Cara Mudah Mengecek Air Aki Mobil

Advertisement
Salah satu komponen mobil yang sensitif adalah aki. Karena sensitifnya aki, kita sebagai pemilik mobil harus selalu mengecek kondisi komponen tersebut. Karena kalau tidak, aki bisa drop/tekor bahkan meledak. Imbasnya, mesin mobil tidak bisa distart karena sistem starter itu menggunakan aki sebagai sumber tenaganya.

Aki sendiri, dibagi menjadi dua kelompok utama yakni ;

  • Aki basah, merupakan aki dengan elektrolit yang bisa diisi ulang melalui tutupnya.
  • Aki kering, merupakan jenis aki tertutup yang tidak perlu diisi elektrolitnya (maintenance free)


Dalam hal ini, pengecekan aki harus dilakukan baik pada aki kering atau aki basah. Tapi khusus untuk aki basah kita wajib melakukan pengecekan elektrolit/air akinya karena sifat aki basah ini terbuka (memiliki ventilasi pada tiap tutup aki). Sehingga air aki berpotensi kurang.

Mengapa air aki perlu dicek ?

Aki basah merupakan tipe ventilated battry yang memiliki lubang ventilasi di tiap selnya. Sehingga air aki didalam sel baterai sangat berpotensi kelua, inilah yang dapat menyebabkan air aki habis. Padahal, pada air aki ini reaksi kimia yang menghasilkan energi listrik berjalan. Sehingga kalau air aki kurang bahkan habis, aki tidak mampu menghasilkan cukup energi listrik.

Lalu bagaimana cara memeriksanya ?

Cara mengecek air aki


Untuk mengecek air aki, caranya cukup mudah karena anda harusnya bisa melihat langsung level ketinggian air aki pada box aki. Supaya lebih detail, ini langkah pengecekan air aki yang aman.

1. Siapkan lap (bisa kain bekas)

Fungsi lap ini adalah untuk membersihkan box aki yang kadang tertutup debu. Debu yang menempel pada box aki dapat menghalangi level aki, sehingga pembacaaan akan sulit dilakukan. Tapi kalau kita mengelapnya, otomatis ketinggian air aki lebih mudah dibaca.

2. Cari penanda/level akinya



Level air aki ini, umumnya terletak dibagian depan aki. Anda dapat menemukannya pada sisi yang mencantumkan merk aki tersebut, biasanya level ini hanya tertulis “upper level” dan “lower level”. Kalau anda menemukan level ini, jangan lupa untuk membersihkan area ini dengan lap agar pembacaan level air aki bisa lebih mudah.

3. Kalau susah diakses, anda harus melepas aki dari mobil

Terkadang, ada mobil yang memiliki tata letak ruang mesin yang sangat amat sesak (biasanya kendaraan penggerak depan). Sehingga saat kita akan mengecek bagian depan aki pun terhalang oleh komponen mesin lainnya.

Solusinya, anda harus melepas/menurunkan aki dari kendaraan. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu melepas dua terminal aki menggunakan kunci 10 lalu melepas braket/penahan aki juga dengan kunci 10. Setelah terminal dan braket aki dilepaskan, anda bisa langsung mengangkat aki kemudian menurunkannya dari mobil agar lebih mudah dibaca.

4. Cek ketinggian aki tiap sel

Untuk mengecek ketinggian air aki, anda hanya perlu melihat ketinggian permukaan air aki pada level penanda air aki. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, level penanda ini biasanya ada disisi depan (yang ada merk akinya).

Box aki ini, biasanya transparan sehingga anda bisa melihat permukaan air aki yang terletak didalam aki. Pastikan permukaan air aki ada diantara lower level dan upper level. Namun, pastikan juga aki sudah diletakan dipermukaan yang rata agar pengecekan bisa lebih akurat.

Tapi, bagaimana kalau air aki tidak tembus ?


Biasanya untuk aki yang sudah berumur lama kondisi box aki akan sedikit buram sehingga menyulitkan untuk mengecek level aki. Jalan keluarnya, anda bisa menggunakan senter. Tapi kalau belum tembus juga, cara terakhir anda harus membuka semua tutup aki lalu melihat air akinya. Kalau air aki sampai diatas sel aki (sel aki terendam air aki) maka bisa dikatakan itu masih penuh.

Tapi bagaimana kalau kurang ?

Kalau kurang, anda bisa menambahkannya dengan air aki yang bisa dibeli di bengkel-bengkel motor/mobil. Harganya pun cukup terjangkau paling hanya 10 ribu anda bisa mendapatkan satu botol air aki.

Perawatan pada aki basah agar lebih awet

1. Selalu bersihkan terminal aki

Kadang terminal aki dipenuhi oleh kerak karbon imbas dari reaksi kimia didalam aki. Karbon ini bisa menghambat aliran listrik dari aki, sehingga anda harus membersihkan kerak pada terminal aki menggunakan air panas.

2. Pastikan tutup aki tidak ada yang tersumbat

Tutup aki yang tersumbat, menjadi pemicu aki menggelembung. Untuk menghindarinya, anda harus selalu menjaga agar tutup aki tidak tersumbat. Caranya bisa menggunakan angin bertekanan, atau dengan dicuci.

3. Anda bisa membeli busa cover aki untuk melindungi area tutup aki dari debu

Kalau ingin efektif, anda bisa membeli busa penutup aki yang dipasang untuk melindungi permukaan atas aki dari debu yang beterbangan. Ini akan mencegah tutup aki yang tersumbat.

Selengkapnya ; 6 tips perawatan aki mobil

Itulah sedikit tips tentang cara mengecek air aki mobil, tips ini juga bisa anda terapkan untuk mengecek aki sepeda motor. Semoga bisa menambah wawasan kita.