Apa Itu Active Grill System ?

Advertisement
Apa itu Active grill system -  Beberapa tahun belakangan, kita mungkin sering mendengar teknologi Active Grill pada sebuah mobil. Lantas apa itu teknologi active grill system yang disematkan pada kendaraan?


Active grill system adalah sebuah fitur baru yang disematkan pada grill depan mobil untuk memaksimalkan efek pendinginan dan keiritan. Teknologi ini terletak pada grill depan tepat pada bumper mobil.

Beberapa merk seperti Ford, GM dan Chrysler adalah mobil-mobil yang telah mengaplikasikan teknologi ini.

Active grill belerja dengan mengatur aliran udara yang melewati grill depan mobil. Tentu untuk mobil berjenis FF dan FR atau yang memiliki mesin terletak dibagian depan, ada sebuah lubang ventilasi khusus yang terletak ditengah bumper depan mobil. Ventilasi itu dinamakan grill.

Grill ini berfungsi untuk melakukan pendinginan pada mesin. Caranya, saat kendaraan melaju maka udara otomatis akan terdorong ke dalam grill dan mendinginkan radiator yang terletak dibelakang grill.

Tapi penggunaan grill biasa dapat menyebabkan over cooling khususnya saat mobil melaju kencang. Semakin kencang mobil melaju, maka semakin besar pula aliran udara pendinginan. Dan aliran udara itu akan terus disuplai selama mobil melaju tanpa memperhatikan suhu mesin. Sehingga bisa berpotensi menyebabkan over cooling, akibatnya penggunaan bbm lebih boros.

Dengan adanya active grill system, aliran udara yang melewati grill dapat diatur sesuai kecepatan kendaraan dan kondisi suhu mesin. Selain itu pada kecepatan tinggi, active grill akan memperbesar gaya aerodinamis. Sehingga akan mobil mudah bermanufer di kecepatan tinggi.


Bagaimana cara kerja Active grill


Active grill bekerja dengan menutup beberapa sirip-sirip yang terdapat pada grill. Untuk mendukung fungsinya, ada sebuah motor listrik yang terintegrasi dengan semua sirip.

Saat awal mesin menyala, atau cold start. Grill ini berada pada posisi tertutup rapat. Sehingga proses pemanasan mesin bisa berlangsung lebih cepat. Hal ini akan berimbas pada penggunaan bahan bakar yang lebih irit.

Tapi saat temperatur kerja mesin telah terlampaui, maka sensor pendingin mesin atau ECT sensor akan mengirimkam sinyal ke ECU. Motor akan membuka sirip grill dengan sudut tertentu sesuai perhitungan ECU.

Saat berada pada iklim panas atau mesin performa tinggi grill ini dapat terbuka hingga 90 derajat atau 100% terbuka. Alasanya tentu untuk menjaga temperatur mesin dalam range suhu kerja mesin.

Saat suhu mesin mulai turun, atau saat berada pada iklim dingin. Motor akan kembali menutup sirip pada grill untuk menjaga suhu mesin tetap panas walau ketika mobil melaju kencang.


Selain itu saat grill tertutup, aliran udara menuju dalam mesin akan terpotong. Hal itu akan memperkuat aliran aerodinamis didepan mobil. Sehingga mobil dapat dengan mudah bermanufer.

Penggunaan active grill ini dapat menurunkan tingkat emisi gas CO sekitar 2%. Selain itu karena mampu mencapai suhu kerja lebih cepat, pemakaian bahan bakar pun dapat ditekan.