Begini Cara Membersihkan Kerak Aki Menggunakan Air

Advertisement
Kerak berwarna putih kebiru-biruan (atau kadang hijau) yang muncul pada terminal aki, bukanlah hal yang bisa anda biarkan begitu saja. Meski tidak kelihatan efeknya, tapi lama-kelamaan kerak itu akan menjadi hambatan.

Sehingga menghambat arus listrik dari aki ke komponen kelistrikan.

Selain itu, kerak ini juga cukup beracun karena berasal dari zat asam yang terdapat didalam air aki. Oleh sebab itu, kita harus membersihkan kerak ini kalau ingin aki mobil kita lebih awet.

Pertanyaannya, bagaimana cara membersihkan kerak aki ini ? apa perlu alat dan bahan yang aneh-aneh ? sebenarnya kerak tersebut bisa dibersihkan menggunakan backing soda, karena backing soda mampu menetralisir zat asam pada kerak tersebut.

Tapi ternyata, kita juga bisa menggunakan air panas untuk membersihkan kerak aki tersebut.

Lalu bagaimana caranya ? simak penjelasan berikut

Cara Mudah Membersihkan Kerak Aki


Sebelum kita membersihkannya, ini ada alat dan bahan yang perlu anda siapkan.

  • Satu gelas air panas
  • Sikat gigi bekas
  • Kain lap
  • Grease/pelumas (bisa menggunakan pelumas rantai)
  • Kunci ring atau pas 10, digunakan untuk melepas terminal aki
  • Obeng untuk mencongkel terminal aki (bila diperlukan)


1. Lepaskan konektor aki dengan terminalnya

Konektor aki umumnya dikaitkan dengan mur ukuran 10 mm. jadi gunakan kunci 10 mm untuk mengendorkan mur tersebut lalu tarik terminal aki kearah atas.

Apabila keras, anda bisa mencongkelnya secara berhati-hati menggunakan obeng.

2. Siramkan air panas sedikit demi sedikit kearah kerak


Setelah kedua terminal aki terlepas, anda bisa siramkan air panas yang sudah disediakan dalam gelas sedikit demi sedikit kearah terminal dan konektor aki yang berkerak. Ingat, untuk melakukannya secara berhati-hati dan yang penting air panas tersebut merata mengenai kerak.

3. Bersihkan sisa kerak menggunakan sikat gigi dan lap

img by wikihow.com

Setelah kerak tersiram air panas, biasanya kerak akan melunak sehingga mudah kita bersihkan. Gunakan lap untuk membersihkan sisa kerak yang menempel, dan gunakan sikat gigi untuk area-area yang sempit juga untuk merontokan kerak-kerak yang masih mengeras.

Bersihkan hingga terminal aki benar-benar bersih dari kerak.

4. Lumasi terminal aki dengan grease atau pelumas semprot lain

Grease ini digunakan untuk mempermudah pemasangan terminal aki dan untuk mempermudah juga pelepasan terminal aki dikemudian hari. Selain itu, dengan menambahkan grease atau pelumas semprot, maka terminal aki lebih aman dari kerak.

Sehingga nantinya akan lebih bersih.

5. Pasang

Terakhir, pasang konektor aki sesuai terminalnya. Konektor plus ke terminal plus (merah) dan masa ke terminal negatif. Jangan lupa kencangkan murnya hingga konektor tidak bisa bergerak.

Itu saja langkah-langkah untuk membersihkan kerak pada aki, cukup mudah bukan ? anda pun pasti bisa melakukannya sendiri.