Kotoran burung dapat merusak cat mobil, bagaimana membersihkanya ?

Advertisement
Kotoran burung, merupakan hal yang sangat sering kita temui di permukaan mobil, khususnya bagian atap. Ternyata, kotoran burung ini, bisa merusak cat mobil. Mengapa kotoran burung dapat merusak cat mobil ? Dan bagaimana cara mengatasi kotoran burung pada cat mobil ?


Memang kotoran burung dapat merusak cat mobil. Tapi dalam kondisi tertentu saja. Menurut beberapa penelitian, kotoran burung tidak memiliki kandungan yang merusak cat mobil. Lantas apa yang menyebabkan cat mobil bereaksi ketika terkena kotoran burung ?

Berdasarkan study yang dilakukan UK car care expert Autoglym, menunjukan bahwa kotoran burung tidak secara langsung merusak cat mobil. Masalah utama adalah paparan sinar matahari. Saat mobil berada dibawah terik matahari, cat mobil akan mengembang atau mengalami ekspansi. Saat kondisi tersebut, tidak ada masalah pada cat mobil anda, namun saat ada kotoran burung yang menempel ketika cat mobil mengembang, itulah masalahnya. Saat sinar matahari mulai hilang, dan cat mobil mulai mendingin akan menyebabkan cat mobil mengerut kembali keposisi semula. Dan di area kotoran burung berada, terlihat adanya pembekasan karena noda tersebut masuk pori cat. Sehingga cat mobil terlihat redup dan sulit dihilangkan.

Untuk mencegah kerusakan pada cat mobil, anda harus cepat membersihkan kotoran burung sebelum mengering. Atau memparkirkan mobil anda ditempat teduh yang aman dari burung. Namun bagaimana jika kotoran burung tersebut terlanjur mengering ? Apa saja langkah untuk membersihkan kotoran burung tersebut ?

Cara paling mudah adalah menggunakan lap kanebo basah.

  • Segera bersihkan kotoran burung dengan lap kanebo basah.
  • Jika kotoran tersebut mengering, letakan lap kanebo basah diatas kotoran burung tersebut Tunggu sekitar 10 menit.
  • Lap kanebo basah akan melembekan kotoran burung yang mengering.
  • Setelah 10 menit, angkat lap kanebo dan bersihkan sisa kotoran tersebut.
  • Jika masih ada kotoran yang tertinggal, gunakan ceramic coating berbahan compound untuk membersihkan kotoran burung.


Untuk melindungi cat atau body mobil dari papaan sinar matahari, usahakan untuk memarkir kendaraan ditempat teduh tidak dibawah terik sinar matahari. Hal tersebut juga akan melindungi mobil dari hujan asam. Hujan asam merupakan hujan yang turun setelah lama tidak turun hujan. Hujan tersebut banyak mengandung partikel asam yang dapat merusak cat mobil. Namun jika terpaksa, gunakan wax dan polish yang mengandung zat vernis untuk melindungi cat mobil.

Selajn itu, perhatikan pula saat mencuci mobil. Pilihlah shampo khusus mobil bukan shampo lainya. Karena shampo mobil memiliki bahan yang aman tidak melunturkan warna cat. Cucilah di area teduh atau tidak dibawah sinar matahari. Busa shampo yang mengering akan sulit dibersihkan.