-->

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih Di pagi Hari, Apa Sebabnya ?

Advertisement

Knalpot mobil keluar asap putih di pagi hari, apakah itu normal ? atau ada masalah yang berbahaya ?

Saya akan membahas masalah ini.

Asap knalpot adalah emisi dari pembakaran didalam mesin kendaraan, karena asap ini berasal dari pembakaran bahan bakar (bensin) didalam mesin maka harusnya wajar kalau ada asap yang terbentuk.

Tapi, berkat perkembangan ilmu dan teknologi, pembakaran didalam mesin sudah semakin sempurna.

Sehingga emisi yang dihasilkan tidak lagi emisi gas kotor yang berasap. Melainkan emisi mesin berupa karbondioksida ditambah kadang keluar uap air. Sehingga hanya gas bening tanpa membentuk asap.

Lalu apa yang terjadi jika tiba-tiba muncul asap putih dari knalpot, hanya dipagi hari pula ?

Asap ini bisa berasal dari beberapa hal seperti ;

1. Oli masuk ke ruang bakar

Ketika oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar, maka akan membentuk asap berwarna putih. Hal ini bisa mengindikasikan ada masalah pada mesin mobil anda.

Tapi anda jangan panik dulu, karena bisa jadi asap putih itu bukan berasal dari oli ini.

Mengapa oli bisa masuk ke ruang bakar ?

Jawabannya cukup simpel, oli masuk karena ada kebocoran. Kalau asap ini hanya muncul dipagi hari, besar kemungkinan kebocoran itu ada pada seal katup.

Seal katup itu seperti penyekat yang mencegah oli untuk masuk ke intake manifold. Ketika seal ini mulai pecah, maka oli sedikit demi sedikit rembes ke intake manifold.

Lama kelamaan, oli didalam intake akan terkumpul sehingga pas mesin dinyalakan akan membentuk asap putih. Asap ini akan hilang ketika kumpulan oli didalam intake sudah terbakar semuanya.

2. Uap air yang menguap didalam knalpot

Dipagi hari, suhu udara cenderung lebih dingin. Begitu juga didalam knalpot, karena knalpot ini terhubung langsung ke udara luar maka suhu udara didalam knalpot itu sama-sama dingin.

Ketika mesin dinyalakan, uap air didalam knalpot akan menguap karena panas yang terbentuk.

Penguapan itu akan membentuk asap tipis, sehingga terlihat ada asap putih tipis keluar dari knalpot.

Asap ini akan hilang ketika udara didalam knalpot sudah tergantikan oleh emisi mesin. Jadi kalau bentuk asapnya seperti asap air mendidih, itu masih tidak masalah. Alias itu masih normal.

Latest