18 Macam Hand Tools Yang Banyak Digunakan + Fungsinya

Advertisement
Bicara soal perkakas, ternyata banyak jenisnya. Ada hand tools, ada power tools dan ada SST (special service tools).

Apa itu hand tools ?

Sesuai namanya, hand (tangan) tools (perkakas) adalah alat atau perkakas yang penggunaannya mengandalkan tenaga tangan manusia.

Jadi bisa dikatakan, hand tools itu sebuah alat bantu dalam melakukan service, pembongkaran, atau pemasangan sebuah engine atau mekanisme lainnya.

Ada banyak perkakas yang masuk dalam kategori hand tools, beberapa contoh hand tools yang paling umum dan banyak digunakan pada ranah otomotif akan kita bahas dibawah.

Macam Macam Hand Tools Beserta Fungsinya

Macam macam perkakas tangan dibawah kami kelompokan berdasarkan jenis alatnya, ada 5 kategori pada hand tools yakni ;

A. Kunci/Wrench

Apabila anda akan mengganti oli sepeda motor, satu alat yang dibutuhkan adalah kunci untuk melepas baut olinya. Kunci atau dalam bahasa Inggris disebut wrench berfungsi sebagai alat bantu untuk memudahkan kita dalam melepas baut atau mur.

Kunci ini memiliki banyak jenis antara lain ;

1. Kunci pas


Kunci pas adalah sebuah kunci dengan bentuk segienam (tidak penuh) yang pas atau sesuai dengan ukuran kepala baut. Kunci ini banyak digunakan untuk melepas baut atau mur yang memiliki sela yang cukup sempit.

Namun karena bentuknya tidak melingkari baut secara keseluruhan, kunci ini kurang cocok saat dipakai untuk melepas baut yang sangat keras.

2. Kunci ring


Kunci ring adalah sebuah kunci yang memiliki bentuk segi 12 yang melingkari kepala baut. Kunci ini memiliki bentuk segi yang lebih banyak sehingga bisa digunakan pada sudut yang lebih leluasa.

Berbeda dengan kunci pas, kunci ring sangat baik saat digunakan untuk melepas baut yang keras karena bentuknya yang melingkari baut tentu bisa lebih aman.

3. Kunci kombinasi (pas ring)


Merupakan kunci yang memiliki dua bentuk yang berbeda pada kedua ujungnya, yakni ujung kunci pas dan kunci ring. Kunci ini dibuat untuk memudahkan mekanik dalam melepas/memasang baut yang kadang selanya menyulitkan.

4. Kunci T


Kunci T adalah sebuah kunci berbentuk T dengan ujung bawah berupa shock atau tabung yang masuk kedalam kepala baut.

Kunci ini biasa digunakan untuk melepas baut yang posisinya didalam lubang, dimana tidak memungkinkan kita melepasnya menggunakan kunci ring atau pas.

5. Kunci shock


Kunci shock adalah kunci berbentuk tabung yang masuk kedalam kepala baut seperti kunci T pada umumnya, namun kunci shcok ini bisa dilepas antara shocknya dengan handlenya jadi kita bisa menukan shock dengan ukuran sesuai ukuran baut.

6. Hexagonal L key


Hex key adalah kunci yang berbentuk segi enam kebalikan dari baut biasa, jadi kalau baut biasa itu berbentuk segi enam yang menonjol sementara baut ini memiliki bentuk cekungan segi enam sehingga butuh kunci segi enam yang bisa masuk kedalam cekungan tersebut.

Kunci ini biasanya dibuat dengan bentuk L sehingga sering disebut juga kunci L, tapi selain berbentuk L kunci hexagonal ini juga dibuat dalam bentuk shock yang dapat dipasang pada gagang shock biasa.

7. Torx L key


Kunci ini mirip dengan kunci Hexagonal, tapi bentuknya bukan segi enam melainkan bintang. Mobil-mobil Eropa dan Amerika banyak menggunakan baut bintang sehingga kunci ini juga sering digunakan untuk menservice mobil-mobil tersebut.

Sama seperti hexagonal key, kunci torx ini juga biasa dibuat dalam bentuk L dan ada pula yang dibuat dalam bentuk shock.

8. Adjustable wrench (kunci inggris)


Mungkin tidak perlu dijelaskan lagi, kunci ini bisa digunakan pada hampir semua jenis baut/mur segi enam karena memang kunci ini bisa diset sesuai ukuran baut/mur.

B. Tang

Kategori kedua adalah tang, tang merupakan alat khusus yang memiliki banyak sekali kegunaan. Bisa untuk menjepit, memotong, ataupun mencengkram.

Beberapa jenis tang yang banyak digunakan antara lain ;

1. Tang potong

Merupakan tang untuk memotong kabel, kawat atau logam tipis. Bentuk tang ini mirip seperti gunting dengan ujung pendek namun lebih kokoh.

2. Tang lancip


Tang ini memiliki ujung lancip seperti gunting, fungsi utamanya adalah sebagai penjepit terutama untuk komponen yang memiliki pegangan kecil. Dengan ujung lancip, tang ini mampu masuk ke sela sempit.

3. Tang kombinasi


Merupakan tang multifungsi yang bisa digunakan untuk memotong, ataupun menjepit. Jenis tang ini banyak sekali anda temukan karena yang paling umum digunakan pada perkakas rumah atau bengkel.

C. Obeng


Obeng adalah hand tools yang digunakan untuk melepas atau memasang sekrup. Meski demikian, bentuk obeng yang seperti tuas juga dimanfaatkan untuk hal lainnya seperti untuk mencongkel contohnya saat menyetel rem tromol.

Obeng secara umum hanya ada dua jenis yakni obeng + dan obeng -, keduanya dibedakan dari ujung obengnya.

Selain berbentuk + dan -, obeng sekarang juga bisa kita temukan dalam bentuk Torx (kunci bintang) dan hexagonal.

D. Handle shock

Merupakan alat bantu untuk mengaplikasikan kunci shock, alasan kita memisahkan ini dari kategori lain itu karena handle shock ini juga punya banyak jenis. Dan ini bersifat bongkar pasang, jadi bisa dirangkai dengan kunci shock apapun.

1. Ratchet handle


Merupakan handle shock yang dapat mengencangkan atau mengendorkan baut dengan mudah. Dengan ratchet ini, kita tidak perlu melepas kunci shock dari baut saat sedang mengendorkan/mengencangkan cukup bolak balikan handlenya.

2. T handle


Bentuknya seperti T yang dapat digeser, sehingga selain berfungsi sebagai T handle juga bisa difungsikan sebagai gagang shock yang lebih panjang.

3. Offset handle


Ini adalah handle shock yang panjang, biasanya digunakan untuk melepas baut besar dengan momen baut yang besar pula seperti mur roda dan baut-baut blok mesin.

4. Extension

Extension atau pemanjang adalah gagang shock yang berfungsi sebagai pemanjang sehingga kita bisa melepas baut/mur yang posisinya ada didalam dengan gagang shock masih diluar.

5. Adaptor


Merupakan sambungan khusus untuk menyambungkan kunci shock kecil dengan handle yanh lebih besar ataupun sebaliknya.

E. Palu

Palu atau hammer mungkin tidak perlu dijelaskan lagi anda pasti sudah tahu, standar pada bengkel biasanya memiliki dua jenis palu yakni palu besi (ball peen hammer) dan palu karet. Khusus Palu karet biasanya digunakan untuk melepas komponen yang mudah retak atau penyok.