5 Manfaat Penting Sumber Daya Alam Hayati Bagi Kehidupan Kita

Advertisement
Sumber daya alam memberikan banyak manfaat bagi kehidupan kita, salah satunya untuk kebutuhan makan.

Di Indonesia, nasi menjadi makanan pokok sementara nasi dihasilkan dari padi yang merupakan salah satu contoh sumber daya alam hayati. Namun selain sebagai makanan, sumber daya ini juga punya manfaat disektor lainnya.

Lalu apa saja ? simak selengkapnya dibawah.

Manfaat Sumber Daya Alam Hayati


1. Penghasil oksigen

Manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas, sementara oksigen ini masuk kedalam sumber daya alam non- hayati karena bukan merupakan makhluk hidup. Tapi, siklus terbentuknya oksigen itu disebabkan karena proses fotosintesis tumbuhan.

Dengan kata lain, meski oksigen bukan SDA hayati tapi tersedianya oksigen di udara bebas itu merupakan salah satu manfaat tumbuhan yang merupakan SDA hayati.

Lalu bagaimana cara tumbuhan melakukan fotosintesis ?

Tumbuhan memanfaatkan sinar matahari dan gas karbondioksida yang dihasilkan manusia, keduanya diserap melalui daun tumbuhan dan menghasilkan oksigen serta energi. Oksigen langsung dilepaskan ke udara bebas sementara energi ini akan membentuk buah.

Itulah alasannya, ketika disiang hari berada dibawah pohon rasanya sangat nyaman. Tidak lain, itu dikarenakan kandungan oksigen disekitar pohon itu kaya.

2. Sebagai bahan makanan


Apa yang anda makan pagi hari tadi ? nasi, bubur, roti, atau pisang ? semuanya berasal dari SDA hayati.

Nasi dan bubur berasal dari tanaman padi, roti berasal dari gandum dan pisang berasal dari pohon pisang. Jadi apapun yang kita makan sebenarnya merupakan bentuk pemanfaatan sumber daya alam baik itu tumbuhan atau hewan.

3. Sebagai bahan konstruksi

Dikota besar mungkin bahan bangungan lebih didominasi baja ringan, tapi dipedesaan masih banyak rumah-rumah yang memanfaatkan kayu sebagai rangka atap, batang pohon bambu dan anyaman bambu.

Sehingga sumber daya alam nabati khususnya pepohonan sangat bermanfaat dibidang konstruksi. Selain untuk membangun rumah, kayu-kayu ini juga banyak diaplikasikan untuk membuat aneka ragam perabotan dan furniture seperti meja, kursi dan tempat tidur.


Disektor industri, kayu juga bisa diolah kembali menjadi kertas dan kardus. Sehingga pemanfaatan pohon yang merupakan SDA nabati ini cukup banyak.

4. Sebagai mata pencaharian


Apa bisa kita memanfaatakan SDA hayati sebagai mata pencaharian ? tentu saja bisa contohnya sebagai berikut ;

  • Peternakan
  • Pertanian
  • Perkebunan
  • Perikaan


Alasan yang mendorong SDA hayati ini bisa dimanfaatkan untuk diambil nilai ekonomisnya, itu karena SDA hayati khususnya yang berhubungan dengan kebutuhan konsumsi memiliki permintaan cukup tinggi.

Apabila manusia tidak membudidayakan SDA yang dijadikan sumber makanan tersebut, tentu akan timbul kelangkaan sumber daya. Oleh sebab itu, petani bertugas membudidayakan tanaman sebagai sumber makanan sebagai gantinya konsumen membeli bahan makanan tersebut dari petani.

5. Sumber energi alternatif

Beberapa bagian tanaman seperti daun, atau pohon yang mati juga kotoran hewan sering diolah kembali menjadi bahan bakar biogas. Bahan bakar ini bersifat alternatif dan bisa diperbaharui karena bukan berasal dari fosil.

Selain biogas, tenaga hewan juga sering dimanfaatkan sebagai energi alternatif. Contohnya kerbau untuk membajak sawah, dan kuda untuk menarik delman.

Selain sebagai energi alternatif, sisa-sisa tumbuhan dan kotoran hewan juga sering dijadikan pupuk kompos untuk memperkaya nutrisi pada tumbuhan.

Jadi kesimpulannya, manfaat yang kita peroleh dari sumber daya alam hayati meliputi segala aspek kehidupan. Meski demikian, harus ada keseimbangan antara pemakaian sumber daya dengan pembudidayaannya untuk menunjang ketersediaan sumber daya tersebut.