Aki Mobil Berapa Ampere ? Ini Penjelasannya

Advertisement
Saat kita membeli aki baru, kita harus memperhatikan beberapa aspek salah satunya arus dari aki tersebut. Biasanya arus pada aki, dinyatakan dalam satuan AH (ampere hour) yang tertera pada body aki.

Kesalahan memilih kapasitas AH ini bisa menyebabkan aki mobil cepat tekor, kita ibaratkan baterai HP. Baterai HP ada istilah mAH. mAH sendiri artinya miliAmpere hour, atau 1 mAH = 1 AH.

Kalau mAH baterai kecil, otomatis baterai HP juga jadi lebih cepat habis. Itu juga berlaku pada mobil, kalau kita memilih aki dengan AH kecil padahal beban kelistrikan mobil besar, aki bisa cepat tekor.

Lalu berapa AH aki yang normal ? berapa ampere aki mobil yang normal ? mari kita bahas secara mendalam.

Ada beberapa pilihan AH pada aki, tapi anda perlu memahami fungsi dan pengaruh AH tersebut pada kelistrikan mobil.

Pengaruh AH terhadap kelistrikan mobil



AH atau ampere hour adalah kuat arus listrik maksimal yang mampu dikeluarkan aki dalam waktu satu jam. Misalkan, aki memiliki spesifikasi 12 V 40 AH. Itu artinya aki memiliki tegangan 12 volt dan mampu mengeluarkan arus 40 Ampere dalam waktu satu jam sebelum kosong.

Yang perlu diingat, ada kuat arus dan ada daya listrik. keduanya berbeda, kuat arus itu menyatakan jumlah besaran aliran listrik pada suatu rangkaian sementara daya listrik yang memiliki satuan watt adalah daya yang diperlukan sebuah perangkat kelistrikan untuk bisa menyala dengan sempurna.

Perangkat kelistrikan dalam hal ini, bisa dinamo starter dan lampu-lampu.

Meski berbeda, keduanya memiliki hubungan yang erat.

Hubungannya bisa ditunjukan pada rumus berikut ;

P = V x I

Atau bisa diartikan, P (daya listrik) merupakan perkalian antara tegangan pada aki dan arus listrik yang mampu dikeluarkan oleh aki.

Kita ambil contoh diatas, aki 12V 40 AH mampu mengeluarkan arus 40 ampere dalam waktu satu jam, artinya daya yang bisa dikeluarkan aki adalah 12 x 40 = 480 watt.

Sekarang bagaimana kalau sebuah dinamo starter memerlukan daya 1200 watt ?

Secara logika, aki tidak bisa menghidupkannya tapi itu salah besar karena aki 40Ah dapat mengeluarkan arus 40 ampere dalam waktu 1 jam, dalam setengah jam bisa mengeluarkan 80 ampere maksimal dan dalam 15 menit bisa mengeluarkan arus sebesar 160 ampere.

Artinya, arus yang keluar dari aki itu tidak terbatas pada AH. AH hanya sebagai kapasitas berapa lama aki bisa bertahan sebelum kosong dalam mengeluarkan arus.

Sekarang pertanyaannya untuk menyalakan dinamo starter dengan daya 1200 watt, maka perlu berapa ampere ?

Anda bisa gunakan rumus berikut ;

I = P/V = 1200/12 = 100 ampere

Maka aki setidaknya harus mampu mengeluarkan 100 ampere selama proses starter tersebut. Untuk aki 40 AH, berapa lama aki bisa bertahan saat mengeluarkan arus 100 ampere ?

Anda bisa gunakan rumus berikut

40/100 = 0,4 jam atau 24 menit.

Itu artinya untuk menyalakan dinamo starter dengan daya 1200 watt secara terus menerus maka aki bisa kosong dalam waktu 24 menit.

Memangnya saat proses starting itu berapa lama ? paling sekitar 3 detik. Itu artinya aki dengan 40 AH sudah lebi dari cukup untuk menghidupkan dinamo starter tersebut.

Tapi yang jadi pertanyaan, daya yang dibutuhkan dinamo starter kadang lebih besar apalagi untuk mobil yang memiliki kapasitas besar.

Tetapi anda tidak perlu repot-repot melihat berapa daya pada dinamo starter mobil anda saat akan mengganti aki.

Untuk memilih ampere aki, ada beberapa indikator yang bisa anda gunakan ;


  • Lihat AH dari aki original mobil anda sebelum diganti
  • Sesuaikan dengan kelistrikan mobil anda, apakah ada penambahan aksesoris kelistrikan atau tidak ?
  • Kalau ada penambahan aksesoris kelistrikan seperti lampu variasi atau speaker tambahan, maka daya aksesoris tersebut harus anda ketahui.
  • Tapi kalau tidak ada penambahan kelistrikan atau anda hanya menambahkan sedikit lampu variasi itu tidak masalah, anda bisa gunakan aki dengan AH yang sama dengan aki original.


Apa bisa menggunakan aki dengan AH lebih besar daripada kebutuhan kelistrikan mobil ?

Tentu bisa, justru itu bagus karena kelistrikan mobil bisa lebih terjamin. Hanya saja aki dengan AH besar, biasanya punya dimensi yang juga lebih besar juga harganya lebih mahal. Jadi kalau sebelumnya aki mobil anda memiliki 35 AH maka setidaknya bisa dimasukan aki dengan kapasitas 45 AH saja.

Sementara untuk aki 60 AH, maka akan terlalu besar dimensinya sehingga aki tidak muat saat dipasang di breaketnya.

Jadi kesimpulannya, berapa ampere aki mobil ? itu bermacam-macam. Ada yang 35 Ampere, 40 Ampere, 45 ampere, dan 60 ampere. Kapasitas itu hanya sebagai gambaran saja, untuk memilihnya anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan mobil anda.