Transmisi Matic – Pengertian, Kelebihan dan Cara Kerja

Advertisement
Dulu semua mobil itu pasti dilengkapi dengan tiga buah pedal, yang berperan sebagai pedal gsa, rem dan kopling. Namun mobil-mobil sekarang kebanyakan hanya dilengkapi dua buah pedal yakni pedal gas dan rem. Lalu apakah itu artinya mobil sekarang tidak dilengkapi dengan kopling ?

Mobil dengan dua pedal atau sering disebut sebagai mobil matic tetap menggunakan kopling. Tapi kopling yang digunakan sudah bekerja secara otomatis. Lalu bagaimana sistem transmisi matic ini bekerja dan apa saja kelebihannya dibandingkan transmisi manual ?

Pengertian Transmisi Matic


Automatic transmission atau biasa disebut transmisi matic merupakan mekanisme perpindahan perbandingan roda gigi pada powertrain mobil yang bekerja secara otomatis berdasarkan beban dan kecepatan mobil.

Dengan kata lain, pada transmisi matic ini masih memiliki gigi percepatan 1, gigi percepatan 2, dan seterusnya. Namun perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2 itu sudah berlangsung secara otomatis, lalu siapa yang memindahkan ?

Ini adalah tugas dari transmission control module (TCM) yang bekerja menggunakan tekanan hidrolik untuk oper gigi.

Apakah mekanisme perkaitan gigi didalam transmisi sama dengan tipe M/T ?

Tentu berbeda, transmisi manual itu menggunakan keterkaitan antar dua roda gigi yang memiliki diameter berbeda. Sementara transmisi manual itu menggunakan rangkaian planetary gear, apa itu nanti kita jelaskan dibawah.

Termasuk dengan transmisi motor matic juga beda dengan transmisi mobil matic yang kita bahas saat ini. Motor itu menggunakan CVT (continously variable transmission) yang bekerja menggunakan dua buah pulley dengan diameter masing-masing mampu membesar dan mengecil.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Transmisi Matic Pada Mobil ?


Seperti yang kita singgung diatas, transmisi otomatis pada mobil bekerja menggunakan rangkaian planetary gear.


Planetary gear adalah susunan roda gigi yang menyerupai sebuah planet yang mengitari sebuah pusat galaksi. Terdapat empat komponen utama pada plaanetary gear ini yakni ;

  1. Center gear, merupakan gigi pusat atau gigi poros yang terletak dicentral susunan roda gigi.
  2. Planet gear, merupakan tiga buah roda gigi yang terletak dibagian luar center gear.
  3. Ring gear, merupakan gear dengan ulir dalam yang terkait dengan ketiga planet gear.
  4. Planet gear carrier, merupakan frame atau rangka yang digunakan untuk meletakan ketiga planet gear.


Dalam hal ini, center gear dan ring gear berperan sebagai input lalu panet gear carrier berperan sebagai output dan planet gear berperan sebagai gigi pereduksi putaran input untuk menghasilkan rasio gigi yang bervariasi.

Secara sederhana, ketika center gear berputar lalu ring gear tertahan (diam) maka putaran pada carrier akan jauh lebih lambat dibandingkan putaran pada center gear. Kalau dibalik, ketika ring gear berputar dengan kecepatan sama dan center gear ditahan (diam) maka putaran carrier juga masih lebih lambat dari putaran ring gear namun lebih cepat dibandingkan kondisi yang pertama. Ini bisa diartikan sebagai posisi gigi 1 dan 2.

Sementara kalau ring gear dan center gear berputar dengan kecepatan sama, maka carrier juga akan berputar dengan kecepatan yang sama. Ini bisa diartikan sebagai posisi gigi 3.

Siapa yang mengatur putaran ring gear dan center gear ?

Ini adalah tugas aktuator didalam transmisi, secara simple terdapat mekanisme braking yang dapat menahan center gear ataupun ring gear untuk berputar. Disisi lain, ada juga mekanisme kopling multi plate yang digunakan untuk memutar ring gear ataupun center gear.

Sekali lagi, yang mengatur mekanisme braking dan kopling didalam transmisi ini adalah “solenoid valve actuators” yang bekerja berdasarkan perintah dari TCM.

Apa Kelebihan Transmisi Matic ?


  1. Mudah dioperasikan
  2. Lebih responsif khususnya saat jalan macet
  3. Tidak menimbulkan kelelahan berlebih dibandingkan mobil manual


Posisi Pada Selektor/Tuas Transmisi Matic

Meski perpindahan gigi berlangsung secara otomatis, namun mobil matic tetap dilengkapi dengan tuas transmisi. Namun tuas transmisi matic beda dengan transmisi manual. Ada beberapa posisi pada tuas transmisi matic yakni


  • P, merupakan “park” yang artinya poros transmisi akan tertahan/terkunci sehingga mobil tidak bisa didorong maju atau mundur.
  • R, artinya “reserve” atau mundur, posisi ini digunakan untuk membalikan putaran poros output transmisi sehingga mobil bisa berjalan mundur.
  • N, artinya “netral” yang akan mencegah aliran tenaga dari poros input ke output transmisi namun mobil masih bisa didorong (poros transmisi tidak terkunci).
  • D, artinya “drive” atau jalan, diposisi inilah anda tarik tuas transmisi untuk menjalankan mobil.
  • 1, artinya manual gear change pada posisi gigi 1. Atau anda memilih mode manual dengan memilih percepatan 1, dalam mode ini tidak terjadi perpindahan percepatan gigi secara otomatis.
  • 2, artinya manual gear change posisi 2. Ini juga sama dengan diatas tapi posisi gigi ada pada percepatan 2. (beberapa mobil juga melabelkan D1, D2 atau M1, M2)
  • L, artinya “Low” atau bisa dimaksudkan tingkat perubahan percepatan transmisi hanya berlangsung pada gigi rendah (1 dan 2 saja). Ini ditujukan untuk penggunaan dimedan yang menanjak serta agar bisa beradaptasi dengan beban berat yang dibawa mobil.

itu saja artikel singkat tentang pengertian dan cara kerja transmisi matic pada mobil. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.