Begini 4 Cara Mematikan Alarm Mobil Avanza

Advertisement
Alarm dibuat sebagai pengaman mobil dari tindakan yang tidak diinginkan, tapi kadang ada kendala yang membuat alarm mobil eror sendiri. Seperti alarm mobil yang nyala dan tidak mau dimatikan secara normal.

Kalau sudah begini, lantas apa yang harus dilakukan ? apa kita harus mencabut baterainya ? atau menghancurkan alarmnya ?

Jangan sampai panik karena kita bisa mematikan alarm mobil yang bunyi terus menggunakan kunci kontak yang sudah ada. Jadi tidak perlu sampai dirusak alarmnya agar bisa mati.

Lalu Bagaimana Caranya ?


1. Coba hidupkan mesin seperti biasa

Dalam posisi alarm menyala, masukan kunci kontak lalu start mesin. Biasanya sistem alarm akan secara otomatis berhenti saat kunci kontak yang asli digunakan untuk menyalakan mesin. Karena anda menggunakan kunci kontak aslinya, maka alarm bisa berhenti.

Tapi ternyata cara diatas tidak berlaku pada semua jenis mobil, ada alarm yang kalau sudah bunyi maka tidak akan bisa dimatikan meski kunci kontak asli digunakan untuk menghidupkan mesin.

Lalu apa solusinya ? cek poin berikutnya.

2. Tekan tombol silent

Umumnya remote kunci dilengkapi dengan dua tombol, yakni lock, dan unlock. Tapi ada remote alarm yang memiliki tombol dengan icon speaker dicoret, itu adalah tombol silent yang berfungsi untuk membawa alarm mobil pada silent mode atau mode diam.

Sehingga yang awalnya alarm bunyi terus, maka alarm bisa benar-benar mati seperti tidak berfungsi.

Untuk mengaktifkannya, cukup tekan agak lama tombol tersebut hingga alarm mati. Setelah alarm mati, maka alarm tidak akan berbunyi lagi sebelum anda mengaktifkannya. Jadi untuk mengaktifkannya lagi, juga sama cukup tekan tombol silent sampai alarm bunyi.

3. Menekan kombinasi antara lock dan unlock

Poin dua, itu bisa diaplikasikan pada remote yang dilengkapi silent mode, tapi bagaimana untuk remote standar yang Cuma dilengkapi dua tombol lock dan unlock ?

Dilansir dari otomotifnet.gridoto.com, untuk Avanza tipe lama alarm bisa dinonaktifkan dengan menekan tombol lock-unlock-lock-lock secara simultan. jadi keempat kombinasi pencetan tersebut harus ditekan secara cepat dan berurutan (tanpa ada jeda).

Tapi yang harus diingat juga, pastikan sebelumnya semua pintu dan kap mesin dalam posisi tertutup rapat.


Untuk All new Avanza karena punya alarm dari vendor yang berbeda, otomatis cara menonaktifkannya juga sedikit berbeda, caranya dalam posisi pintu tertutup rapat (namun central door lock tetap terbuka) tekan tombol speaker dan dilanjutkan menekan tombol lock (gembok tertutup), maka akan terdengar bunyi klakson yang menandakan mode silent aktif.

Sebenarnya, cara diatas bisa anda lihat pada manual book yang anda miliki. Namun, kalau tetap belum juga berhasil bagaimana ?

4. Terakhir gunakan cara pamungkas ini


  • Buka pintu sisi driver
  • Masukan kunci kontak ke lubang ignition lalu putar ke posisi ON
  • Selanjutnya, kembalikan kunci kontak ke ACC lalu putar kembali ke posisi ON.
  • Bolak-balikan dari ACC ke ON selama 8-11 kali dengan cepat dan konstan.


Menurut pengakuan beberapa pemilik Avanza, cara diatas terbukti mampu mematikan alarm mobil yang sebelumnya bunyi terus menerus. Tapi saat alarm sudah mati, anda perlu membawa mobil ke bengkel karena sistem alarm dan klakson biasanya menjadi ikut tidak berfungsi.

Sekian semoga bisa menambah wawasan kita semua.