Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Bunyi Tek Tek, Apa Penyebabnya ?

Mobil yang tidak bisa distarter identik dengan masalah aki tekor. Tapi bagaimana kalau ada gejala lain, selain tidak bisa distarter juga terdengar suara “tek tek” pada area mesin ketika starter dihidupkan.

Lalu apa penyebabnya ?

Mari kita bahas secara mendalam.

Masalah starting failure pada mesin mobil bisa disebabkan banyak hal. Bisa masalah yang sepele, juga bisa masalah yang berat. Tapi ketika yang bermasalah sistem starternya, maka kondisi engine utamanya masih tidak apa-apa.

Artinya, ini cuma masalah pada sektor yang bertugas memicu engine untuk hidup.

Lalu apa saja penyebabnya ?

1. Aki tekor

Ketika energi listrik yang tersimpan didalam baterai sangat sedikit, maka sistem starter tidak bisa berfungsi seperti pada normalnya. Ketika starter dinyalakan, pinion pada motor starter akan bertautan dengan flywheel mesin.

Namun karena energi listrik pada aki itu kurang, maka motor starter tidak kuat berputar. Hal inilah yang bisa menimbulkan bunyi.

Untuk mengatasinya, perlu inspeksi lebih jauh apakah aki hanya kehilangan tegangan atau memang aki sudah tekor.

Kalau aki hanya kehilangan daya maka kapasitas simpan aki masih normal dan untuk mengatasinya cuma perlu di recharge.

Tapi kalau akinya tekor, maka kapasitas penyimpanan aki sudah lemah. Sehingga di recharge selama apapun, tetap tidak kuat untuk menyalakan starter. Solusinya mengganti aki.

2. Kerusakan pinion gear pada motor starter

Pinion gear adalah roda gigi kecil yang berfungsi mengaitkan flywheel engine dengan motor starter. Jadi motor starter bisa memutar poros engkol mesin.

Masalah yang tak jarang terjadi juga, pinion gear ini aus atau roda giginya sudah terkikis. Itu menyebabkan kaitan antara poros motor starter miss dengan flywheel.

Sehingga menimbulkan suara tek-tek dan mesin mobil tidak nyala.

3. Kebocoran oli mesin

Ketika volume oli didalam mesin jauh dari batas wajarnya, tentu itu membuat komponen mesin tidak terlumasi dengan sempurna.

Sehingga pas kita nyalakan starter, terdengar bunyi tek tek dari area mesin.

Dan mesin juga tidak menyala karena sensor oli mendeteksi bahwa oli habis. Sehingga mesin tidak akan menyala.

Masalah ini juga akan memunculkan lampu indikator oli pada dashboard.

Jadi kalau kondisi ini muncul jangan paksakan untuk menstarter mesin, cek olinya dulu.

Mungkin itu saja masalah-masalah yang berkaitan dengan mesin yang tidak bisa distarter tapi ada bunyi tek - tek. Semoga bermanfaat.