghubungkan gerakan dari crank rod ke lengan wiper.
  • Wiper short arm, merupakan lengan wiper pendek yang terdapat didalam wiper link mechanism. Ujung lengan pendek ini, akan dibaut dengan wiper arm dan ujung satunya terletak pada engsel atau pivot arm.
  • Pivot arm, merupakan poros lengan wiper agar lengan wiper mampu bergerak secara bolak balik.
  • Wiper link, merupakan sebuah batang yang menghubungkan short arm kiri dengan yang kanan. Sehingga, wiper bisa bergerak bersama-sama.


4. Wiper motor



Fungsi wiper motor adalah sebagai pengubah energi dari energi listrik menjadi energi putar. Disinilah sumber tenaga wiper berasal, motor yang ada pada wiper juga sama seperti motor listrik DC pada umumnya. Hanya saja, disini terdapat mekanisme pereduksi putaran motor.

Bisa anda lihat, pada poros motor wiper terdapat worm gear. Worm gear ini akan mereduksi putaran motor jauh lebih lambat. Sehingga meski putaran motor tinggi, wiper tetap akan bergerak santai. Tujuan reduksi putaran ini tidak lain agar gerakan lengan wiper bisa lebih teratur.

5. Wiper electricity control


Terakhir, wiper dapat bekerja dengan normal apabila ada rangkaian kelistrikannya. Rangkaian kelistrikan wiper bisa dibilang agak rumit karena wiper memiliki satu saklar dengan variasi kecepatan berbeda, atau mirip seperti kipas angin. Ada kecepatan rendah, ada kecepatan sedang dan ada kecepatan tinggi.

Beberapa komponen yang ada pada bagian pengontrol kelistrikan wiper adalah ;

  • Baterai, sebagai sumber listrik untuk menggerakan motor wiper.
  • Saklar kombinasi, berfungsi untuk mengaktifkan sistem wiper sesuai dengan mode kecepatan yang dikehendaki.
  • Fuse, berfungsi sebagai pengaman komponen kelistrikan dari lonjakan arus besar.
  • Relay, berfungsi untuk menjembatani listrik dari baterai agar bisa langsung masuk ke motor tanpa berputar-putar lebih jauh.
  • Kabel penghubung, berfungsi sebagai penyalur listrik ditiap komponen.


Itu saja artikel singkat tentang komponen wiper dan fungsinya. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.