-->

Motor Injeksi Susah Hidup Setelah Dicuci, Cek 3 Komponen Berikut

Advertisement

 Abis dicuci, motor injeksi malah susah di hidupkan. Apa ya penyebabnya ?

Nyuci motor apalagi pas musim hujan itu perlu agar penampilan motor tetap ganteng dan kinclong. Tapi jangan sampai kegiatan ini malah bikin motor rusak.

Pasalnya, pada motor injeksi ada beberapa komponen yang harus terhindar dari air.

Lalu apa saja hal yang membuat motor injeksi susah dinyalakan setelah dicuci ?

1. Socket sensor terkena air

Air itu bisa bikin korsleting listrik, tak terkecuali pada kelistrikan kendaraan. Kalau air ini masuk ke socket-socket pada mesin maka sinyal dari sensor tersebut akan terganggu.

Sehingga mesin susah untuk dinyalakan.

Tapi masalah ini tidak terlalu serius. Karena tanpa diiapa-apain motor bisa hidup lagi. Tinggal nunggu socketnya kering mesin bisa normal lagi.

Kalau mau dikeringkan juga lebih bagus. Anda bisa pakai air gun kalau ada kalau nggak ada lap mungkin bisa membantu.

2. Jalur sistem pengapian terkena air

Sistem pengapian itu rangkaian yang mengontrol kinerja busi. Sementara kita tahu busi itu komponen utama mesin, jadi kalau businya mati otomatis mesin nggak bakal nyala.

Air ini bisa masuk pada beberapa komponen sepanjang jalur pengapian.

Bisa pada cop busi (konektor busi), atau pada CDI. Masalah ini juga nggak terlalu serius sama seperti yang pertama. Tinggal keringkan, mesin bisa kembali normal.

3. Air masuk ke intake

Sebenarnya kejadian ini jarang kecuali kalau teknik mencuci anda sangat barbar. Itu karena, corong udara motor itu tersembunyi. Jadi kalau anda mencuci bagian body motor harusnya air tidak akan masuk.

Tapi kalau anda mencuci pakai kompresor, sampai ke sela-sela segala bisa jadi air masuk ke corong udara sampai ke intake.

Akibatnya, pas mesin distarter, air itu masuk kedalam silinder dan membuat mesin tidak bisa nyala.

Apa ini bahanya ?

Tergantung seberapa banyak air yang masuk. Kalau hanya sedikit, mungkin itu cuma bikin busi basah dan kalau busi sudah kering, mesin bisa nyala normal lagi.

Tapi kalau air yang masuk ke mesin itu banyak, ini fatal. Karena air bisa membuat batang piston bengkok. Sehingga mesin tidak bisa nyala seperti normal.

Jadi usahakan, kalau mencuci jangan semprotkan air dibagian sela-sela. Mungkin niat anda membersihkan dengan tuntas, tapi kalau itu merusak motor ya percuma saja.

Kecuali anda tahu dimana letak corong udara motor anda.

Dan usahakan untuk tidak mengenai bagian elektrikal seperti sensor dan ECU secara langsung. Karena itu bisa membuat mesin jadi susah hidup.