Motor Injeksi Susah Dihidupkan Dipagi Hari, Cek 4 Penyebab Berikut

 Motor Injeksi Susah Dihidupkan, Tapi Cuma Dipagi Hari. Apa ya Penyebabnya ?

Mungkin anda mengalami masalah ini dan bingung apa yang terjadi pada motor kesayangan anda. Nah kami akan menjelaskan beberapa hal yang bisa jadi penyebab masalah diatas.

Motor yang susah dihidupkan itu bisa banyak penyebabnya. Tapi kalau masalah ini muncul dipagi hari yang kita tahu mesin di pagi hari itu masih dingin berarti penyebabnya ada hubungannya dengan cold start mesin.

Cold start adalah kemampuan mesin untuk melakukan starting saat suhunya masih dingin.

Kalau dijelaskan secara sederhana, didalam mesin motor injeksi ada komponen yang bernama ISC (idle speed control). fungsinya buat ngatur banyaknya udara saat kecepatan langsam.

Saat mesin masih dingin, ISC akan terbuka lebih lebar sehingga lebih banyak udara yang masuk. Ini membuat RPM langsam mesin menjadi lebih cepat dibandingkan saat mesin sudah panas.

Jadi kemungkinan pertama ada pada ISC. Tapi bisa juga penyebabnya karena faktor bocor kompresi.

Supaya lebih jelas saya jabarkan satu persatu.

1. Kerusakan pada ISC valve

Seperti yang saya katakan diatas, ISC punya fungsi untuk cold start mesin. Tapi kalau ISC valve gagal membuka (tidak membuka lebar) saat suhu mesin masih dingin. Kemungkinan mesin untuk langsung nyala itu susah.

Kita perlu beberapa kali start agar mesin bisa nyala.

Masalah ini umumnya bisa diatasi dengan membersihkan ISC valve. Tapi kalau disertai kedipan lampu MIL bisa jadi ISC rusak dan perlu diganti.

2. Tekanan bahan bakar drop

Motor injeksi itu punya sistem bahan bakar bertekanan. Karena bensin bisa keluar dari injektor kalau ada tekanannya. Dan yang kita tahu, kalau tekanan bensin lemah berarti pompa bensin bermasalah.

Hal itu bisa benar tapi nggak sepenuhnya. Karena sistem injeksi juga punya komponen untuk menjaga tekanan bahan bakar agar tidak drop pas mesin tidak nyala.

Tapi kalau sistem ini melemah, tekanan bensin akan drop ketika mesin tidak nyala. Akibatnya pas mesin mau dinyalakan, mesin tidak langsung nyala.

3. Aki lemah

Aki yang mau tekor juga bisa membuat mesin jadi sulit dihidupkan ketika pagi hari. Karena saat mesin masih dingin, jumlah udara dan bensin yang masuk ke mesin itu lebih banyak sehingga tekanan kompresi jadi lebih berat.

Kalau akinya tekor, tentu nggak akan kuat ngangkat. Sehingga mesin jadi susah hidup.

4. Bocor kompresi

Bocor kompresi adalah istilah untuk mesin yang mengalami kebocoran tekanan kompresi. Tekanan kompresi juga hal yang sangat menentukan tenaga dari mesin. Semakin tinggi tekanan kompresinya semakin besar tenaga yang dihasilkan.

Kalau tekanan kompresi bocor, bensin jadi lebih susah terbakar sehingga mesin jadi sulih nyala.

Masalah bocor kompresi ini bisa bersumber dari klep yang bocor, ring piston aus, atau silinder mesin yang aus.

Masalah ini tergolong berat karena harus melakukan overhaul untuk memperbaikinya. Biasanya ada gejala seperti mesin loss power dan keluar asap pada knalpot motor.