Mengapa Minyak Bumi Tergolong Sumber Energi Tidak Terbarukan ?

Di sekolah kita diajarkan bahwa bahan bakar yang berasal dari minyak bumi tergolong sumber energi yang tidak dapat diperbaharui.

Tapi mengapa sejak dulu sampai sekarang, masih banyak SPBU yang menjual bahan bakar minyak yang asalnya dari minyak bumi. Dengan banyaknya kendaraan sekarang, harusnya minyak bumi sudah habis dong ?

Benarkan minyak bumi itu tidak terbarukan ?



Jawabannya jelas benar sekali bahwa minyak bumi itu memang energi yang tidak terbarukan.

Energi bisa dikategorikan bisa diperbaharui apabila produksi energi itu setidaknya setara dengan pemakaiannya. Artinya misal penggunaan energi A adalah 10 liter per menit, maka pembentukan energi A harus 10 liter per menit.

Kalau proses pembentukannya lebih lama, tapi pemakaiannya cukup banyak maka energi tersebut bisa dikategorikan sebagai energi yang tidak terbarui.

Sekarang bagaimana dengan minyak bumi ?

Mungkin perlu dijelaskan sedikit bagaimana minyak bumi itu terbentuk.

Jadi minyak bumi itu berasal dari bangkai hewan atau tumbuhan intinya sisa-sisa organik yang tertimbun dalam lumpur. Lalu lumpur tersebut berubah menjadi batuan sedimen dan tertimbun didasar perairan.

Karena pengaruh panas bumi, dalam waktu jutaan tahun sisa-sisa organik yang terjebak pada sedimen lumpur itu berubah menjadi liquid yang kita kenal dengan minyak bumi.

Jadi, untuk membentuk minyak bumi dibutuhkan waktu selama jutaan tahun. Bisa saja, bensin yang kita pakai sekarang berasal dari bangkai dinasaurus yang punah jutaan tahun lalu. Minyak bumi juga disebut bahan bakar fosil, jadi mungkin saja anggapan itu benar.

Sementara pemakaian minyak bumi itu sangat cepat. Oleh sebab itu pembentukan minyak bumi tidak akan menyamai jumlah pemakaiannya, jadi minyak bumi dikategorikan sebagai sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

Tapi mengapa sampai sekarang minyak bumi masih melimpah ? buktinya SPBU masih banyak yang menjual bensin dan solar ?

Itu karena cadangan minyak yang ada dibumi juga masih banyak.

Jadi perusahaan pengeboran minyak akan melakukan riset untuk menemukan deposit minyak bumi didalam perut bumi. Setelah ketemu, mereka akan melakukan pengeboran dan mulai mengambil minyak bumi.

Dalam beberapa tahun, minyak bumi pada satu lokasi itu akan habis. Setelah habis, perusahaan akan melakukan eksplorasi lagi ke wilayah lain untuk menemukan sumur minyak lainnya.

Jadi selama sumur-sumur minyak ini ditemukan maka suplai minyak bumi masih terjaga.

Namun demikian, lambat laun sumur minyak ini akan habis. Dan pastinya butuh waktu sangat lama untuk menemukan sumur minyak lainnya.

Oleh karena itu, sekarang mulai digencarkan pemakaian bio fuel sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Bio fuel bisa diproduksi menggunakan minyak kelapa sawit dengan proses cepat. Jadi masuk dalam kategori energi yang bisa diperbaharui.