Universal Puller, Fungsi dan Cara Penggunaan

Dalam pekerjaan bengkel, kadang kita menemui komponen yang kalau dilepas dengan kasar bisa membuat komponen tersebut rusak. contohnya bearing. bearing ini biasanya menempel dengan keras pada porosnya.

kalau kita paksa lepas pakai palu, kemungkinan bearing akan rusak. oleh sebab itu, ada alat khusus. atau biasa disebut SST (special Service Tool) yang dibuat khusus untuk melepas bearing ini.

Alat ini namanya Universal Puller atau orang bengkel biasa nyebutnya Treker bearing.

Lalu bagaimana cara kerja dan cara penggunaan universal puller ini ? simak artikelnya dibawah.



Traker bearing atau bahasa tekniknya universal puller punya bentuk seperti pengungkit. Jadi biasanya alat ini dilengkapi dengan tiga buah cakar, dimana ditengah cakar tersebut terdapat rod pendorong.

cara kerjanya sangat simpel.

Batang pendorong dan ketiga cakar dihubungkan melalui mekanisme ulir. Jadi ketika batang pendorong ini diputar, ini akan menggerakan cakar cakar tersebut baik keatas maupun kebawah.

nah, gerakan ini dimanfaatkan untuk mengangkat bearing dari porosnya secara perlahan namun kuat.

jadi, cara pakainya pertama posisikan ketiga ujung cakar agar berada dibawah bearing. lalu posisikan ujung batang pendorong hingga menyentuh poros atau benda asal yang mau dilepas. jadi antara batang pendorong dan cakar ini harus diletakan pada kedua komponen yang mau dipisahkan.

setelah itu, putar batang pendorong menggunakan kunci ring atau pas. cakar secara perlahan akan bergerak keluar sambil menarik bearing tersebut. sehingga bearing bisa terlepas.



selain  model ulir, ada juga universal puller model sliding hammer. model ini, memiliki tautan yang lebih kokoh. jadi kalau pertama tadi menggunakan cakar, kalau ini dikaitkan menggunakan braket yang dibaut langsung ke benda yang mau dilepas.

biasanya treker model ini dipakai untuk melepas benda kerja yang melekat dan punya ukuran besar (bukan bearing). untuk cara pemakaiannya, pertama kaitkan treker dengan benda yang mau dilepas, lalu setelah kencang pukul pemberat kearah luar. maka lama kelamaan benda kerja akan tertarik keluar.

itulah informasi singkat mengenai universal puller yang biasa dipakai pada bengkel. semoga bermanfaat.