Berapa Biaya Perbaikan Power Window Mobil ? Ini Detailnya

Advertisement
Mobil-mobil sekarang hampir semuanya menggunakan elektrik power winodow. Jadi untuk menaik turunkan kaca pintu kita tinggal tekan saklar power window, otomatis kaca pintu akan terbuka/tertutup.

Terlihat cukup mudah bukan, coba bandingkan dengan yang dulu dimana untuk menurunkan kaca pintu kita harus menyiapkan tenaga untuk memutar engkolan yang terletak di door trim. Namun kemudahan yang kita rasakan sekarang tidak menjamin kalau sistem tersebut akan membuat kita nyaman.

Pasalnya, semua yang berhubungan dengan elektronika kalau rusak susah memperbaikinya. Kalau power window manual, itu bersifat mekanis. Kalaupun ada masalah, bisa diservis di bengkel manapun.

Tapi kalau elektrik power window, maka kita harus mengganti komponen yang mengalami kerusakan. Tentu biayanya pasti lebih tinggi.

Bicara soal biaya, kira-kira berapa dana yang perlu kita siapkan untuk memperbaiki kerusakan pada elektrik power window ?

Baiklah hari ini akan kita ulas secara detail biaya perbaikan power window dari berbagai sisi kerusakan.

Biaya perbaikan power window


Kalau ada pertanyaan, “power window mobil saya macet, kira-kira berapa biaya untuk memperbaikinya ?”

Jawabannya tergantung jenis kerusakan dan juga jenis mobilnya.

1. Jenis kerusakan power window mempengaruhi biaya perbaikan

Jelas saja, karena elektrik power window itu disusun dari berbagai komponen yang apabila rusak kita perlu menggantinya. Dan semua komponen tersebut jelas memiliki harga yang bervariasi.

Umumnya, kalau power window anda tersendat-sendat (kadang berfungsi kadang tidak) itu disebabkan dari switch atau saklarnya. Dimana didalam saklar terdapat plat logam, plat ini bisa saja renggang atau kotor.

Kalau kondisinya seperti itu, maka kinerja swicth juga tersendat. Kadang berfungsi normal, kadang putus-putus, dan kadang juga tidak berfungsi sama sekali.

Apa swicth power window bisa diperbaiki ?

Kabar baiknya, beberapa bengkel spesialis bisa melakukan hal ini dengan catatan kondisi internal swicth masih normal. Tapi kalau didalamnya sudah terbakar (gosong) kita harus menggantinya. Harga swicth ini sendiri bervariasi, untuk mobil Jepang sekitar 200 ribuan. Namun untuk mobil Eropa bisa tembus 500 ribu untuk yang master/driver swicthnya.

Tapi kalau bisa diperbaiki, tentu biayanya bisa jauh lebih murah.

Selain dibagian switch, komponen lain yang sering terkena masalah adalah motor power window. Elektrik power window menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya, kalau motornya kena otomatis power window akan macet.

Untuk perbaikan motor sendiri sama seperti perbaikan motor listrik lain karena sama-sama menggunakan dinamo. Kalau anda bawa ke bengkel spesialis, mungkin mereka bisa memperbaikinya sehingga anda tidak perlu mengganti satu unit dinamo power window.

Berapa biaya perbaikan motor power window ?

Kalau biaya pengerjaannya (bongkar-servis-pasang) itu sekitar 150 sampai 300 ribu tergantung jenis mobilnya. Tapi teknisi biaya memeriksa bagian rotornya, kalau sudah terbakar maka itu perlu diganti satu set. Tapi kalau yang bermasalah hanya brush atau sikat tembaganya saja, itu masih bisa diperbaiki.

Untuk harga dinamo power window itu bisa mencapai 1 juta rupiah tapi yang original. Sementara yang KW, bisa anda cari sendiri di toko online karena banyak yang jual dan harganya juga jauh lebih murah.

2. Jenis mobil mempengaruhi biaya perbaikan


mercedes benz power window by autohaussouthbay.com

Alasannya, karena setiap mobil memiliki desain, baut, klem yang berbeda. Contonya untuk mobil Jepang biayanya pengerjaan lebih murah karena lebih gampang serta baut dan klemnya mudah dilepas. Sementara untuk mobil Eropa dengan label premiumnya, biaya pengerjaannya lebih tinggi.

Itu karena mobil Eropa punya banyak klem, sekrupnya juga berbeda (biasanya menggunakan sekrup bintang) sehingga proses pengerjaannya jadi lebih sulit plus lebih lama.

Untuk mobil-mobil Jepang, biaya pengerjaan itu sekitar 100 ribuan. Kalau ada penggantian komponen bisa mencapai 200 ribuan. Tapi untuk mobil Eropa, biaya pengerjaannya saja berkisar 200 hingga 300 ribuan. Sementara kalau ada penggantian komponen bisa tembus 500 ribu.

Jadi kesimpulannya,

Kalau anda kerusakan pada power window itu baru dirasakan, itu lebih bisa diperbaiki sehingga siapkan dana sekitar 300 hingga 500 ribu. Tapi kalau power window sudah benar-benar macet, siapkan dana hingga 1,5 juta karena dikhawatirkan ada unit komponen seperti switch atau motor power window yang sudah terbakar (tidak bisa diperbaiki dan harus ganti).

Tentu angka diatas hanya patokan saja, dan beda bengkel beda harganya.

Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat.