9 Definisi Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Advertisement
Menurut Maleong, penelitian kualitatif mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan apa yang diteliti. Menurut Saryono, penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang tidak dapat dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif.

Menurut Sugiyono, penelitian kualitatif lebih menekankan arti dari pada generalisasi.

Itu adalah kutipan definisi metode penelitian kualitatif menurut para ahli. Bagi anda yang sedang mencari referensi tentang definisi metode penelitian kualitatif menurut para ahli, dibawah ini kami berikan referensi dari 9 ahli.

Referensi dibawah diambil dari beberapa buku tentang metode penelitian kualitatif.


Baca juga : 5 Jenis Metode Penelitian Kualitatif Beserta Penjelasannya

1. Menurut Maleong

Menurut Maleong, Metode Kualitatif adalah sebuah penelitian ilmiah yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena dalam kontak sosial secara alami dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti.

Pernyataan ini dikutip pada buku Metodologi Penelitian Kualitatif, Herdiansyah Haris (2010).

2. Menurut Creswell

Menurut Creswell, "qualitaive research is an inquiry process of understanding based on distinct methodological traditions of inquiry that explore a social or human problem. The researcher builds a complex, holistic picture, analizes word, report detailed views of information, and conducts the study in a natural setting".

Atau secara simpel, penelitian kualitatif adalah proses untuk memahami masalah sosial berdasarkan metodologi yang berbeda. Dalam hal ini, peneliti akan menyusun gambaran yang kompleks, menganalisa kata demi kata dan menyusun hasil penelitian secara natural/sesuai fakta dilapangan.

3. Menurut Saryono

Menurut Saryono, penelitian kualitatif merupakan penelitian yang di gunakan untuk menyelidiki, menggambarkan, menjelaskan, menemukan kualitas atau keistimewaan dari pengaruh sosial yang tidak dapat dijelaskan, di ukur atau digambarkan melalui pendekatan kuantitatif.

4. Menurut Sugiyono

Sugiyono menjelaskan bahwa, metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang dilandasi filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah,(sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, tekhnik pengumpulan dengan tri-anggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan arti dari pada generalisasi.

5. Menurut Judith Preissle

“Qualitative research is a loosely clefined category of research designs or models, all of which elicit verbal, visual, tactile, olfactory, and gustatory data in the form of descriptive narratives like field notes, recordings, or other transcriptions from audio and videotapes and other written records and pictures or films.”

Atau kalau diterjemahkan, penelitian kualitatif adalah model penelitian yang terkotak-kotak dimana datanya berbentuk data verbal, visual, penciuman, sentuhan dan pencelupan yang disusun dalam bentuk narasi deskriptif.

6. Menurut Kirk & Niller

Dalam Nasution, 1988:23, IstiIah penelitian kualitatif pada mulanya bersumber pada pengamatan kualitatif yang dipertentangkan dengan pengamatan kuantitatif. Lalu mereka mendefinisikan bahwa metodologi kualitatif adalah tradisi tertentu dalam iImu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dalam kaitannya sendiri dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristiIahannya.

Penelitian kualitatif memiliki ciri atau karakteristik yang membedakan dengan penelitian jenis Iainnya.

7. Menurut Boghdan & Biklen

Menurut Boghdan & Biklen, penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan sikap orang-orang yang diamati (1975).

8. Menurut Strauss & Corbin

Menurut Strauss & Corbin, penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat di peroleh dengan menggunakan prosedur-prosedur stistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi.

9. Menurut David Williams

Menurut David Williams, penelitian kualitatif adalah pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan menggunakan metode ilmiah dan dilakukan oleh orang atau peneliti yang tertarik secara alami (1995).

Itulah 9 definisi penelitian kualitatif menurut para ahli, semoga bisa menjadi referensi bagi kita semua.