Ertiga Hadir Dalam Varian Diesel, Seperti Apa Spesifikasi Beserta Pengaruhnya

Advertisement


Salah satu produsen mobil asal negeri sakura yang telah lama dikenal di Indonesia adalah Suzuki. Setelah sukses dengan Low MPV Suzuki Ertiga, kali ini Suzuki akan meluncurkan Suzuki Ertiga Versi Diesel. Seperti apa spesifikasi Ertiga Diesel dan pengaruhnya ? simak review berikut.

Sekilas Tentang Suzuki Ertiga ZDI Diesel


Sejak tahun 2014, Suzuki Ertiga telah menembus pasar Low MPV yang sebelumnya dikuasai oleh duo Astra Avanza dan Xenia. Ertiga nampaknya menjadi mobil yang memiliki tempat tersendiri di hati konsumen Indonesia. Terbukti pada ajang GIIAS tahun ini, penjualan Suzuki Ertiga telah mencapai angka 813 dalam satu Event, melebihi target yang sebelumnya ditetapkan oleh Suzuki Indomobil. “Target kami, 700 unit untuk all varian”, ujar Davy J selaku Direktur Penjualan Suzuki Indomobil Sales Makmur. Angka tersebut membawa Suzuki Ertiga menjadi mobil paling laris dalam ajang tahunan tersebut.

Tak puas dengan pencapaian yang dididapat, nampaknya Suzuki kembali akan menggebrak pasar otomotif tanah air. Selain menghadirkan line-up produk terbaru seperti Jimny dan S-Cross, Suzuki akan menghadirkan varian mesin diesel yang akan dibenamkan pada salah satu produk mereka. Bila selama ini varian mesin bensin menjadi menu utama sebagai dapur pacu Suzuki Ertiga, apakah varian Diesel berkapasitas 1.300 cc ini, juga akan membawa dampak yang positif atau bahkan akan menimbulkan permasalan baru.

Wacana Suzuki Ertiga Versi Diesel, sebenarnya sudah mencuat sejak lama. Namun Suzuki baru akan merealisasikan di tahun 2017. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa hambatan yang belum terselesaikan. Salah satunya, kualitas solar di Indonesia yang dikenal memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi. Namun nampaknya, permasalahan ini akan segera teratasi berkat hadirnya jenis bahan bakar baru dari Pertamina dengan nama DEXLITE. Bahan bakar ini merupakan adik dari PertaDEX dengan harga yang terjangkau.

Spesifikasi Mesin Ertiga 1.3L Diesel


Lantas seperti apa penampakan mesin diesel Suzuki Ertigayang digadang-gadang menjadi mesin paling efisien dengan tenaga besar. Dan bagaimana dengan spesifikasi Ertiga diesel mungil ini ?
  • Tipe Mesin : DDiS Diesel Engine
  • Displacement : 1.248 cc
  • Number of Cylinder : 4 in-line
  • Number of Vave : 16 DOHC
  • Fuel distribution : CRDi (Commonrail Direct Injection)
  • Bore x Stroke : 69.6 mm x 82 mm
  • Rasio Kompresi : 17,6 : 1
  • Daya Maksimal : 90 Hp pada 4.000 RPM
  • Torsi Maksimal : 200 Nm pada 1.750 RPM
  • Emisi : BSIV OBD-2
  • Bobot total : 1.845 Kg
  • Turbocharger : YES
  • Intercooler : YES
  • Transmisi : Manual 5 percepaatan
  • Sistem Penggerak : FWD

Mesin dengan kode D13A ini, merupakan mesin rancangan Fiat yang dikenal dengan Fiat MultiJet Engine. Mesin ini sebenarnya sudah mengaspal di Indonesia melalui Chevy Spin 1.3L Diesel. Mesin ini memiliki kapasitas 1.248 cc atau jika dibulatkan menjadi 1.3 L dengan konfigurasi in-line 4  silinder. Artinya dalam satu silinder hanya berkapasitas berkisar 415 cc. Sangat kecil bila dibandingkan dengan mesin diesel pada umumnya yang berkapasitas mencapai 2.000 cc. Hasilnya, pemakaian bahan bakar sangat irit. Dalam satu liter solar bisa menempuh jarak hingga 24,52 Km. Meski berkapasitas kecil, Torsi bisa disamakan dengan mesin diesel kijang inova lawas berkode 2KD-FTV 2.7 L yang sama-sama menggunakan transmisi manual.

Penggunaan teknologi CRDi dan TurboIntercooler, nampaknya banyak mendongkrak torsi dari mesin diesel mungil ini. Berkat perangkat turbo ini, rasio kompresi bisa mencapai 17,6 : 1. Yang disempurnakan dengan sistem distribusi bahan bakar commonrail direct injection, menyebabkan pembakaran menjadi lebih sempurna dan berimbas pada tenaga yang mencapai 90 HP dan torsi 200 Nm.

Selain itu, Suzuki ertiga diesel juga dilengkapi teknologi SHVS. Apa itu SHVS ? SHVS merupakan singkatan dari Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Sistem ini akan menekan konsumsi bahan bakar melalui Start/Stop System, dan menambah tenaga saat akselerasi melalui Motor Hybrid.

Seperti kebanyakan mesin diesel modern, mesin diesel ini juga memiliki suara yang tenang. Sehingga saat didalam kabin, anda tidak merasakan bahwa anda sedang mengendarai mobil bermesin diesel. Namun masalah seperti turbo lag nampaknya masih anda temui. Walaupun mesin ini sudah mengadopsi turbo boost control, tetap saja pada kondisi idle khususnya turbo lag akan sering ditemui.

Perlu diperhatikan, kualitas bahan bakar juga harus diperhatikan sebagai minuman mobil ini. Berkaca pada Chevy Spin diesel 1.3L yang mengaspal lebih dulu, kualitas bahan bakar akan sangat mempengaruhi kesehatan mesin ini. Selain angka cetane yang harus mumpuni dalam solar, kandungan sulfur juga harus diperhatikan. Sekedar info, dilansir dari kiabuzz.co.za standar global untuk solar mesin diesel berteknologi commonrail, maksimal memiliki kandungan sulfur 500 ppm. Mesin diesel yang dirancang Fiat ini, merupakan mesin diesel global yang memiliki standar umum yang berlaku secara global.

Kandungan sulfur yang berlebihan dalam solar, akan berdampak pada mesin. Dampaknya, akan menyebabkan korosi pada komponen mesin dan menyebabkan keausan lebih cepat pada komponen mesin. Selain itu, kandungan sulfur yang  tinggi juga menyebabkan tingginya emisi yang dihasilkan mesin.

Perkiraan Harga Suzuki Ertiga Diesel

Sementara untuk harga, Suzuki Ertiga Diesel bisa dikatakan sebelas dua belas dengan Chevy Spin Diesel. Dilansir dari suzukibandung.co.id Ertiga Diesel dibanderol mulai Rp 224.000.000,-


Note :
  • Harga diatas masih dalam perkiraan
  • Harga belum dipotong diskon
  • Harga OTR Bandung dan sekitarnya
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan