7 Jenis Peralatan Bengkel Yang Hanya Dioperasikan Tenaga Manusia

Ada berbagai peralatan bengkel yang digunakan untuk mempermudah perbaikan kendaraan. Diantara banyaknya peralatan bengkel, ada alat alat yang hanya dioperasikan melalui tenaga manusia saja tanpa bantuan listrik atau angin.

nah, di artikel ini kita akan membahas jenis peralatan bengkel yang di operasikan cukup dengan tenaga manusia.

1. Kunci

Keberadaan kunci sangat vital dalam sebuah bengkel. Kunci ini berfungsi untuk membuka dan mengencangkan baut atau mur. kunci kunci ini, juga ada beberapa jenis

Kunci Pas


Kunci pas adalah kunci dengan bentuk segi enam tidak sempurna. jadi cekungan pada kunci pas dibuat presisi dengan ukuran baut. biasanya kunci ini dipakai untuk membuka mur yang terletak pada poros. jadi cekungan ini bisa masuk ke mur dengan mudah.

kunci ring


kunci ring, bentuknya melingar sempurna. dan kunci ring tidak memiliki 6 sudut, melainkan 12 sudut. ini dimungkinkan agar posisi kunci bisa lebih bebas. sehingga bisa digunakan pada ruang-ruang terbatas. bentuknya yang melingkar rapat, juga lebih aman untuk membuka baut atau mur keras.

Kunci Shock


Kunci shock bentuknya tabung namun secara fungsi mirip dengan kunci ring. Nah kunci ini sifatnya bisa dibongkar pasang, jadi dalam satu set kunci shock bisa terdapat banyak kunci yang punya ukuran berebeda, lalu terdapat beberapa handle dan extension. dengan extension ini, kunci shock mampu membuka baut/mur yang letaknya didalam sebuah lubang atau ruang yang sangat sempit.

Kunci L

Kunci L bentuknya seperti huruf L. biasanya kunci ini punya bentuk segi enam. jadi kunci L dipakai untuk membuka baut dengan jenis kepala baut cekungan segi enam.

Kunci Bintang

Ini juga sama seperti kunci L, namun ujung kunci bentuknya seperti bintang. kunci ini dipakai untuk membuka sekrup atau baut yang punya kepala baut cekungan berbentuk bintang.

Kunci inggris

Kunci inggris pada dasarnya sama seperti kunci pas, namun ukurannya bisa diperbesar atau diperkecil. Kunci ini banyak dipakai karena hanya satu kunci kita bisa membuka banyak jenis ukuran baut. namun kelemahannya, ukuran kunci besar jadi tidak bisa digunakan kalau ruangnya sempit.

2. Obeng

Obeng adalah alat untuk membuka sekrup. bentuk obeng memanjang, dengan handle yang biasanya terbuat dari bahan plastik dan karet. Ujung obeng, biasanya dilengkapi dengan magnet untuk menarik sekrup yang sudah dilepas. untuk menggunakananya kita hanya tinggal memasukan ujung obeng ke sekrup dan memutar handlenya. Obeng juga ada dua jenis, yakni obeng plus dengan ujung obeng berbentuk plus, dan obeng min dengan ujung obeng berbentuk min

3. Tang



tang adalah alat bantu untuk menjepit sesuatu. Tang sendiri punya beberapa jenis antara lain :

tang potong

tang ini punya model capitan seperti gunting yang tajam. fungsi tang potong, adalah untuk memotong kawat, atau kabel.

Tang jepit


Tang ini punya rahang bergerigi dan cekung, fungsinya untuk menjepit benda kerja seperti baut. Nah, tang jepit ini punya mekanisme pengunci. jadi ketika sudah dijepit, maka jepitannya tidak akan terlepas.

Tang kombinasi

tang kombinasi adalah jenis tang yang punya banyak fungsi. rahang bagian atas, punya bentuk bergerigi yang rata bisa digunakan untuk menjepit kabel atau kawat. rahang tengah yang cekung bisa digunakan untuk menjepit baut atau mur. rahang bawah yang seperti gunting, bisa digunakan untuk memotong.

Tang lancip

tang lancip bentuknya seperti ikan cucut yang lancip. punya rahang yang bergerigi dan runcing, tang ini biasa digunakan untuk menjepit benda kerja yang terletak di ruang sempit.

4. Palu

Palu mungkin anda semua sudah tahu, palu ini digunakan untuk memukul benda kerja. ada dua jenis palu yang biasa dipakai, yakni palu besi dengan material besi padat dan palu karet yang bahannya terbuat dari karet.

itulah 4 jenis peralatan yang sering dipakai pada bengkel dimana cara penggunaannya hanya menggunakan tangan. Sekian semoga bermanfaat.