-->

5 Sumber Energi Yang Dapat Diperbaharui

Advertisement

Energi adalah materi penting untuk kehidupan manusia, kehidupan kita tak pernah lepas dari energi. Sebut saja untuk makan, dari memproduksi hingga memasak makanan kita membutuhkan energi.

 

Entah itu berasal dari bensin, solar, ataupun energi listrik.

 

Mungkin kalau kita bicara soal sumber energi, listrik dan minyak bumi yang paling mencolok. Kita semua tahu minyak bumi itu tidak dapat diperbaharui dan listrik sebenarnya bukan sumber energi, melainkan hanya jenis perubahan energi. Untuk mendapatkan listrik harus ada sumber energi lainya.

 

Sumber energi merupakan sumber atau asal muasal energi itu ada. Jadi sebuah materi dikatakan sebagai sumber energi kalau pada materi atau bahan tersebut mengandung energi yang dapat digunakan langsung.

 

Lalu apa saja sumber energi yang dapat diperbaharui ?

 

1. Biofuel

 

Bahan bakar bio adalah bahan bakar yang didapat dari tumbuhan tanpa melewati proses dekomposisi selama ribuan tahun.

 

Mengapa demikian ?

 

Karena bahan bakar fosil pun asalnya dari materi organik, tapi bahan bakar fosil ini mengalami proses dekomposisi alami dalam tekanan  dan suhu tinggi selama ribuan bahkan jutaan tahun.

 

Sementara biofuel didapat langsung dari tumbuhan tanpa melalui proses yang cukup lama. Tapi tidak semua tanaman bisa dijadikan biofuel, contohnya adalah kelapa sawit yang digunakan sebagai pengganti solar.

 

Lalu gas metana yang diperoleh dari hasil samping pengomposan sampah organik.

 

2. Angin

 


Angin yang terbentuk secara alami ternyata merupakan sumber energi. Karena hembusan angin memiliki energi yang bisa kita manfaatkan.

 

Pemanfaatan energi angin yang paling umum adalah sebagai penghasil energi listrik melalui kincir angin.

 

3. Aliran air

 


Selain angin, air yang mengalir juga memiliki energi. Aliran air ini dalam debit yang besar bahkan bisa menghancurkan bangunan.

 

Pada waduk atau air terjun, energi yang dihasilkan bisa lebih besar dibandingkan aliran datar. Oleh sebab itu sering diletakan turbin untuk memanfaatkan aliran tersebut menjadi energi listrik.

 

Energi dari aliran air dikatakan sumber energi terbarukan karena aliran air akan selalu terbentuk selama siklus air berjalan.

 

4. Panas bumi

 


Panas yang dihasilkan inti bumi juga bisa dikategorikan sumber energi yang dapat diperbarui, alasannya suhu inti bumi itu cukup panas, bahkan menurut wikipedia, suhu di pusat bumi itu mencapai 5400 derajat celcius.

 

Sehingga kerak bumi pun pasti akan panas meski tidak sepanas pusat bumi.

 

Energi panas ini, bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

 

5. Sinar matahari

 

Sinar matahari merupakan energi gratis yang dapat diperbaharui. Kita tahu sinar matahari berasal dari pusat tata surya kita yakni matahari. Yang energinya akan selalu adaa.

 

Panas yang dipancarkan ini, bisa kita gunakan untuk mengeringkan pakaian atau yang sekarang populer untuk menghidupkan solar panel.

 

6. Kayu

 

Nah yang tidak boleh dilupakan, kayu juga menjadi sumber energi yang bisa diperbaharui. Sejak zaman dahulu, kayu sudah dimanfaatkan sebagai bahan bakar tungku atau untuk memasak.

 

Dengan kata lain, kayu memiliki sumber energi (panas) yang bisa digunakan untuk kehidupan manusia.

 

7. Tenaga hewan

 


Sebelum kendaraan bermotor populer, delman menjadi kendaraan yang banyak ditemui. Dokar ini memanfaatkan tenaga hewan (kuda) untuk menariknya.

 

Selain kuda, kerbau juga sering dimanfaatkan tenaganya untuk membajak sawah.

 

Nah itulah 7 sumber energi yang bisa diperbaharui, semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Latest