Lampu Mobil Anda Sering Mati Mendadak ? Cek 3 Penyebab Berikut

Sebagai sistem penerangan utama tentu sangat repot kalau lampu mobil tiba-tiba mati, apalagi ketika berada dijalanan yang gelap tanpa pencahayaan sepi pula. lantas apa yang menyebabkan lampu mobil tiba-tiba mati dan bagaimana solusinya ?

Dibawah akan kami bahas secara lengkap hal hal yang menyebabkan lampu mobil anda mati beserta cara mengatasinya.

3 Penyebab Lampu Mobil Mati

lampu depan avanza mati

1. Bohlam lampu putus

Hal yang paling sering menyebabkan lampu mobil tiba-tiba mati adalah bohlam lampu yang putus. Bohlam lampu ini terbuat dari filamen yang memiliki ketebalan cukup tipis, sehingga dalam pemakaian tertentu (biasanya sekitar 1000 jam) filamen ini bisa putus.

Ketika filamen lampu putus maka bohlam tidak akan mengeluarkan cahaya alias mati.

Namun, kalau filamen lampu yang putus biasanya hanya salah satu lampu yang mati atau lampu dekat mati namun lampu jauh tetap menyala.

Untuk memastikannya lagi kita bisa mengamatinya secara langsung dengan melihat filamen lampunya, ada dua buah kawat filamen didalam bohlam kalau salah satu putus maka itu menandakan bohlamnya yang mati.

Solusinya kita perlu ganti bohlam tersebut dengan yang baru.

2. Sekering lampu putus


lampu xenia mati sebelah
img src : newprotest.org

Hal yang kedua, bagaimana kalau ternyata dua lampu depan kiri kanan sama-sama mati ?

Itu berarti bohlam lampu tidak masalah namun rangkaian kelistrikan lampu yang mengalami masalah. Dari berbagai kasus yang terjadi, sekering adalah komponen yang sering putus.

Sehingga ketika lampu mobil dua-duanya mati cek sekeringnya di fuse box. Letak sekering ini biasanya disatukan dengan sekering-sekering lainnya didalam sebuah kotak yang terdapat didalam ruang mesin.

Disitu sudah terdapat denah dimana letak sekering hedlampnya, selanjutnya cabut sekering dan lihat kawat ditengah sekering tersebut. Kalau putus maka sekering harus diganti.

Tapi bagaimana kalau setelah diganti, sekering baru tetap putus juga ?

Itu tandanya ada korsleting dijalur headlamp mobil anda. Untuk mengatasinya, anda perlu mencari tahu dimana letak korsleting tersebut. Biasanya ada kabel yang terkelupas/meleleh yang menyebabkan tembaga kabel menyentuh ground.

Tapi kalau kondisinya tidak memungkinkan, anda bisa mengganti sekering dengan kapasitas lebih tinggi sembari mencari bengkel terdekat. Tapi perlu diingat, meski lampu bisa tetap menyala karena kapasitas sekering dinaikan, bukan berarti masalah selesai.

Korsleting tetap ada dan itu bisa membakar kabel-kabel yang ada disekitar korsleting. Jadi jangan remehkan masalah seperti ini.

3. Kabel lampu putus


img src : carfromjapan.com

Selain sekering, masalah yang berkaitan dengan rangkaian kelistrikan lampu adalah kabel. Biasanya ada kabel-kabel yang memang karena usia dan kualitasnya kurang baik bisa putus. Sehingga lampu mobil mati.

Ini juga bisa membuat kedua lampu sama-sama mati atau hanya satu sisi saja yang mati.

Jadi untuk mengeceknya, anda perlu cek sekering dan bohlamnya. Kalau kedua komponen itu masih bagus maka kabelnya yang putus.

Untuk kabel putus kita hanya perlu menyambungkannya lagi untuk memperbaikinya. Tapi yang susah adalah mencari dimana titik kabel yang putus itu. Jadi kami sarankan segera bawa ke bengkel untuk memperbaikinya.

Tapi kalau bengkelnya jauh, coba saja anda cari dimana letak kabel yang putus. Urutkan kabel lampu dari bagian soket lampu, dan temukan mana bagian-bagian yang terkelupas. Perhatikan juga setiap lekukan kabel, karena kabel yang putus biasanya ada di lekukan kabel.

Tips Menghindari Lampu Mati Secara Tiba-tiba

Meski kita tidak tahu kapan lampu mobil kita akan mati, tapi setidaknya kita bisa mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan. Saat akan menempuh perjalanan jauh khususnya yang melintasi area sepi (hutan atau pegunungan) yang sudah pasti bengkel mobil itu jarang anda harus memastikan kondisi mobil 100% prima.

Jangan cuma dicek mesinnya saja, tapi sistem penerangan juga harus dipastikan prima. Bagaimana cara mengecek penerangan apakah prima atau tidak ?

  • Yang pertama, pastikan batok lampu tidak mengembun. Embun ini selain membuat cahaya lampu redup juga bisa memicu korsleting pada lampu jadi bisa menyebabkan lampu padam.
  • Pastikan bohlam lampu tidak gosong, anda perlu melepas bolam lampu depan khususnya lalu cek filamennya apa masih bersih atau sudah ada becak gosong. Kalau ada gosong sedikit saja, lebih baik anda beli bohlam yang baru untuk jaga-jaga apabila bohlam lampu putus.
  • Pastikan tidak ada kabel yang tekelupas, kabel wiring mobil umumnya sudah dilapisi pembungkus mika. Pastikan kabel pada lampu tersebut sudah terlapisi dengan mika pembungkus untuk menghindari kabel putus.


Tips yang terakhir, jangan lupa berdoa saat akan bepergian karena tak jarang kasus kecelakaan mobil disebabkan karena hal sepele bisa saja muncul karena kita menyepelekan doa.