Motor Keluar Asap Putih Saat Di Gas Penuh, Cek Ring Pistonnya

 Motor keluar asap putih saat di gas penuh, apa ya penyebabnya ?

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa ya motor saya keluar asap berwarna putih tapi keluarnya pas digas penuh. Pas putaran mesin stasioner, asap itu tidak muncul.

Apa itu normal atau ada masalah serius ?

Mari kita bahas.

Asap berwarna putih yang keluar dari knalpot motor itu berasal dari oli mesin yang ikut terbakar. Pada motor 4 tak, oli mesin tidak boleh ikut terbakar didalam ruang bakar.

Karena mesin 4 tak tidak melibatkan ruang engkol untuk proses pembakaran. Beda dengan mesin 2 tak yang melibatkan ruang engkol pada proses pembakaran, pasti ada oli yang ikut terbakar.

Itulah sebabnya kalau motor 2 tak keluar asap putih itu masih wajar.

Lalu apa yang menyebabkan oli mesin ikut terbakar pada mesin 4 tak ?

Yang pasti karena ada kebocoran. Tapi untuk kasus motor yang ngebul pas digas tinggi itu biasanya masalahnya ada pada ring piston.

Apa itu ring piston ?

Ring piston adalah cincin elastis yang terbuat dari logam, dipasang pada dinding piston. Ring piston akan merapatkan celah antara silinder dan piston.

jadi, ketika kompresi tidak bocor dan oli dari bawah piston tidak masuk ke ruang bakar.

Tapi ada kondisi dimana ring piston ini mengalami kebocoran.

Contohnya ketika ada kerak pada dinding silinder. Kerak ini otomatis mengganjal pergerakan ring piston sehingga pasti ada celah sempit pada ring piston. Celah yang sangat sempit ini bisa menjadi jalan oli untuk masuk ke ruang bakar.

Terutama saat mesin digas, karena tekanan oli pas mesin digas itu lebih tinggi. Jadi semakin tinggi RPM mesin, oli bisa semakin mudah masuk ke ruang bakar.

Selain karena kerak pada silinder, keausan ring piston juga bisa jadi penyebab mengapa motor anda keluar asap berwarna putih.

Kalau keausan ini, berarti ring piston mulai terkikis sehingga kerapatannya berkurang. Ketika keausan masih kecil, asap putih biasanya keluar pas mesin digas tinggi. Tapi kalau keausannya sudah parah, asap putih bisa keluar meski mesin stasioner.

Lalu apa solusinya ?

Kalau masalahnya hanya kerak, bisa dibersihkan. Tapi untuk membersihkan silinder, mesin motor harus dibongkar. Karena kerak ini melekat pada dinding silinder. Jadi susah kalau tidak disikat manual.

Tapi kalau masalahnya keausan komponen, ya perlu diganti yang baru.

Itulah penyebab yang membuat motor anda keluar asap putih pas di gas penuh. Semoga bermanfaat.